إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

منطقة بيتاك سيبمبيلان بجاكرتا، عنوان للدهشة!

Menyusuri Petak Sembilan Jakarta, Ada Apa Saja?

0 425

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تعتبر أكبر منطقة صينية بجاكرتا وهي جزء من المدينة القديمة في جاكرتا. توجد بهذه المنطقة العديد من المناطق الرئيسة. هل تعلم، ما هي تلك المناطق؟

تقع هذه المنطقة في حي غلودوك وتشمل 3 مناطق رئيسة، منطقة غانج غلوريا، وجالان بانشوران، وجالان بيتاك سيمبيلان. أنك ستحس بالانفعال عنذ اكتشافك المنطقة. البضائع التقليدية والأطعمة أو المشروبات التي لا نجدها في أي مكان آخر سوف تندمج هنا.

إذا كنت قادمًا من محطة كوتا، يمكنك المرور بأسيمكا ثم الاتجاه إلى غلودوك، كما يمكنك المشي من خلال طريق كبير حتى تجد نفسك في بانشوران تي هاوس، وهي علامة وصولك إلى بوابة منطقة غلودوك.

منطقة بيتاك سيبمبيلان بجاكرتا، عنوان للدهشة2

من تلك البوابة تشعر بالاجواء الخاصة للحي الصيني. وستجد الباعة المتجولين في الشوارع مع أنواع مختلفة من الحلي الصينية التقليدية، والأطعمة الفريدة، والمواد الغذائية التي لا تجدها في أي مكان آخر. يوجد بمنطقة غلودوك سوق تقليدي تم بناؤه حديثا، وهناك أيضًا متاجر قديمة مثل مبنى شاندرا.

كانت منقطة بيتاك سيمبلان عبارة عن زقاق صغير. على يمينه العديد من الأطعمة والمشروبات والفواكه والملابس والأواني المنزلية. عند حلول رأس السنة الصينية سترى هذه المنطقة يطغى عليها اللون الأحمر. إن السير في هذا الشارع ومشاهدة كل شيء فيه من الأشياء المفرحة.

منطقة بيتاك سيبمبيلان بجاكرتا، عنوان للدهشة3

على الرغم من أنه مجرد طريق صغير، فإن هذا المكان مزدحم دومًا. كان الأشخاص الذين يعملون والزوار الذين يستمتعون بمنظر منطقة بيتاك سيبيلان يختلطون مع بعضهم البعض. ويُنصح باستخدام الأحذية المريحة لأن الرحلة ستكون طويلة وارتداء الملابس التي تمتص العرق لأن الجو حارّ جداً.

تعتبر بيتاك سيبيلان مكانًا مثيرًا للمأكولات حيث تقدم فيه مأكولات مختلفة بدءا من المأكولات البيتاوية إلى المأكولات الصينية التقليدية وغادو-غادو، والمعكرونة، والباكسو، والقهوة وغيرها كثير. وعندما تجوع أو تعطش، يمكنك الاسترخاء وشرب العصير المثلج المخلوط الطازج أو تذوق الخضروات الحامضة الطازجة. وفي أجزاء أخرى من بيتاك سيبيلان، يوجد معبد صيني مثير لزيارته. إذن، ما الذي تنتظره؟ انتهر فرصة إجازتك لزيارة منطقة بيتاك سيمبلان واستمتع بروعتها.

منطقة بيتاك سيبمبيلان بجاكرتا، عنوان للدهشة4

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kawasan Pecinan terbesar di Jakarta ini merupakan bagian dari kota lama Jakarta. Ada beberapa kawasan utama di dalamnya. Apa saja itu, tahu?

Kawasan ini ada di Glodok yang meliputi 3 wilayah utama, yaitu Gang Gloria, Jalan Pancoran, dan Jalan Petak Sembilan. Menyusurinya pun memiliki kesan tersendiri. Aneka dagangan khas, makanan maupun minuman yang tidak kita jumpai di tempat lain akan berpadu di sini.

Jika datang dari arah Stasiun Kota, kita bisa berjalan melewati Asemka dan lanjut ke arah Glodok. Kita bisa berjalan melalui jalan besar dan nanti akan menjumpai Pantjoran Tea House yang menjadi tanda bahwa kita telah sampai di mulut kawasan Glodok.

Dari situ suasana khas Pecinan sudah mulai terasa. Penjaja kaki lima dengan aneka macam pernak-pernik khas Tionghoa, makanan unik, maupun bahan makanan yang tidak kita jumpai di tempat lain. Di kawasan Glodok sendiri terdapat pasar tradisional yang bangunannya sudah dibuat modern, ada juga pertokoan lama seperti Gedung Tjandra .

Petak Sembilan sendiri merupakan nama sebuah gang kecil. Di kanan kirinya terdapat banyak penjual makanan, minuman, buah-buahan, baju, dan perlengkapan rumah tangga. Saat mendekati Imlek kawasan ini akan didominasi warna merah. Menyusuri jalanan ini dan mengamati segala yang ada di dalamnya menjadi keasyikan tersendiri.

Meski hanya berupa jalan kecil, tempat ini selalu ramai. Orang-orang yang beraktivitas maupun pengunjung yang ingin menikmati kawasan petak sembilan berbaur menjadi satu. Disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman karena perjalanan yang cukup panjang serta pakaian yang menyerap keringat karena udara cukup panas.

Petak Sembilan juga merupakan tempat kuliner yang seru. Ada berbagai macam makanan tersedia di sini. Mulai dari makanan betawi sampai makanan khas pecinan, gado-gado, mie, bakso, kopi dan masih banyak lagi. Saat lapar dan haus melanda kita bisa beristirahat dan menikmati es campur yang segar atau menikmati sayur asam yang segar. Di bagian lain Petak Sembilan juga terdapat kelenteng yang menarik untuk dikunjungi. Jadi tunggu apalagi, manfaatkan hari libur ini untuk mengunjungi kawasan Petak Sembilan dan nikmati keseruannya.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: detik

تعليقات
Loading...
Click Me