إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

المرشح الرئاسي إيدي – موسى يفوز في انتخاب رئاسة محافظة سومطرة الشمالية

Pasangan Edy-Musa Menangkan Pemilihan Gubernur Sumut

- الإعلانات -

0 149

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  تم الإعلان عن فوز إدي رحمايدي-موسى راجيكشاه في انتخاب حاكم ونائب حاكم محافظة سومطرة الشمالية عام 2018 على أساس فرز الأصوات الذي تجريه لجنة الانتخابات العامة على مستوى المحافظة.

في الجلسة العامة التى عقدت في أحد الفنادق في ميدان، ليلة الأحد، فاز إدي رحمايدي-موسا (إيراماس) بالحصول على 3,291,137 صوت (57,57 في المائة). وحصل المرشح الرئاسي جاروت سيف الهدايات – سهار سيطاروس (جوس) على 2,424,960 صوت (42,43في المائة).

ووصل عدد الأصوات التالفة في عملية فرز الأصوات التى حضرها مفوض لجنة الانتخابات العامة من 33 مدينة / منطقة في محافظة سومطرة الشمالية إلى 90,770 صوت.

وفقا للمصدر فاز إدي رحميادي-موسى راجيكشاه في 17 مدن/منطقة، في  حين فاز المرشح  جاروت سيف الهدايات –سهار سيطاروس في 16 مدينة/منطقة.

وكذلك، فاز المرشح الرئاسي إدي – موسى بالكثير من الاصوات في المناطق ذات الكثافة السكانية العالية،وبالتالي تتميز بعدد كبير من الناخبين مثل مدينة ميدان، وحي ديلسي دانج، ولانجكا ، وسيردانج بيداجاي، ولابوهان باتو.

وشهد عضو لجنة الانتخابات العامة محافظة سومطرة الشمالية ماناهان سيليتونغا، على العدد النهائي للتصويت الذي أجري في 27 يونيو 2018، بحضور كافة المرشحين.

في الجلسة العامة، تساءل دامي تبينغ كواحد من فريق الفوز عن المرشح جاروت- سهار عن الاختلاف في بيانات عدد الناخبين مثل ما في قائمة الناخبين الدائمين.

وأشار إلى قائمة الناخبين الدائمين لانتخاب الحاكم في مدينة باتوبارا الذي بلغ عددهم 288,181 صوت، إلا أن نتيجة فرز الأصوات وصلت  288,221 صوت.

وأوضح مفوض لجنة الانتخابات العامة من مدينة باتوبارا أن الفرق نشأ بسبب خطأ عملية حساب الأصوات.

ومن ثم تأجلت الجلسة العامة حتى ليلة الأحد للاستراحة مع عمل تطابق البيانات.

كما شككت هيئة مراقبة الانتخابات العامة (باواسلو) في انتخاب الحاكم عام 2018 بسبب الحصول على اليبانات التى تدل على أن بعض السكان لم يتمكنوا من التصويت لأنهم لم يحصلوا على نموذج سي-6.

وكانت انتخابات اختيار الحاكم ونائب الحاكم لمحافظة سومطرة الشمالية جرت وشارك فيها المرشحين، إدي رحميادي – موسى راجيكشاه (رقم 1)، بدعم من حزب الأمانة الوطنية وحزب العدالة والرفاهية وحزب الوطني الديمقراطي وحزب جولكار وحزب ضمير الشعب وحزب جيريندرا.

وأما المرشح الرئاسي رقم 2، جاروت سيف الهدايات-سهار سوطاروس بدعم من حزب الديمقرادي الإندونيسي –النضال.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: وكالة أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dinyatakan sebagai pemenang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara tahun 2018 berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum Provinsi.

Dalam rapat pleno yang berlangsung di salah satu hotel berbintang di Medan, Minggu malam, pasangan Edy Rahmayadi-Musa (Eramas) meraih 3.291.137 suara 57,57 persen. Sedangkan pasangan Djarot Saiful HidayatSihar Sitorus (Djoss) meraih 2.424.960 suara atau 42,43 persen.

Dalam penghitungan suara yang dihadiri komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari 33 kabupaten/kota di Sumut itu, tercatat adanya suara tidak sah yang mencapai 90.770 suara.

Dari perbandingan asal suara, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah memang di 17 kabupaten/kota, sedangkan pasang Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus unggul di 16 kabupaten/kota.

Namun, pasangan Edy-Musa banyak meraih kemenangan di daerah yang memiliki pemilih cukup besar seperti Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Langkat, Serdang Bedagai, dan Labuhan Batu.

Anggota KPU Sumut Benget Manahan Silitonga mengatakan, untuk menyaksikan penghitungan akhir dari pemungutan suara yang digelar pada 27 Juni 2018 tersebut, pihaknya mengundang kedua pasangan calon.

Namun, kedua pasangan calon tersebut hanya mengutus para tim pemenangan untuk menghadiri rapat pleno.

Dalam rapat pleno itu, Dame Tobing sebagai salah satu tim pemenangan pasangan Djarot-Sihar mempermasalahkan adanya ketidaksesuaian data pemilih sebagaimana daftar pemilih tetap (DPT).

Ia mencontohkan DPT untuk pemilihan gubernur di Kabupaten Batubara yang berjumlah 288.181 jiwa, namun dalam rekapitulasi itu justru menjadi 288.221 suara.

Komisioner KPU dari Kabupaten Batubara menjelaskan perbedaan itu muncul karena adanya kekhilafan dalam penghitungan suara.

Rapat pleno tersebut sempat ditunda hingga Minggu malam untuk rehat sambil melakukan sinkronisasi data.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga mempermasalahkan penyelenggaraan pemilihan gubernur tahun 2018 karena menemukan fakta banyaknya warga tidak dapat menggunakan hak pilih karena tidak mendapatkan formulir C-6.

Pilkada Sumatera Utara digelar pemilihan gubernur dan wagub yang diikuti dua pasangan calon yakni pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (nomor urut 1) yang didukung PAN, PKS, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Gerindra.

Sedangkan nomor urut 2 adalah pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang didukung PDI Perjuangan dan PPP.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal alSahiqi | Sumber:  Antara

(13)

تعليقات
Loading...
Click Me