فرصة عداء إندونيسيا في أوليمبياد طوكيو

Suryo Agung Komentari Peluang Lalu Muhammad Zohri di Olimpiade 2020

0 303

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – العداء الإندونيسي المنحدر من نوسا تينجارا الغربية لالو محمد زهري يحمل آمال إندونيسيا في أوليمبياد توكيو 2020. يأمل العداء الإندونيسي السابق سوريو أجونج سانتوسو أن يتطور أداء زهري.

حيث يرى سوريو أنه يجد وضع خارطة طريق تدريبية طويلة الأمد لزهري، كونه مازال صغير السن جدًا.

في سباق المائة متر في دورة الألعاب الآسيوية 2018 احتل زهري المركز السابع. يقول سوريو أنه سيكون من الصعب جدًا على زهري أن تقترب من أبطال العالم في أوليمباد طوكيو 2020 في هذا الوقت القصير نسبيًا.

قال سوريو في حوار صحفي، الثلاثاء 13-11: “بالنسبة لزهري الذي سيشارك بدورة الألعاب الآسيوية 2019 بمانيلا، ثم سيمثل إندونيسيا في أوليمبياد طوكيو 2020، لقد كان من الصعب عليه إحراز ذهبية دورة الألعاب الآسيوية 2018، لذلك أشعر أنه صعب جدًا أن يصل لنهائيات الأوليمبياد بطوكيو.”

و مع ذلك يأمل سوريو أن يتمكن زهري من بلوغ نهائيات منافسات 100 متر.

أضاف العداء الإندونيسي المعتزل، و المنحدر من سولو بجاوا الوسطى: “لا يجد أن نضغط على زهري، يجب أن يتطور أداءه بشكل طبيعي بدون ضغوط. الأفضل أن يوجه للتدريب الصحيح المتوافق مع عمره.”

يرى سوريو أن زهري لديه الفرصة للتألق في أوليمبياد 2024، حيث سيكون في العمر الذهبي للعدائين، كما أنه سيكون قد قضي فترة طويلة في التدريب. سيكون زهري قد بلغ 24 عامًا في أوليمبياد 2024.

قال سوريو:”في هذا الوقت سيكون تدريب زهري في غاية النضج.”

بدأ اسم محمد زهري في اللمعان عندما حقق لقب بطولة العالم في فنلندا عن منافسات 100. ليصبح بعدها نجم إنونيسيا في دورة الألعاب الآسيوية 2018، و التي حل فيها بالمركز السابع بزمن 10.20 ثانية، في حين حقق سو بينغتين 9.92 ثانية.

 

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: Bola.com


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sprinter asal NTB, Lalu Muhammad Zohri, bakal memikul harapan publik Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Mantan sprinter andalan Indonesia, Suryo Agung Santoso, berharap Zohri dibiarkan berkembang secara alamiah.

Menurut dia, Zohri harus dibuatkan road map untuk jangka panjang, karena usianya masih sangat muda.

Apalagi, pada nomor lari 100 meter di Asian Games 2018, Zohri baru menempati posisi ketujuh. Suryo mengatakan dalam waktu yang relatif singkat akan sangat sulit bagi Zohri memangkas gap dengan pelari-pelari papan atas dunia di Olimpiade 2020.

“Untuk Zohri yang terdekat SEA Games Manila 2019. Baru kemudian dia melakoni Olimpiade 2020. Jarak Zohri dengan peraih emas di Asian Games 2018, Su Bingtian, sulit dikejar dalam waktu dua tahun. Rasanya sulit bagi Zohri jika diharapkan bisa langsung masuk fase final di Olimpiade,” kata Suryo, dalam perbincangan dengan wartawan saat soft launching Suryo Agung Running School, Selasa (13/11/2018).

Meski demikian, Suryo tetap berharap Zohri bisa menembus fase final nomor 100 meter di Olimpiade 2020.

“Namun jangan dipaksakan. Biarkan berjalan alamiah. Kalau dipaksakan, takutnya setelah itu malah stagnan. Sebaiknya diarahkan sesuai umur latihan,” kata pria asal Solo, Jawa Tengah, itu.

Menurut Suryo, Zohri punya kans untuk bersinar pada Olimpiade 2024. Saat itu, Zohri sudah memasuki usia emas sebagai pelari dan periode latihannya juga sudah panjang. Saat Olimpide 2024, Zohri akan berusia 24 tahun.

“Saat itu latihannya sudah benar-benar matang,” kata Suryo.

Nama Lalu Muhammad Zohri mulai menyita perhatian publik saat menjadi juara dunia junior 2018 nomor 100 meter di Finlandia. Setelah itu, dia menjadi andalan Indonesia di Asian Games 2018. Zohri menempati urutan ketujuh dengan catatan waktu 10,20 detik, masih jauh dari waktu Su Bingtian 9,92 detik.

Translated by: Momen Magdy | Source: Bola.com

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.