منع بيع الخضار على الدرجات في مالوكو الشمالية

Dilarang berjualan, pedagang sayur keliling anggap larangan tak beralasan

0 628

 

تيرناتي، إندونيسيا اليوم – تجاهل تاجر خضار متنقل في تيرناتي، مالوكو الشمالية، والمعروف باسم دراجة الأجرة لبيع الخضار، المنع من وزارة الصناعة والتجارة، وقال إن المنع لا أساس له.

قد يهمك: مجلس النواب يوافق على بيري وارجيو محافظا لبنك إندونيسيا

وقال أحد تجار الخضار في ترناتي، حميد، يوم الجمعة :”سنستمر في الجولة لبيع الخضار على دراجات نارية من قرية إلى قرية أخرى في منطقة تيرناتي، لأننا نعتقد أنها لا ينتهك الأنظمة”.

أصدرت وكالة الصناعة والتجارة بتيرناتي رسالة منع لبيع الخضار على أساس أنها تسببت في انخفاض أرباح تجار الخضار والأسماك في الأسواق التقليدية.

ويرى أنه يجب على وكالة الصناعة والتجارة بتيرناتي أن تستمر في دعم وجود البائعين الخضار الذين أصبحوا مخرجا من المخارج لتقليل البطالة.

قد يهمك: الشركات المصنعة تبدأ في سحب 27 علامة تجارية للأسماك من نوع الماكريل

بالإضافة إلى ذلك فإن وجود بائعي الخضار في تيرناتي كان يساعد السكان في الشواطئ والمواقع البعيدة عن وجود وسائل النقل العام للحصول على الخضار بسهولة. فضلا إلى ذلك فإن للوصول إلى السوق بحاجة إلى تكاليف النقل كبيرة الثمن.

ويرى حامد أنه ليس من العدل إلقاء اللوم على بائع الخضار في انخفاض مبيعات الخضروات وتجار الأسماك في الأسواق التقليدية.

وصل عدد تجار الخضار في تيرناتي إلى 400 شخص مع دوران مبيعات حوالي 120 مليون روبية في اليوم، على افتراض أن كل متداول يكسب 300 ألف روبية في يوم واحد.

قد يهمك: الحكومة تهدف إلى انخفاض الفقر في إندونيسيا إلى 9%

المترجم : أحمد شكري |المحرر : فارس البدر  | المصدر: انتارا

Ternate, Indonesiaalyoum.com – Pedagang sayur keliling di Ternate, Maluku Utara yang dikenal dengan nama ojek sayur keliling mengabaikan larangan berjualan dari Dinas Penindustrian dan Perdagangan, dan mengatakan larangan itu tidak beralasan.

“Kami akan terus berkeliling menjual sayur menggunakan sepeda motor dari satu kelurahan ke kelurahan lain di kota Ternate, karena kami menanggap itu tidak melanggar aturan,” kata salah seorang pedagang sayur keliling di Ternate, Hamid, Jumat.

Disperindag Ternate mengeluarkan surat larangan berdagang sayur keliling dengan alasan mereka telah menyebabkan pedagang sayur dan ikan di pasar tradisional mengalami penurunan omset.

Menurut dia, Disperindag Ternate seharusnya tetap mendukung keberadaan pedagang sayur keliling yang menjadi salah satu solusi mengurangi pengangguran.

Selain itu, keberadaan pedagang sayur keliling di Ternate selama ini membantu warga yang berada di daerah pinggiran dan lokasi yang jauh dari jangkauan transportasi umum, untuk mendapatkan sayuran dengan mudah. Apalagi untuk menjangkau pasar perlu ongkos transportasi yang mahal.meng

Menurunnya omset penjualan pedagang sayur dan ikan di pasar tradisional, kata Hamid, tidak adil kalau menyalahkan pedagang sayur keliling.

Jumlah pedagang sayur keliling di Ternate diperkirakan mencapai 400 orang dengan omset penjualan sekitar Rp120 juta per hari, dengan asumsi setiap pedagang berpendapatan Rp300 ribu per hari.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...