إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

أمبارّكمو معهد السياحة يوجياكارتا تنوي التعاون مع روسيا

Stipram Yogyakarta jajaki kerja sama dengan PT di Rusia

- الإعلانات -

0 125

في روسيا لا تزال هناك منازل داخلية مقابل 50،000 روبية اندونيسية في الشهر، إذا كانت أسعار الصرف بالروبية. للمقارنة، فإن أرخص تكلفة الصعود في يوجياكارتا حوالي 150 ألف روبية إلى 200 ألف روبية في الشهر

يوجياكارتا، إندونيسيا اليومأمبارُّكمو معهد السياحة (Stipram) يوجياكارتا يتعاون مع جامعات روسيا في مجال التطوير الأكاديمي وتحسين جودة الموارد البشرية.

وقال سوهيندرويونو رئيس أمبارُّكمو معهدالسياحة يوجياكارتا بيوجياكرتا يوم الاثنين “إن خطة التعاون مع الجامعات في روسيا تشمل عددا من المجالات، بما في ذلك تبادل الطلاب والمحاضرين وبرامج الدرجات المشتركة”.

وأضاف بين المحاضرات العامة في الحرم الجامعي أمبارُّكمو معهدالسياحة يوجياكارتا، أنه من خلال برنامج “درجة مشتركة” الطلاب الحصول على محاضرات إضافية فصل دراسي، ثم الحصول على شهادة من جامعتين في وقت واحد.

كما قال سوهيندرويونو، الذي يرأس أيضاً رابطة مؤسسات التعليم العالي السياحية (هيلديكيتيباري) “في البداية كنا مترددين في التعاون مع روسيا. ومع ذلك، بعد معرفة إمكانات البلاد، أصبحنا مقتنعين بتأسيس التعاون”.

من ناحية أخرى، قال محمد واحد سوبريادي، السفير الإندونيسي في روسيا، بعد إلقائه محاضرة عامة في أمبارُّكمو معهدالسياح يوجياكارتا، إن تكلفة التعليم وتكاليف المعيشة في روسيا أرخص مقارنة بالدول الأوروبية الأخرى.

قال “في روسيا لا تزال هناك منازل داخلية لـ 50،000 روبية اندونيسية في الشهر، إذا كانت أسعار الصرف بالروبية. وعلى سبيل المقارنة، فإن أرخص تكلفة الإقامة في يوجياكارتا تتراوح بين 150،000 إلى 200،000روبية شهريًا”.

وفقا له، فإن رخص تكلفة التعليم في روسيا لا يعني أن الجودة منخفضة، فهي جيدة جدا، لا سيما في مجالات الهندسة وتكنولوجيا المعلومات والسياحة.

وقال “فيما يتعلق باللغة الروسية، يمكننا التعلم من خلال التدريب لمدة عام واحد لذلك، لا توجد مشكلة تقريبا إذا تعاونت إندونيسيا مع روسيا”.

لذلك، رحب برغبة أمبارُّكمو معهدالسياحة يوجياكارتا في إقامة تعاون مع الجامعات بروسيا.

كما حضر المحاضرة العامة تحت عنوان “مقارنة بين عقلية تطوير السياحة الوطنية في المستقبل”، رئيس وكالة التعليم العالي الإقليمية “بامبانج سوبرايادي”، وفريق الخبراء في وزارة السياحة أنانج سوتونو، ورئيس مؤسسة السياحة الأندونيسية المهنية I غوستي بوتو لاكساغونا.

المترجمة: فتحية غزالي | المصدر: وكالة أنتارا


Yogyakarta, Indonesiaalyoum.com – Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (Stipram) Yogyakarta menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi di Rusia dalam bidang pengembangan akademik dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Rencana kerja sama dengan perguruan tinggi di Rusia itu meliputi beberapa bidang, di antaranya pertukaran mahasiswa dan dosen serta program ‘joint degree’,” kata Ketua Stipram Yogyakarta, Suhendroyono di Yogyakarta, Senin.

Di sela kuliah umum di kampus Stipram Yogyakarta, ia menambahkan melalui program “joint degree” mahasiswa mendapatkan tambahan kuliah dua semester, kemudian memperoleh sertifikat dari dua perguruan tinggi sekaligus.

“Semula kami sempat ragu-ragu untuk mengadakan kerja sama dengan Rusia. Namun, setelah mengetahui potensi negara itu kami menjadi yakin untuk menjalin kerja sama,” kata Suhendroyono yang juga Ketua Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata (Hildiktipari).

Sementara itu, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi usai mengisi kuliah umum di Stipram Yogyakarta mengatakan biaya pendidikan dan biaya hidup di Rusia lebih murah dibanding dengan negara-negara Eropa lainnya.

“Di Rusia masih ada kos-kosan seharga Rp50 ribu per bulan, jika di-kurs dengan mata uang rupiah. Sebagai perbandingan, saat ini biaya kos di Yogyakarta paling murah rata-rata berada pada kisaran Rp150 ribu hingga Rp 200 ribu per bulan,” katanya.

Menurut dia, murahnya biaya pendidikan di Rusia tidak berarti kualitasnya rendah, justru sangat bagus terutama bidang teknik, teknologi informasi, dan pariwisata.

“Mengenai bahasa Rusia, kita bisa belajar melalui pelatihan selama satu tahun. Jadi, hampir tidak ada kendala jika Indonesia menjalin kerja sama pendidikan dengan Rusia,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik keinginan Stipram Yogyakarta untuk menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Rusia.

Kuliah umum bertema “Komparasi Pola Pikir Pengembangan Pariwisata Nasional ke Depan” itu juga dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V DIY Bambang Supriyadi, staf ahli Kemenpar Anang Sutono, dan Ketua Lembaga Profesional Pariwisata Indonesia I Gusti Putu Laksaguna.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Sumber: Antara

(15)

تعليقات
Loading...
Click Me