إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

إندونيسيا وبيرو تتفقان على تكثيف الحوار لتوسيع وتعزيز التعاون الثنائي

Indonesia – Peru Sepakat Intensifkan Dialog untuk Memperluas dan Meningkatkan Kerja Sama Bilateral

- الإعلانات -

0 178

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  استقبل المدير العام للشؤون الأمريكية والأوروبية بوزارة الشؤون الخارجية الإندونيسية، محمد أنصار، المدير العام لشؤون آسيا وأوقيانوسيا بوزارة الخارجية البيروفية، إيلارد إسكالا سانشيز باريتو. ناقش الاجتماع الذي عقد في مكتب وزارة الخارجية الإندونيسية مختلف القضايا ذات الاهتمام المشترك (2/8).

وتم الاتفاق في الاجتماع على مواصلة الحفاظ على الحوار في شكل اجتماعات ثنائية التى عقدت بشكل مكثف في السنوات الثلاث الماضية. تميزت العلاقات في هذه الفترة بزيارات العمل المتبادلة بين وزيرة الشؤون الخارجية الإندونيسية إلى ليما في  23 مايو 2018.ووزير خارجية البيرو،في السنوات السابقة، عُقدت جلستان مشتركتان (SKB) ومنتديات للاستشارات الثنائية (FKB) في جاكرتا ( 2016) وفي ليما (2017). اتفق الطرفان على تنفيذ SKB و FKB في النصف الأول من عام 2019 سيعقد في إندونيسيا.

كما اتفق الطرفان على تشجيع أصحاب المصلحة المعنيين في كل بلد على الحوار من خلال الاجتماعات عبر الفيديو من أجل تحديد مختلف الفرص للتعاون الثنائي. ومن المأمول أن يساعد الحوار على حل القضايا وتطوير التعاون التجاري.

وفيما يتعلق بالتعاون التجاري، لدى الجانبين،فقد توصلا لفهم مشترك من أجل تفعيل اتفاقية التجارة الحرة على الفور بين إندونيسيا وبيرو في محاولة لزيادة التعاون في قطاع التجارة.

كما اتفق الطرفان خلال الاجتماع على تكثيف الحوار والتعاون في المنتديات متعددة الأطراف، خاصة في مجلس الأمن التابع للأمم المتحدة. الذي تعد إندونيسيا وبيرو عضوين غير دائمين في مجلس الأمن الدولي للفترتين 2019-2020 (إندونيسيا) و 2018-2019 (بيرو) على التوالي.

كما اتفق الطرفان على استغلال منتديات التعاون الإقليمية مثل منتدى التعاون الاقتصادي لآسيا والمحيط الهادئ وآسيان وحلف شمال المحيط الهادي لتعزيز التعاون، لا سيما في المجال الاقتصادي. وفي هذا الصدد، أعرب المدير العام محمد أنصار مرة أخرى عن دعم إندونيسيا لرغبة بيرو للانضمام إلى معاهدة الصداقة والتعاون في آسيان  (TAC).

وبهذه المناسبة، أبلغ إيلارد إسكالا أن حكومة بيرو عينت سفير بيرو في إندونيسيا، جوليو أرتورو كارديناس، كسفير لبيرو لدى آسيان ومقرها في جاكرتا.

لدى السفير إيلارد إسكالا علاقة خاصة مع إندونيسيا لأنه تم تعيينه أول مرة كسفير لبيرو في جاكرتا منذ عام 1994 إلى 2000. كانت هذه الزيارة هي أول زيارة عمل إلى إندونيسيا بعد أن شغل منصب المدير العام لآسيا وأوقيانوسيا.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: وزارة الخارجية الإندونيسية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Muhammad Anshor, menerima Direktur Jenderal Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Peru, Elard Escala Sanchez-Barreto. Pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Luar RI tersebut membahas berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama, (2/8).​

Dalam pertemuan telah disepakati untuk terus memelihara momentum dialog dalam bentuk pertemuan bilateral yang telah berlangsung intensif dalam kurun tiga tahun terakhir. Momentum penting dalam kurun waktu tersebut ditandai dengan kunjungan kerja Menteri Luar Negeri RI ke Lima pada tanggal 23 Mei 2018. Pada tahun-tahun sebelumnya telah dilaksanakan dua kali Sidang Komisi Bersama (SKB) dan Forum  Konsultasi Bilateral (FKB) masing-masing di Jakarta (2016) dan di Lima (2017). Kedua belah pihak sepakat pelaksanaan SKB dan FKB pada semester pertama 2019 akan diselenggarakan di Indonesia.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk mendorong stakeholders terkait di masing-masing negara untuk berdialog melalui video conference dalam rangka mengidentifikasi berbagai peluang kerja sama bilateral. Diharapkan dialog melalui video conference tersebut dapat membantu penyelesaian isu-isu dan rancangan kerja sama yang saat ini sedang berlangsung.

Khusus mengenai kerja sama perdagangan kedua belah memiliki pemahaman bersama mengenai perlunya untuk segera dibentuk suatu free trade agreement Indonesia – Peru dalam upaya meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan.

Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak juga sepakat untuk mengintensifkan dialog dan kerja sama di forum multilateral khususnya dalam kerangka kerja sama di Dewan Keamanan PBB. Saat ini Indonesia dan Peru menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB masing-masing untuk Periode 2019-2020 (Indonesia) dan 2018-2019 (Peru).

Kedua pihak juga sepakat untuk memanfaatkan forum kerja sama regional seperti APEC, ASEAN dan Aliansi Pasifik untuk meningkatkan kerja sama khususnya di bidang Ekonomi. Dalam kaitan ini Dirjen Muhammad Anshor kembali menyampaikan dukungan Indonesia terhadap keinginan Peru sebagai negara pihak dalam ASEAN Treaty of Amity Cooperation (TAC). Dalam kesempatan tersebut Dirjen Elard Escala menginformasikan bahwa Pemerintah Peru telah menetapkan Dubes Peru untuk Indonesia, Julio Arturo Cárdenas, sebagai Duta Besar Peru untuk ASEAN berkedudukan di Jakarta.

Duta Besar Elard Escala memiliki hubungan yang khusus dengan Indonesia karena pertama kali ditugaskan sebagai Duta Besar Peru adalah di Jakarta sejak 1994 s.d. tahun 2000. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan kerja pertama ke Indonesia setelah menjabat sebagai  Dirjen Asia dan Oseania.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal alSahiqi | Sumber:  kemenlu

(10)

تعليقات
Loading...
Click Me