رحلة رياضي إندونيسي من الرياضة إلى الحرس الرئاسي

Perjalanan Rio Maholtra dari Atlet hingga Jadi Pengawal Presiden

0 708

جاكرتا، إندونيسيا اليومريو ماهولترا، فرد بقوة تأمين الرئيس الإندونيسي، مصمم على رفع اسم إندونيسيا عاليًا في دورة الألعاب الآسيوية 2018. بالإضافة لكونه أحد أفراد قوات تأمين الرئيس، ريو كذلك رياضي بارز و تعتمد عليه إندونيسيا في رياضة قفز الحواجز.

ولادته في عائلة متواضعة لم تثني ريو عن رغبته في أن يصبح جنديًا. براعة ابن سومطرة الجنوبية مواليد 28 ديسمبر 1993 في الرياضة قربته من هدفه.

برزت موهبة ريو الرياضية منذ أن كان في المدرسة الإبتدائية. و بفضل التدريب و دعم أسرته و كذلك الحظ الذي كان يحالفه في كثير من الأحيان، أصبح ريو رياضي بارز يحقق الكثير من الإنجازات الرياضية.

في عام 2009، بعدما حقق ريو المركز الثاني في البطولة الرياضية للشباب، قدمه مدرسه و مدربه السيد كادير إلى الأمين العام لاتحاد الرياضيين الإندونيسيين تيجور تانجونج. نتيجة لهذه المقابلة، غادر ريو بلدته التي ولد بها.

منذ بداية 2010 انتقل ريو ليعيش في جاكرتا، وجودة في جاكرتا و تحت ظل اتحاد الرياضيين الإندونيسيين جعله أقرب إلى حلمه بأن يصبح جنديًا، و ذلك دون قصدٍ منه.

أصبح ريو قريبًا جدًا من حلمه عندما صعد لمنصة التتويج بالإسبوع الرياضي الوطني بمحافظرة رياو في عام 2012. حيث عرض عليه أن يسجل أسمه في قوات المشاة بالجيش الوطني الإندونيسي. العرض الذي لا يمكن لريو أن يضيعه.

و لدة عام خضع ريو للتدريب بالجيش. ليتخرج عام 2013 و يعين مباشرةً في قوات تأمين الرئيس. و على الرغم من أنه يتحمل مسئولية كونه فرد في قوات التأمين الرئاسية، إلا أن حياة ريو مازال يهيمن عليها طابع حياة الرياضي.

إحدى المهام التي أوكلت إلى ريو كفرد بقوات تأمين الرئيس، كانت عند إيفاده كدرع بشري مصاحب للرئيس السابق سوسيلو بامبانج في زيارته الدولة إلى ميانمار، لحضور قمة الأسيان 2014.

و على الرغم من أن حيان ريو مقسمة إلى قسمين، إلا أنه مازال يحقق الإنجازات الرياضية المشرفة. حيث إن ريو الرياضي البالغ طولة 180 سم، هو حامل الرقم الوطني في سباق 110 متر حواجز، و 60 متر رجال.

و لكونه الإندونيسي الأسرع في سباق 110 متر حواجز، فإنه قد مثل إندونيسيا في بطولة العالم لألعاب القوى 2018 في برمنجهام بإنجلترا، و التي جرت أوائل مارس الماضي.

في البطولة شارك ريو في سباق 60 متر رجال، و سجل رقم 7.98 ثانية محطمًا الرقم الإندونيسي الأسرع، و الذي هو رقمه كذلك، و الذي كان 8.15 ثانية. رغم تحطيم ريو لرقمه الشخصب إلا أن سرعنه وضعته في المركز الـ 33 بين 37 مشارك في السباق.

و أخيرًا أسندت مهمة جديدة إلى ريو، حيث يمثل إندونيسيا في دورة الألعاب الآسيوية 2018 في أغسطس المقبل. فهل يمكن أن يرفع ريو اسم إندونيسيا في البطولة التي تستضيفها إندونيسيا؟!

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: kumparan.com


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Rio Maholtra, seorang anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bertekad mengharumkan nama Indonesia dalam Asian Games 2018. Selain menjadi paspampres, Rio merupakan seorang atlet andalan Indonesia dalam cabang olahraga atletik, lari gawang.

Lahir dari keluarga sederhana tak menyurutkan niat Rio untuk mengejar cita-citanya untuk menjadi seorang tentara. Bakatnya di dunia atletik membawa laki-laki kelahiran Lahat, Sumatera Selatan, 28 Desember 1993 itu dekat dengan cita-citanya.

Bakat atletiknya sudah terlihat sejak Rio duduk di sekolah dasar. Berkat latihan, dukungan keluarga, dan keberuntungan yang kerap memihak kepadanya, Rio bertransformasi menjadi seorang atlet dengan segudang prestasi.

Pada 2009 contohnya. Saat itu, setelah menjadi juara dua dalam kejuaraan atletik remaja, guru sekaligus pelatih Rio kala itu, Kadir, mengenalkannya kepada seorang Tigor Tanjung, Sekretaris Jenderal PB PASI. Pertemuan itu membuat Rio meninggalkan kota kelahirannya.

Sejak awal 2010, Rio pindah ke Jakarta. Merantau ke Jakarta dan berada di bawah naungan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), tanpa disadari membuatnya semakin dekat dengan impiannya untuk menjadi tentara.

Rio semakin dekat dengan impiannya ketika berhasil naik podium di PON Riau 2012, nama Rio dilirik oleh Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat (TNI-AD). Tawaran untuk masuk TNI tak disia-siakan oleh Rio.

Selama setahun ia menjalani pelatihan tentara. Pada 2013 Rio lulus dan langsung ditempatkan di Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Meski sudah menyandang tanggung jawab sebagai paspampres, Rio tetap lebih dominan hidup sebagai seorang atlet.

Salah satu tugas yang pernah ia jalani sebagai paspampres adalah ketika mengawal Susilo Bambang Yudhoyono–kala itu SBY masih menjadi presiden–. Waktu itu ia ditugaskan sebagai tameng hidup SBY saat kunjungan kenegaraan ke Myanmar untuk acara ASEAN Summit 2014.

Meski dunianya terbagi menjadi dua, Rio tetap memiliki prestasi yang mumpuni di dunia atletik. Pria dengan tinggi 180 centimeter itu tercatat sebagai pemegang rekor nasional lari gawang 110 meter dan 60 meter putra.

Berkat menjadi yang tercepat di nomor 110, Rio dipercaya mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia IAAF World Indoor Championship 2018 di Birmingham, Inggris, awal Maret lalu.

Saat itu, Rio turun di nomor 60 meter lari gawang putra. Di negeri Ratu Elizabeth itu, Rio mampu mencatatkan waktu 7,98 detik. Catatan tersebut memecahkan rekornas atas namanya sendiri, 8,15 detik pada 2013 silam. Meski mampu memecahkan rekor nasional, capaian Rio di Birmingham sebenarnya hanya menempatkannya di posisi ke-33 dari 37 peserta.

Tugas negara kembali berada di pundaknya pada Agustus mendatang. Ia menjadi salah satu wakil Indonesia di Asian Games 2018. Mampukah Rio membawa nama Indonesia harum di rumah sendiri? patut dinantikan.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: kumparan.com 

تعليقات
Loading...