مدير شركة ليون إير: طائرة إندونيسية المنكوبة واجهت مشكلة فنية

Bos Lion Air Akui JT-610 Sempat Ada Masalah Teknis

0 1٬213

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – اعترف إدوارد سيرايت، رئيس ومدير التنفيذي لمجموعة ليون إير، بأن حالة الطائرة “ليون إير” JT-610 في جاكرتا-بانغكالبينانج كانت تواجه مشاكل فنية قبل الطيران. لكنه ادعى أن الشروط التقنية التي لم يفصّلها كانت قد تم تعاملها مع مصنع الطائرات.

وقال إدوارد في مؤتمر صحفي في مطار سوكارنوهاتا في سينجكارينج يوم الإثنين (10/29) “هناك تقرير فني عن المشكلة، لكن تم إجراؤه وفقًا لإجراءات الصيانة الصادرة من شركة مصنع الطائرة”.

قبل أن تحلق من جاكرتا إلى بانغكالبينانغ، طارت طائرة لاين اير JT-610 من دنباسار إلى جاكرتا (سينجكارينج). وأكد إدوارد على أن المشاكل التقنية شائعة في شركات الطيران.

لكن إدوارد لم يستطع التعليق على أن الحادث الذي وقع في مياه كاراوانج كان مجرد مشكلة فنية للطائرة أو حتى بسبب انفجار الطائرة.

وقال إدوارد: “لا نريد التخمين، فهناك أطراف ذات صلة يمكنها التحقيق في أننا مستعدون لتقديم البيانات. المشاكل الفنية شائعة ويجب أن يتم التعامل معها ومعالجتها”.

ووفقًا لإدوارد، استلمت الشركة طائرتها JT-610 في 13 أغسطس 2018. الرحلة التجارية الأولى في 15 أغسطس، 2018. وأكد أن الطائرة كانت أحدث جيل من الجيل الثامن من سلسلة بوينغ 737 ماكس. ولهذا

السبب، تجرأ أيضاً على ضمان أحدث تقرير تلقته حول حالة الطائرة JT-610 التي تستحق الطيران.

وقال إدوارد: “حتى يوم أمس تم الإعلان عن حالة الطائرة من قبل المهندس الذي أذن له بالإفراج عن رحلة الطائرة. لم يكن هناك مفر من المراقبة. تعمل الطائرة لمدة شهرين مع ساعات طيران من 9 إلى 10 ساعات في اليوم”.

علاوة على ذلك، كان إدوارد مترددًا في الرد على الحادث الذي تسبب في أن 189 راكبًا سيؤثر على مسار خطوط طيران ليون إير. كما رفض التعليق على أنه سيحمل شركات بوينغ مسؤولية هذا الحادث.

وقال إدوارد: “لكن هذه المشكلة مؤكدة، فسنبلغ عنها (إلى بوينج)”.

قال رئيس الوكالة الوطنية للبحث والإنقاذ (Basarnas ) محمد شوغي ان طائرة ليون اير JT 610 تحطمت فى تانجونج كاراوانج على عمق 30-35 متر فوق مستوى سطح البحر. لا يزال فريق الوكالة الوطنية للبحث والإنقاذ (Basarnas ) يبحثون عن جسم الطائرة والضحايا حول الموقع.

وقال شوغي في مؤتمر صحفي في مكتب الوكالة الوطنية للبحث والإنقاذ (Basarnas ) يوم الإثنين (10/29) “عمق البحر يتراوح بين 30 و35 متراً، والآن لا يزال الفريق غاصراً للعثور على الطائرات والضحايا”.

وفقا لشوغي، استنادا إلى المعلومات التي تم الحصول عليها من وحدة مراقبة الحركة الجوية (ATC) بدقة في الساعة 6:50 صباحا، تلقت معلومات تفيد بأن الطائرة من نوع B737-Max كانت مفقودة.

وقال سيوجي في مكتبه في جاكرتا يوم الإثنين (10/29): “في الساعة 06:55، فقدت الاتصال. بعد أن وصلتنا المعلومات، قمنا بالفحص عليها عبر وحدة مراقبة الحركة الجوية (ATC) وLion Air، وكانت الطائرة تحلق فعلا وفقدت الاتصال”.

موقع فقدان طائرة الاتصال على بعد 25 ميلا من تانجونج بريوك أو 11 ميلا من تانجونج كيراوانج. وأُبلغ أن الطائرة عندما فقدت الاتصال كانت على ارتفاع 2500 متر فوق مستوى سطح البحر. (DAL)

المترجمة: فتحية غزالي | المصدر: سي إن إن إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Presiden dan CEO Lion Air Group Edward Sirait mengakui kondisi pesawat Lion Air JT-610 jurusan Jakarta-Pangkalpinang sempat mengalami kendala teknis sebelum terbang. Namun ia mengklaim kondisi teknis yang tidak ia rinci itu sudah ditangani oleh pabrik pesawat.

“Ada laporan masalah teknis, tapi sudah dikerjakan sesuai porosedur maintenance yang dikeluarkan pabrikan pesawat,” kata Edward saat konferensi pers di Bandara Seokarno-Hatta, Cengkareng, Senin (29/10).

Sebelum melakukan penerbangan Jakarta-Pangkalpinang, Lion Air JT-610 terbang dari Denpasar ke Jakarta (Cengkareng). Edward menegaskan permasalahan teknis sebetulnya umum terjadi pada maskapai.

Namun Edward belum bisa berkomentar bahwa kecelakaan yang terjadi di perairan Karawang itu murni masalah teknis pesawat atau bahkan karena pesawat meledak.

“Kita tidak mau spekulasi, ada pihak terkait yang bisa menyelidiki kita siap kasih data. Masalah teknis itu umum terjadi dan memang harus dikerjakan dan dirawat,” ungkap Edward.

Menurut Edward, pesawat JT-610 diterima perusahaannya pada 13 Agustus 2018 lalu. Terbang pertama secara komersial pada 15 Agustus 2018. Ia menjamin pesawat tersebut adalah generasi terbaru dari Boeing generasi 737 max seri ke-8. Untuk itu, ia juga berani menjamin laporan terakhir yang ia terima soal kondisi pesawat JT-610 layak terbang.

“Sampai kemarin kondisi pesawat dinyatakan layak terbang oleh engineer yang diberi wewenang merilis terbangnya pesawat. Tidak ada yang luput dari pengecekan. Pesawat beroperasi dua bulan dengan jam terbang 9 sampai 10 jam per hari,” klaim Edward.

Lebih lanjut, Edward enggan menanggapi atas insiden kecelakaan yang membawa 189 pemumpang itu akan berimbas pada jalannya rute penerbangan Lion Air. Ia juga enggan berkomentar akan meminta pertanggungjawaban perusahaan Boeing akan insiden ini.

“Tapi kalau masalah ini pasti kita laporkan (ke Boeing),” kata Edward.

Kepala Basarnas M Syaugi mengatakan bahwa Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di Tanjung Karawang pada kedalaman 30-35 meter dari permukaan laut. Tim Basarnas masih melakukan pencarian terhadap badan pesawat dan korban di sekitar lokasi.

“Kedalaman laut 30 hingga 35 meter, sekarang tim masih menyelam untuk menemukan pesawat dan korban,” kata Syaugi saat konferensi pers di Kantor Basarnas, Senin (29/10).

Menurut Syaugi, berdasarkan informasi yang didapatkan dari air traffic controller (ATC) tepatnya pukul 06.50 WIB, pihaknya menerima informasi bahwa pesawat type B737-Max itu hilang kontak.

“Jadi jam 06.55 pagi hilang kontak. Setelah kita terima info itu, kita cross check ke ATC dan Lion Air betul pesawat itu betul terbang dan lost contact,” tegas Syaugi di kantornya, Jakarta, Senin (29/10).

Adapun lokasi hilangnya kontak pesawat berada di 25 mile dari Tanjung Priok atau 11 mile dari Tanjung Kerawang. Pihaknya mendapatkan informasi jika pesawat saat kehilangan kontak berada di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Sumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...