إفطار جماعي للصحفيين في بيت السفير السعودي

Serunya Buka Puasa Bersama Wartawan di Rumah Dubes Saudi

0 738

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  دعا سفير خادم الحرمين الشريفين لدى إندونيسيا، أسامة الشعيبي، عدداً من الصحافيين إلى منزله للإفطار الجماعي في شارع تيوكو عمر رقم 36، مينتينج، جاكرتا الوسطى، يوم الثلاثاء (25/5/2018).

وقد أقيم هذا البرنامج كبادرة طيبة مع الصحفيين حول ثقافة وتقاليد الصيام في إندونيسيا والجزيرة العربية. دعا أسامة الصحفيين لتبادل القصص عن الصيام.

قال بعض الصحفيين، في إندونيسيا ، المجتمع عادة ما يحب أكل المقليات والكولاك. وهناك تقليد إمساك، وهو منع النفس من الطعام والشراب 10 دقائق قبل أذان الفجر.

علق أسامة على العديد من قصص الصحفيين. وقال إن الأطفال السعوديين منذ طفولتهم معتادون على بالصيام. كثير من الأطفال الذين يبلغ عمرهم 7 سنوات عادة يصومون يوما كاملا.

“بشأن تقليد إمساك، هذا المصطلح لا يوجد في الجزيرة العربية. بناء على حديث النبي، فإن نهاية الأكل حتى صلاة الفجر،” قال أسامة.

وقال أسامة أيضا، إن عادة الناس في الجزيرة العربية تقديم الإفطار للمصلين في المسجد. خصوصا في المسجد الحرام، عددهم أكثر.

سأل بعض الصحفيين، “ما هي قائمة الطعام الإندونيسي الذي يحبه السيد السفير؟”

“أنا حقا أحب الأرز المقلي وساتاي. أما الطعام الآخر غير مناسب لأنه يحتوي على كثير من الزيت،” كما قال أسامة.

إفطار جماعي للصحفيين في بيت السفير السعودي2
الصورة: إندونيسيا اليوم

بعد الاستماع ، ذكر احد الصحفيين إن الطعام المفضل للسيد أسامة يشبه الطعام المفضل لرئيس الولايات المتحدة السابق، باراك أوباما.

“إذن ، يشبه أوباما، إنه يحب الأرز المقلي وساتاي،” قال أحد الصحفيين.

فأجاب السفير مبتسما، “نعم، أسمه أيضا يشبه اسمي، اسمه أوباما، واسمي أسامة”. قال السفير مصحوبا بالضحك من الحاضرين.

بعد الحديث الودي، دعا السفير الصحفيين لتناول وجبات خفيفة، لأنه حان وقت الإفطار.

“تفضل بالأكل. هناك التمور والفواكه والقهوة العربية. وهذا هو الطعام السعودي الأصلي،” كما قال أسامة.

إفطار جماعي للصحفيين في بيت السفير السعودي
الصورة: إندونيسيا اليوم

بعد صلاة المغرب، استمتع الضيوف بالأطباق التي قدمها المضيف. الطعام المقدم هو قائمة من المطبخ السعودي. هناك الأرز مندي، لحمالماعز، سامبوسا، الخضروات، عصائر الفاكهة، وغيرها.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  مسلم تودي/ مسلم اليوم


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Al Shuibi, mengundang sejumlah wartawan untuk buka puasa bersama di rumah dinasnya di jalan Teuku Umar nomor 36, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (22/5/2018).

Acara yang digelar dengan santai ini dibuka dengan bincang-bincang dengan para wartawan mengenai budaya dan tradisi puasa di Indonesia dan Saudi. Osama mempersilahkan kepada para wartawan untuk berbagi kisah tentang puasa.

Ada wartawan yang bercerita, bahwa di Indonesia, biasanya orang suka makan gorengan dan kolak. Dan ada tradisi imsak, yaitu menahan makan dan minum, 10 menit sebelum adzan subuh.

Osama mengomentari beberapa cerita wartawan. Dia mengatakan, anak-anak Saudi sejak kecil terbiasa diajarkan untuk berpuasa. Usia 7 tahun biasanya sudah banyak yang puasa sehari.

“Untuk imsak, di Saudi tidak ada istilah tersebut. Karena berdasarkan hadits nabi, akhir sahur itu sampai terdengar adzan subuh,” kata Osama.

Osama juga menuturkan, kebiasaan masyarakat di Saudi menyediakan buka puasa bagi jamaah masjid. Apalagi di Masjidil Haram, jumlahnya lebih banyak lagi.

Ada wartawan yang bertanya, “Apa menu makanan Indonesia yang disukai Pak Dubes?.”

“Saya sangat suka nasi goreng dan sate. Adapun makanan yang lainnya kurang cocok karena terlalu banyak mengandung minyak,” kata Osama.

Mendapati jawaban itu, ada wartawan yang menimpali bahwa makanan kesukaan Osama mirip dengan mantab presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

“Kalau begitu, sama seperti dengan Obama ya, sukanya nasi goreng dan sate,” kata salah satu wartawan.

Sambil tersenyum, dubes menjawab, “Ya. Namanya juga kan mirip. Dia Obama, saya Osama,” kata Osama, yang kemudian diiringi tawa hadirin.

Usai bincang santai, Dubes mempersilahkan kepada para wartawan untuk menyantap makanan ringan, karena waktu berbuka telah tiba.

“Silahkan dimakan. Ada kurma, buah dan kopi Arab. Ini makanan asli Saudi,” ujar Osama.

Usai sholat maghrib berjamaah, para undangan menikmati hidangan yang disediakan oleh tuan rumah. Makanan yang disuguhkan adalah menu ala Saudi. Ada nasi mandhi, kambing guling, sambosa, sayuran, jus buah, dan lain-lain.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: moslemtoday

تعليقات
Loading...