نائب رئيس مجلس النواب يتحدث عن تسمم موظفي اللجان في الانتخابات الرئاسية

Fahri Sebut Kemungkinan KPPS Meninggal Karena Racun, KPU: Sudah Takziah?

0 408

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – نائب رئيس مجلس النواب الأندونيسي، فخري حكزة يعترف بأنه تلقى تقرير يفيد بأنه ربما يرجع السبب في وفاة عدد من موظفي اللجان الانتخابية للانتخابات الرئاسية إلى حالات تسمم. و قد تسائلت اللجنة العليا للانتخابات عماإذا كان فخري قد قام بتعزية عائلات الضحايا.

قال مفوض اللجنة العليا للانتخابات، فيريان عزيز: “لقد زرنا عدد من عائلات الضحايا، فهل قام ذو الشأن بتعزية تلك العائلات؟!”؟ الأربعاء 8/5.

يرى فيريان أن الذي يعلم سبب وفاة هذا العدد من القائمين على جمع الأصوات في الانتخابات الرئاسية هم أهل الصلة و الاختصاص، مثل وزارة الصحة. و أضاف أن الأمر الأكثر أهمية هو إيجاد آلية للانتخابات المقبلة.

قال فيريان: “الذي يعرف هو أهل الاختصاص الذي لديه القدرة على البحث، ليعرف بشكل أعمق أسباب وفاتهم. لكن النقطة الأهم في هذه المسألة هي البحث عن حل للمستقبل، فمن المهم إيجاد آلية انتخابية ديمقراطية لاختيار القيادات سواء على المستوى الوطني أو المحلي”.

و أضاف: “و في نفس الوقت كيف يمكن للنظام المطبق حاليًا في جمع الأصوات أن يمكن أن يجعل المشرفين على الانتخابات يمرضون أو يتوفى منهم البعض”.

أما عن تقرير فخري حول إمكانية أن تكون وفاة عدد من المشرفين على العملية الانتخابية بسبب حالات تسمم، فقد قال أنه تلقى تقارير من أطباء تفيد بذلك.

قال فخري من مقر مجلس النواب الإندونيسي: “لقد سجلوا عدة ملاحظات. أثار هذا اهتمامي لأنه كان حاضرًا عدد من الأطباء من مختلف الاختصاصات. أعتقد أنه من الأفضل أن تتعامل الحكومة و الهيئة العامة للانتخابات خصوصًا بشفافية مع الأمر. فليتم فتح تحقيق في الأمر، يجب أن يتم فحص المتوفين جميعًا، لا يجب أن نعمم حالة واحدة على جميع الحلات و بعدها يتم إغلاق الأفواه بالمال”. الإثنين 6/5.

وتابع: “بعض الفحوصات كانت نتائجها مفاجئة، فبعض المتوفين يحتمل أن يكون سبب وفاتهم هو التسمم”.

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ديتيك نيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku mendapat laporan soal kemungkinan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal karena racun. KPU mempertanyakan apakah Fahri sudah melakukan takziah ke keluarga korban.

“Kami sih udah datang ke beberapa keluarga korban, apakah yang bersangkutan udah pernah takziah ke keluarga korban?” ujar komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Viryan menyebut, yang mengetahui penyebab meninggal dunianya KPPS yaitu pihak yang berkompetensi seperti Kementerian Kesehatan. Menurutnya, hal terpenting dalam permasalahan tersebut yaitu perlu adanya solusi untuk mekanisme pemilu selanjutnya.

“Yang tahu, yang lebih punya kompetensi membahas, dan kemudian mengetahui lebih dalam sebab-sebabnya. Namun poin pentingnya ini beban pemilu seperti ini perlu kita cari solusi untuk ke depan, bahwa pemilu untuk satu mekanisme demokratis dalam sirkulasi kepemimpinan baik lokal maupun nasional ini penting,” kata Viryan.

“Namun secara bersamaan bagimana teknis pemilu yang berjalan di lapangan ini, bisa membuat atau meminimalisir petugas-petugas berguguran atau sakit dapat membuat yang bersangkutan menjadi wafat,” sambungnya.

Pernyataan Fahri soal kemungkinan petugas KPPS meninggal pada Pemilu 2019 karena diracun disampaikan usai menerima perwakilan sejumlah dokter. Fahri mengaku menerima laporan investigasi dari para dokter itu.

“Mereka melaporkan beberapa temuan, saya tertarik karena dokter-dokter dari berbagai keahlian yang hadir. Saya kira sebaiknya pemerintah terbuka dengan apa yang terjadi, terutama KPU. Dibuka saja masalahnya apa dan investigasi terhadap korban. Itu harus dilakukan satu per satu, jangan membuat generalisasi lalu ada uang tutup mulut,” ujar Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/5).

“Beberapa investigasi yang mereka lakukan itu cukup mengagetkan, karena modus dari meninggalnya juga sebagiannya ada kemungkinan adanya racun. Kira-kira begitu,” sambungnya.

Penerjemah: Momen Alsaify | Sumber: detik

تعليقات
Loading...