مرض جامبرانا يتسبب في موت عشرات البقر في بانكولو

Puluhan sapi di Mukomuko mati akibat jembrana

0 651

موكو موكو، إندونيسيا اليوم- سجلت وكالة موكو موكو منطقة بانكولو أن 46 بقرة من أملاك المواطنين ماتت بسبب إصابة مرض جامبرانا من خلال شهر نوفمبر إلى ديسمبر 2017.

“إن هذا العدد الذي بلغ 46 بقرة من أملاك المواطنين المنتشرة في خمسة أماكن من هذه المنطقة.  وقد ماتت بسبب الإصابة بمرض جامبرانا.” قاله وارسمان رئيس قسم تربية الحيوانات في وزارة الصحة الحيوانية والزراعة في موكو موكو، السبت.

قد يهمك: مجلس علماء إندونيسيا (موي) يؤكد أن الخطبة والموعظة لا يمكن التحكم فيها

وقال أيضا: بأن موت البقر بسبب هذا المرض، وهو يتواجد كثيرا في في منطقة إبوه وقد ماتت 18  بقرة في هذه المنطقة، ومنطقة أير رامي ماتت فيها 16 بقرة، ومنطقة XIV كوتو ماتت فيها 5 بقر، ومنطقة بوندوك سوغوه ماتت فيها 4 بقر ومدينة موكو موكو ماتت فيها 3 بقر.

وأكد أيضا أن الإصابة التي أدت إلى موت البقر بسبب مرض جامبرانا بلغت عشرات البقر خلال شهرين متتاليين في 2017 وهذا لم يقع في السنة الماضية.

وقال :”إن هذه الكارثة تعتبر من الحوادث الكبرى وذلك لأنه في نفس الفترة في سنة أخرى لم توجد هذه الكارثة التي بلغت عشرات البقر في شهرين متتاليين.”

وبين أن وكالته قد أبلغت هذه الحادثة إلى قسم تربية الحيوانات والصحة الحيوانية في المنطقة. وقد وفرت وكالة المنطقة اللقاح للوقاية ضد مرض جامبرانا.

قد يهمك: هيئة مراقبة الانتخابات (باوسلو) تقوم بإعداد موضوع الخطبة لاستقبال الانتخابات المحلية المتزامنة عام 2018

وقال إن وكالته تقدم اللقاحات لمنع انتشار المرض إلى الأبقار الموجودة في المناطق التي وجدت إصابة موت الأبقار وذلك بتوفير اللقاحات للوقاية من هذا المرض أيضا ستقدم اللقاحات للبقر إلى المناطق الأخرى.

وقال إنه خلال عام 2017، أصيبت 200 من الأبقار المملوكة للمواطنين بهذا المرض، وتمت معالجة 131 بقرة، وشفيت 74 بقرة، وذبحت 71 رأسا من الأبقار رغما عنها.

وأوضح، إن مجموع البقر التي يتوقع أن تصاب بهذا المرض ما يصل إلى 15.644بقرة، والعدد الكلي المعرض للخطر 18.000 بقرة. ومن هذا العدد الكبير يتم تلقيح وتحصين 2000 بقرة.

وقال إنه لا يزال هناك حوالي 10.000 بقرة غير محصنة في المنطقة معرضة لخطر الإصابة بهذا المرض.

قد يهمك: فريق الرجال الإندونيسي في نهائي بطولة الفرق الآسيوية

المترجم : أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: وكالة انتارا

Mukomuko, Indonesiaalyoum.com – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat sebanyak 46 sapi milik masyarakat setempat mati karena terjangkit penyakit jembarana selama November hingga Desember 2017.

“Sebanyak 46 sapi itu milik masyarakat yang tersebar di lima kecamatan di daerah ini. Sapi itu mati akibat terjangkit penyakit jembrana,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, sapi mati akibat terjangkit penyakit Jembara paling banyak ditemukan di Kecamatan Ipuh sebanyak 18 ekor, Kecamatan Air Rami 16 ekor, Kecamatan XIV Koto lima ekor, Kecamatan Pondok Suguh empat ekor, dan Kecamatan Kota Mukomuko tiga ekor.

Ia menyatakan, kasus sapi mati akibat terjangkit penyakit jembrana mencapai puluhan ekor selama dua bulan berturut-turut pada 2017 itu belum pernah terjadi pada tahun sebelum.

“Sebenarnya kejadian itu sudah termasuk kejadian luar biasa karena pada periode yang sama tahun berbeda belum pernah terjadi kasus sapi mati mencapai puluhan ekor selama dua bulan berturut-turut,” ujarnya.

Ia mengatakan, instansinya telah melaporkan masalah tersebut kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan provinsi setempat. Pihak dinas provinsi tersebut telah memberikan bantuan vaksin pencegahan penyakit jembrana.

Ia menyatakan, instansinya telah memberikan vaksin untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut ke sapi yang berada dalam wilayah yang ditemukan kasus sapi mati akibat penyakit tersebut termasuk pemberian vaksin pencegahan penularan penyakit jembrana ke sapi yang berada di wilayah lain di daerah itu.

Ia mengatakan, selama 2017 sebanyak 200 sapi milik masyarakat terkena penyakit jembarana, sebanyak 131 sapi di antaranya yang diobati, 74 sapi sembuh, sebanyak 71 sapi yang dipotong paksa.

Ia menerangkan, populasi sapi yang terancam terkena penyakit itu sebanyak 15.644 ekor, populasi berisiko 18.000 ekor. Dari sebanyak itu sebanyak 2.000 sapi yang tervaksin.

Ia menyatakan, masih ada sekitar 10.000 sapi di daerah itu yang berisiko terkena penyakit ini yang belum tervaksin.
Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antaranews.com

 

تعليقات
Loading...