قهوة “ميرابي” تسهتدف سوق فنلندا

Kopi Merapi Incar Pasar Finlandia

0 447

يوجياكرتا، إندونيسيا اليوم – تواصل سلعة القهوة المنتجة من قبل فلاح مركز سليمان أو ما يعرف بقهوة ميرابي، بتوسيع سوقها. والشركات المصنعة حاليا لا تستهدف السوق المحلي فقط ولكن تسهتدف السوق الدولي أيضا.

وإحدى الدول المستهدفة هي فنلندا. ففي الماضي قامت حكومة مركز سليمان بالتعاون مع السفارة الإندونيسية في هلسنكي بترويج منتجات قهوة ميرابي في مهرجان القهوة بهلسنكي 2018. وتمت الاستجابة بشكل إيجابي من خلال زيارة متبادلة لرجال أعمال في مجال القهوة ومنظمي الرحلات والصحفيين من فنلندا إلى منطقة سليمان.

وبالنظر إلى مقدار الفوائد التي تم الحصول عليها، فإن رئيس مكتب الصناعة والتجارة في سليمان، تري إنداه ييتناني، تأمل عدم توقف التعاون بين إندونيسيا وفنلندا هنا. “آمل أن يكون هناك نوع من مذكرة التفاهم أو العقد بحيث يتم تصدير منتجاتنا إلي هناك،” قالت إنداه، الإثنين (21/5).

كما وعدت السفارة الإندونيسية بالمساعدة في إدارة حقوق الملكية الفكرية بحيث تكون منتجات سليمان شفافة في فنلندا ، ولا تعترفها الدول الأخرى. المنتجات التى ستتم إدارتها للحصول على حقوق الملكية الفكرية ليست فقط سلعة القهوة ولكن أيضا السلع الحرفية والباتيك.

في وقت سابق، قالت مسؤولة قسم الشؤون الاقتصادية بالسفارة الإندونيسية في هلسنكي، إري ويجاياني، إن برنامج رحلة تعريفية إلى سليمان ركز على تقديم المنتجات التي أنتجها مجتمع سليمان للجمهور الفنلندي.

“هذا البرنامج متكامل، ليس فقط حول السياحة ولكن بشكل عام، نريد أن نروج لسليمان عند الفنلنديين والاستونيين من جميع الجوانب، نعتقد أن هذه خطوة فعالة لأنها تغطي القطاعات الاقتصادية والسياحية والثقافية.” قالت.

من خلال دعوة المشاركين من ثلاث خلفيات مختلفة، لكل منها غرض محدد. كما هو الحال بالنسبة لمشغلي الجولات السياحية، فإن الهدف هو توسيع حزم الجولات السياحية، بينما يتوقع من رجال أعمال في مجال القهوة تقديم المزيد من منتجات القهوة الممتازة من سليمان إلى رجال الأعمال والمحامص في فنلندا.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  سوارا مرديكا


Yogyakarta, Indonesiaalyoum.com –  Komoditi kopi produksi petani Kabupaten Sleman atau dikenal dengan sebutan kopi Merapi, terus diperluas pasarnya.   Produsen kini tidak sekedar membidik pangsa lokal tapi juga internasional.

Salah satu negara tujuan yang tengah diincar adalah Finlandia. Beberapa waktu lalu, Pemkab Sleman bekerjasama dengan KBRI Helsinki telah mempromosikan produk kopi Merapi di Helsinki Coffee Festival 2018. Langkah itu direspon positif dengan adanya kunjungan balasan dari para pelaku usaha kopi, tour operator, dan jurnalis dari Finlandia ke Kabupaten Sleman.

Melihat besarnya manfaat yang diperoleh, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani berharap kerjasama antara Indonesia dan Finlandia tidak berhenti sampai disini saja. “Harapannya ada semacam MoU atau kontrak agar produk kita diekspor ke sana,” kata Endah, Senin(21/5).

Pihak KBRI juga berjanji akan membantu pengurusan HAKI agar produk dari Sleman bisa tembus di Finlandia, dan tidak diklaim oleh negara lain. Produk yang akan diproses HAKI tidak hanya kopi tapi juga kerajinan dan batik.

Sebelumnya, Fungsi Ekonomi KBRI Helsinki, Erly Wijayani mengatakan, program famtrip ke Sleman difokuskan untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan oleh masyarakat Sleman kepada publik Finlandia. “Program ini terintegrasi tidak hanya soal turisme tapi keseluruhan, kami ingin mempromosikan Sleman kepada masyarakat Finlandia dan Estonia dari segala sisi. Kami menilai ini merupakan langkah yang efektif karena mencakup sektor ekonomi, pariwisata, dan budaya,” katanya.

Dengan mengajak partisipan dari tiga latar belakang yang berbeda, masing-masing memiliki tujuan yang spesifik. Semisal untuk tour operator, sasarannya adalah memperbanyak paket tur sedangkan pengusaha kopi diharapkan akan lebih mengenalkan produk kopi unggulan dari Sleman kepada pengusaha dan roaster di Finlandia.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Suaramerdeka

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.