الجيش الإندونيسي يكتشف 6 آلاف طن من الأرز فاسد

6.000 Ton Beras Busuk Ditemukan Tim Sergap TNI

0 598

جاكرتا، إندونيسيا اليومالجيش الإندونيسي يكتشف ستة آلاف طن من الآرز الفاسد في أحد المخازن التي تملكها شركة بولوج Bulog  في مقاطعة أوجان كوميرينغ أولو بسومطرة سيلاتان.

قال العقيد أجونج ويدودو، الخميس: “أثناء التفتيش في مخازن بولونج، اكتشف فريق التفتيش آلاف الأطنان من الأرز الفاسد، لقد تعفن الأرز حتى صدرت عنه رائحة العفن.”

و حسب أجونج فإن الستة آلاف طن من الأرز غير صالحة للاستخداد الآدمي. آلاف الأطنان من الأرز الذي حوته مخازن شركة بولوج من إنتاج عام 2015، وكانت في انتظار بيعها في مزاد علني.

قال العقيد أجونج: “لا توجد مشكلة مع هذا الأرز الفاسد. فلدينا بالفعل مشتبه به، و هو في السجن حاليًا بالفعل.”

و في سياق متصل كان رئيس شركة بولوج في المنطقة، ديني لاكسانا بوترا قد برر وجود 6 آلاف طن أرز فاسد في مخازن شركته. الأرز الذي كان سيباع في مزاد علني.

قال ديني: “هذا الأرز كان سيباع في مزاد علني، لكن لم يتم المزاد حتى الآن لأننا كنا نريد أن يكون المشاركون في المزاد من خارج المنطقة. حيث إن هذا الأرز يصلح فقط لأن يكون علفًا للحيوانات.”

يرى ديني أنه إذا كان المشاركون في المزاد من نفس المنطقة فإن هذا الأرز سيختلط و سيعود مرة أخرى إلى مخازن بولوج.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Tim Sergap Mabes TNI menemukan sebanyak 6.000 ton beras rusak atau busuk. Beras busuk itu ditemukan di gudang penyimpanan milik Bulog Sub Divre Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yang terletak di wilayah Kabupaten OKU Timur.

“Saat pemeriksaan di gudang bulog pada Rabu (23/1) tim sergap mendapati ada ribuan ton beras rusak, bahkan sudah berbau busuk,” kata Dandim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU), Letkol Arm Agung Widodo di Baturaja, Kamis.

Menurutnya 6.000 ton beras itu sudah tidak layak konsumsi. Ribuan ton beras busuk yang tersimpan di gudang Bulog itu kata dia, merupakan beras tahun 2015 yang tinggal menunggu proses lelang.

“Tidak ada masalah dengan beras tersebut, lagian juga masalah beras busuk ini sudah ada tersangkanya dan sudah dipenjara,” kata Dandim.

Sementara Kepala Bulog Sub Divre OKU, Deni Laksana Putra secara terpisah membenarkan adanya 6.000 ton beras busuk tertimbun di gudang bulog di wilayah Kabupaten OKU Timur yang saat ini masih dalam proses lelang.

“Namun proses lelang tersebut masih tersandung dengan aturan. Sebab, kami ingin proses lelang nanti pesertanya dari luar daerah karena beras hanya bisa untuk dijadikan pakan ternak saja,” kata Deni.

Menurut dia, jika peserta lelang tersebut berasal dari wilayah setempat kemungkinan besar beras yang tidak layak itu akan dioplos dan kembali masuk ke dalam gudang bulog.

Penerjemah: Momen Magdy | Siumber: REPUBLIKA

 

تعليقات
Loading...