المراقب: أرامل الإرهابيين في تفجير الكنائس بمدينة سورابايا

0 686

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – يزعم أن الجانية في انفجار الكنائس الثلاث في سورابايا هي أرملة الإرهابيين الذين قتلوا على أيدي الكتيبة الخاصة المناهضة للإرهاب. الدافع هو إظهار وجود جماعات إرهابية وإنشاء الفوضى في الأوضاع الاجتماعية والسياسية في إندونيسيا.

ويرى حارث أبو علياء، مراقب سياسي، أن الاعتقاد السائد لأن الشرطة والشاهد يقولان بأن الجانية من الأمهات التي تحمل الطفلين.

“هذه ليست قضية جديدة. كانت قضية العام الماضي خطة تفجير القنابل من قبل مرشحة العريس من النساء، وفي المجموعة الإرهابية من النساء كانت هناك أيضا بعض النساء اللاتي يستعدن أن يكن “زوجات للارهابيين. قال حارث في بيان مكتوب تلقته سي إن إن دوت كوم.

قال حارث، إذا ثبتت صحة الخبر بأن الجانية من النساء، فمن الممكن أن تكون الجانيات من أرامل الإرهابيين الذين قتلوا على أيدي الكتبية الخاصة لمكافحة الإرهاب.

“أو زوجات السجناء الإرهابيين أو أرامل من أعضاء داعش من إندونيسيا ماتوا في سوريا أو أولئك الذين فشلوا في المغادرة إلى سوريا أو المجندين الجدد”. قال الحارث.

بالإضافة إلى ذلك، يقول الحارث أن هذا الإجراء تبدو منظمًا بشكل جيد. وقال “أجريت مع مجموعات وشخصيات كثيرة وتخطط مسبقا. واختيار نفس المكان الذي هو كنيسة.”

وقد تم التخطيط للتفجير الانتحاري بعيدا، وفقا لحارث، فقط في انتظار الفرص. نفسيا، بالنسبة للجماعة الإرهابية، فإن فرصة ما بعد الشغب في ماكو بريموب هو الوقت المناسب.

“عادة يفهمون عندما يكون هناك ضحية من الشرطة لها أثر في المجموعة الإرهابية في الخارج حيث يكونون هدفا للاعتقال من قبل الكتبية الخاصة،” قال.

وهذا الوضع، وفقا لحارث، جعل الأرامل نفسية يقمن للقتال إذا كان هناك استعداد من قبل.

وأضاف حارث أن حالة الشغب في ماكو بريموب أصبحت شيقة بالنسبة لهذه المجموعة الإرهابية.

“لذا فإن قضية ماكو بريموب ليست هي السبب الرئيسي، لأنه إذا نظرنا إلى مسرح الجريمة، فإن العملية لا تكفي مع وقت قصير (عدة أيام) بعد حدوث شغب بماكو بريموب للإعداد،” على حد قوله.

وفقا لحارث، فإن تفجير القنبلة في سورابايا يتطلب تركيب القنابل بعناية.

“يتطلب الأمر من الناس الماهرين بتركيب القنابل بما في ذلك إعداد مواد القنابل، ناهيك عن استعداد الجانية، فكلها يحتاج إلى ما يكفي من الوقت والتخطيط الجيد”. قال.

يأمل حارث أن تجد الشرطة قريبا طرف الخيط لأن هناك العديد من الآثار المتروكة في مسرح الجريمة.

“هناك دراجة نارية وسيارة. من خلالها يمكن العثور عليها لمعرفة من هو الفاعل الحقيقي ويمكن كشفها من قبل الفاعل الحقيقي وراء الهجوم الانتحاري في سورابيا.” قال.

ويعتقد أن المضاربات ستنمو بلا شك على نطاق واسع في الأماكن العامة إذا لم يتم الكشف عن الجناة على الفور.

“هل هم في الحقيقة جماعة ارهابية أو شخص مجنون أو شخص منوم يستخدم في شن هجمات أو أشخاص غير مستقرين ويائسين ينتقمون رجال الأمن.” قال.

قال مؤسس مؤسسة لوحة السلام، نور هدى إسماعيل، إن السلطات لن تتمكن من منع هجمات القنابل مثل الهجمات في بعض الكنائس في سورابايا بسبب تغيير نمط التخطيط للهجوم ونمط انتشار الأيديولوجيات الراديكالية.

وقال نور هدى إن الهجمات تمت بسبب تشابه الأفكار دون أي أمر من القيادة.

وقال نور هدى “هذا الجهاد بلا زعيم هو فقط بسبب تشابه الأفكار”.

وأوضح أنه على الرغم من عدم وجود قادة أو أوامر، فقد تم التخطيط للعملية من قبل المجموعات من خلال تطبيقات المراسلة الفورية مثل تليغرام وواتسآب.

“من خلال وسائل التواصل الاجتماعي مثل تليغرام للتنسيق.” قال نور هدى.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: صحيفة سي إن إن إندونيسيا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Peledakan bom di tiga gereja di Surabaya diduga dilakukan oleh janda-janda teroris yang tewas di tangan Detasemen Khusus antiteror. Motifnya adalah menunjukkan eksistensi diri kelompok teror dan membuat kacau situasi dan kondisi sosial politik di Indonesia.

Pengamat Terorisme Harits Abu Ulya berpendapat, dugaan tersebut muncul karena polisi dan saksi menyebut pelaku adalah wanita dan membawa anak-anak.

“Ini bukan hal baru. Kasus tahun lalu rencana bom panci calon pengantin adalah wanita, dan di kelompok teror para wanita juga ada beberapa yang siap menjadi ‘pengantin'” kata Harits dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia.com.

Kata Harits, jika benar terbukti wanita, maka kemungkinan mereka adalah para janda dari terduga teroris yang tewas di tangan Densus.

“Atau istri dari para narapidana teroris, atau janda dari para anggota ISIS asal Indonesia yang tewas di Suriah, atau mereka yang gagal berangkat ke Suriah atau rekrutan baru,” kata Harits.

Selain itu, Harits mengatakan aksi ini terlihat terorganisir dengan baik. “Dilakukan melibatkan kelompok, banyak individu, dan telah direncanakan jauh hari. Pemilihan tempat yang semua sama yaitu gereja,” katanya.

Aksi bom bunuh diri itu, menurut Harits, sudah diplot jauh hari, cuma tinggal nunggu momentum saja. Secara psikis, bagi kelompok teror, momentum paska kerusuhan di Mako adalah moment tepat.

“Biasanya mereka paham, ketika ada korban dari pihak polisi maka dampaknya kelompok mereka yang masih di luar akan menjadi target pengkapan sampai dengan resiko kematian di tangan Densus,” katanya.

Kondisi seperti itu, menurut Harits, membuat para janda secara psikis bisa nekat untuk melawan jika sudah ada persiapan sebelumnya.

Harits menambahkan kasus kerusuhan di Mako Brimob menjadi sesuatu yang menggairahkan bagi kelompok teror ini.

“Jadi kasus Mako Brimob bukan menjadi pemicu utama, karena jika melihat TKP, aksi tersebut tidak cukup dengan waktu singkat (beberapa hari) paska rusuh mako Brimob untuk menyiapkan,” katanya.

Menurut Harits, aksi peledakan bom di Surabaya membutuhkan perakitan bom dengan cermat. “Butuh orang yang punya skill merakit bom termasuk penyiapan bahan bom. Belum lagi kesiapan calon pengantinnya. Semua butuh waktu yang cukup dan terencana dengan baik,” katanya.

Harits berharap polisi segera menemukan titik terang, karena di TKP banyak jejak ditinggalkan. “Ada motor, mobil. Dari sana bisa ditelusuri untuk menemukan siapa sebenarnya pelaku. Dan bisa diungkap aktor dibalik serangan bom bunuh diri Surabya,” katanya.

Dia meyakini spekulasi pasti akan berkembang liar di publik jika pelaku tidak segera terungkap.

“Apakah benar-benar mereka kelompok teroris atau orang gila atau orang yang dihipnotis dimanfaatkan untuk lakukan serangan, atau orang-orang yang labil dan putus asa yang punya rasa dendam kepada aparat,” katanya.

Sebelumnya Pendiri Yayasan Prasasti Perdamaian Noor Huda Ismail mengatakan pihak berwenang tidak akan bisa mencegah serangan bom seperti yang terjadi di sejumlah gereja di Surabaya karena ada perubahan pola perencanaan serangan dan pola penyebaran ideologi radikal.

Noor Huda mengatakan serangan-serangan yang terjadi ini dilakukan karena kesamaan ide tanpa ada perintah dari pimpinan.

“Ini leaderless jihad hanya karena kesamaan ide,” kata Noor Huda.

Dia menjelaskan meski tidak ada pemimpin atau perintah, perencanaan aksi itu dilakukan oleh kelompok-kelompok melalui aplikasi pesan instan seperti Telegram dan Whatsapp.

“Dengan medsos terutama telegram mereka berkoordinasi,” ujar Noor Huda.

Translated by: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Source: cnnindonesia.

تعليقات
Loading...