كرنفال الذكرى المئوية، لمدينة ماديون

HUT ke-100, Kota Madiun Gelar Karnaval Karismatik Malam Hari

0 366

ماديون ، إندونيسيا اليوم – أقامت حكومة مدينة ماديون حدث الكرنفال الليلي يوم السبت 21/7 ، للاحتفال بالذكرى المئوية للمدينة. الكرنفال الذي استمر حتى منتصف الليل تبعه مئات المشاركين المنضمين إلى 31 وحدة.

وقد عقد هذا الحدث على طول شارع بهلوان مدينة ماديون. افتتح الحدث برقصة تحكي نضال شخصية ريتنو دوميلا في بناء مدينة ماديون.

تقدم في هذا كرنفال مجموعة متنوعة من اللقطات الفنية والثقافية والتاريخية. يضفي التعاون على الفروق الدقيقة في أحداث الكرنفال. “إنه جدول أعمال جديد في مدينة ماديون يرتبط بالسياحة”. قال أمير مدينة ماديون سوكينج ريسميانتو عقب الكرنفال ، صباح الأحد .

قال رئيس قسم السياحة والشباب والرياضة ماديون ، أغوس بورواويداكدو ، هذا الكرنفال هو من اعداد حكومة مدينة ماديون مساهمة في الحفاظ على الهوية.

وقال “أساسا في استكشاف فن وتقاليد وثقافة منطقة ماديون الأصلية ، و موضوع هذا الكرنفال عام 2018 هو استكشاف جمال مدينة ماديون . إن الحكومة تريد أن تحشد كل الإمكانات وتعرضها لتكون معروفة”.

جاءت العشرات من الوحدات التي شاركت في الكرنفال من منطقة ماديون ، المنظمات الحكومية المحلية داخل حكومة مدينة ماديون ، وحدات من مؤسسة العمل الحكومي ، وحدات من مؤسسة العمل الإقليمي ، و وحدات من المدارس والفنانين. بالإضافة إلى الكرنفال ، سيتم إحياء الذكرى المئوية لمدينة ماديون مع العروض الفنية التقليدية في ثلاث مناطق فرعية خلال الفترة من 22 إلى 24 يوليو. كما سيقام مهرجان الفن بينتشاك سيلات نوساتارا في الفترة 25-27 يوليو.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: تيمبو


Madiun, Indonesiaalyoum.com –  Pemerintah Kota Madiun menggelar acara Charismatic Night Carnival (CNC) Sabtu, 21/7, malam untuk merayakan hari ulang tahun kota itu yang ke-100. Karnaval yang berlangsung hingga tengah malam itu diikuti ratusan peserta dan tergabung dalam 31 kontingen.

Kegiatan tersebut digelar di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun. Kegiatan dibuka dengan tarian yang menceritakan perjuangan tokoh wanita Retno Dumilah dalam membangun wilayah Madiu

Karnaval menyuguhkan beragam atraksi kesenian, budaya dan sejarah. Kolaborasi tersebut memberikan nuansa yang berbeda dalam acara karnaval. “Ini merupakan agenda baru di Kota Madiun yang terkait dengan pariwisata,” ujar Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto seusai kegiatan CNC, Minggu dini hari.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun, Agus Purwowidakdo, mengatakan CNC merupakan wujud upaya Pemerintah Kota Madiun dalam menggali dan melestarikan jati diri.

“Utamanya dalam menggali seni, tradisi dan budaya asli daerah Madiun. Karena itu, tema yang diusung dalam CNC tahun 2018 ini adalah Explore The Beauty of Madiun City. Pemerintah ingin mengangkat semua potensi yang ada dan menyuguhkannya untuk dikenal,” kata dia.

Puluhan kontingen yang berpartisipasi dalam karnaval tersebut berasal dari Kabupaten Madiun, OPD di lingkungan Pemkot Madiun, BUMN, BUMD, sekolah, dan para pelaku seni. Selain karnaval, HUT ke-100 Madiun juga akan diramaikan dengan pagelaran seni tradisi di tiga kecamatan selama 22-24 Juli. Selain itu juga digelar Festival Seni Pencak Silat Nusantara pada 25-27 Juli.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Thalal Al-Shaiqi | Sumber: Tempo

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.