إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

هيئة المدافعين عن الإسلام تتحدث عن حقبة جديدة من تشويه العلماء

FPI Anggap Kasus Bachtiar Nasir Kriminalisasi Ulama Babak Baru

0 122

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – رئيس هيئة المدافعين عن الإسلام، صبري لوبيس، يصف التقرير الذي يتهم الرئيس السابق للحركة الوطنية لحراس فتاوي مجلس علماء إندونيسيا، باحتيار ناصر، بأنه حقبة حديدة من تجريم العلماء.

صرح صبري من أمام منزل المرشح الرئاسي برابوو سوبيانتو: “أن يتم وضع الأستاذ باحتيار ناصر كمتهم فهذا من تداعيات الحقبة الجديدة من تشويه و تجريم العلماء”. الثلاثاء 7/5.

يتوقع صبري أن يكون هناك المزيد من الاتهامات التي ستوجه لمزيد من العلماء، و ربما يتم سجن بعضهم. و اعتبر بأن هذا بداية لحقبة جديدة من تجريم العلماء.

أعرب صبري عن رفض حزبه لهذه الأساليب التي تستهدف العلماء. كما أنه يرى أن في هذا العصر لا يمكن بهذه السهولة أن يتم اتهام العلماء و تشويههم، و أن المجتمع ناضج و سيشكك في هذه الاتهامات الموجهة ضد علماء الدين.

قال: “ما أحتاج للتذكير به هو أنه يجب أن يتم تجنب إثارة انفعالات المواطنيين، فإن مثل هذه الأفعال القذرة ستؤدي فقط لإثارة الناس”.

كانت الشرطة الإندونيسية قد تهمت بحتيار ناصر، أحد البارزين في حركة 212، بارتكاب جريمة غسيل الأموال عبر تحول الأموال من مؤسسة العدالة للجميع إلى أنشطة غير مقرر أن يتم التحويل لها.

ظهرت هذه القضية لأول مرة في بداية فبراير 2017، حيث لاحظت الشرطة وجود تدفق للأموال من منظمة تدعى الإغاثة الإنسانية الإندونيسية إلى جيش الإسلام، أكبر فصيل مسلح بالقرب من دمشق في سوريا، و يذكر بحتيار كرئيس للإغاثة الإنسانية الإندونيسية.

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: تيمبو دوت كو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ketua Umum Front Pembela Islam Sobri Lubis menyebut penetapan kasus tersangka terhadap mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (kini GNPF Ulama) Bachtiar Nasir sebagai kriminalisasi ulama babak baru.

“Status Ustaz Bachtiar Nasir yang ditingkatkan menjadi tersangka ini memulai dari pada kriminalisasi ulama babak baru,” kata Sobri di depan rumah calon presiden Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa malam, 7 April 2019.

Sobri menduga nantinya akan ada lagi ulama yang akan dijadikan tersangka, dipenjarakan, diancam, dan dikenai berbagai tuduhan. Dia menganggap hal-hal itu sebagai kriminalisasi.

Sobri mengatakan pihaknya menolak cara-cara yang dianggapnya kriminalisasi terhadap ulama. Menurut dia, ulama tidak semudah itu dikriminalisasi dan dituduh-tuduh. Sobri berpendapat di zaman ini masyarakat sudah cerdas dan akan mempertanyakan penetapan kasus tersangka terhadap ulama.

“Yang perlu saya ingatkan adalah jangan sampai nanti mempercepat emosi masyarakat. Kerjaan-kerjaan sampah kayak begini hanya membuat emosi masyarakat semakin cepat meningkat,” kata dia.

Bachtiar Nasir ditetapkan tersangka oleh Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia terkait kasus tindak pidana pencucian uang. Polisi menduga salah satu pentolan gerakan aksi massa 212 ini melakukan tindak pidana pencucian uang dengan mengalihkan aset Yayasan Keadilan Untuk Semua untuk kegiatan yang tidak seharusnya.

Perkara ini pertama kali mencuat pada awal Februari 2017. Saat itu, polisi menemukan adanya dugaan aliran dana dari sebuah organisasi bernama Indonesian Humanitarian Relief (IHR) untuk kelompok Jaysh Al Islam, faksi terbesar pemberontak bersenjata di dekat Damaskus, Suriah. Bahctiar disebut-sebut sebagai pimpinan IHR.

Penerjemah: Momen Alsaify | Siumber: tempo.co

تعليقات
Loading...
Click Me