تعرف على جمال جزيرة نونجكات بشمال إندونيسيا

Kemolekan Pulau Nongkat, Pemikat Wisata Bahari di Utara Indonesia

0 390

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – جزر أنامباس تعتبر أصغر منطقة في مقاطعة جزر رياو، والتي مساحتها البحرية أوسع من برها. فليس من الغريب إذا أصبح جمال ساحلها من أكثر ما يختاره السياح  الراغبين بقضاء العطلة في جزر أنامباس.

 

لا تملك المنطقة، التي أصبحت بوابة للحدود الشمالية لإندونيسيا، محيط واسع وشاطئ جميل فقط، بل تخفي أيضًا مليون وجه للجمال الطبيعي في الجزر الصغيرة، التي منها الخالية من السكان ومنها المأهولة.

 

تحاول محطة الاعلام كيبريبيديا (Kepripedia) تتبع إحدى الوجهات السياحية المميزة في جزر أنامباس، وهي جزيرة نونغكات، التي لا تزال عذراء بجمالها الطبيعي لم يمسها شيء. الجو الهادئ والمريح في جزيرة نونغكات هو السبب الذي يجعل الناس يصطحبون عائلاتهم لقضاء عطلة هناك.

 

التناغم المبهر بين صفاء ونظافة البحيرة في جزيرة نونغكات مع قطع الصخور المنتظم بشكل عشوائي حول الساحل. حيث تنتظم أحجام مختلفة من الصخور لمواجهة الأمواج الآتية من البحر، مثل القلاع الطبيعية التي تكون منها بحيرة هادئة. هذه هي خاصية الجمال الساحر هناك.

صمود الصخور أمام الأمواج يجعل الأمواج ودودة عندما تلامس رمال الساحل البيضاء الناعمة. و هذا يجعل الزوار، سواء الأطفال والكبار ، لا يترددون بالقفز في الماء من أعلى الصخور.

 

تقفز وتصرخ في نفس الوقت، رام بنفسك بكل خضوع، للغوص في مياه البحر الجميلة.

 

حارس الجزيرة

أبوزال، أحد سكان قرية بوتيك، يعتبر حارس هذه الجزيرة الجميلة. يعيش أبو زال مع أسرته، يقيم  بمنزل صغير تم تجهزه له. قال إن هذا الموقع السياحي هو الوجهة المفضلة للسكان المحليين لقضاء العطلة، خاصة خلال عطلة العيد.

 

منذ قبل العيد بيوم  إلى اليوم السادس من العيد، يأتي الناس من مختلف الجهات إلى جزيرة نونغكات. يأتون مع أسرهم وأصدقائهم.

 

يقول أبوزال: “يأتي السكان هنا في مجموعات تستخدم قواربهم البحرية أو الدراجات البحرية لقضاء العطلات. في العيد يكون الزوار أكثر. الأمر أصبح شبه تقليد، كل عام يأتي الزوار للتنزه مع أسرهم وأصدقائهم “.

 

منزل دانينا

توفر جزيرة نونجكات (Nongkat Island) أماكن إقامة مريحة. تصطف البيوت البيضاء على الشاطئ. هناك مايقارب 6 فيلات أو كوتيج تمكن أن تسكنها. تم افتتاح هذه الأكواخ أو الفيلات حديثًا في الشهر الماضي.

 

تعرف الإستراحة بـ(دانينا Dhanina). سميت وفقًا لمالكتها التي هي من أم إندونيسية متزوجة من أجنبي.

 

قالت: “أنشأت منذ عشر سنوات. ولكن تم افتتاحها فقط منذ شهر واحد. و الذي جعل المدة طويلة هو أننا ننشأها ببطء كل عام. للزوار الذين لا يبيتون فيمكنهم اللعب في المنطقة المحيطة بالشاطئ فقط وغير مسموح لهم بالدخول والاقتراب من الاستراحة “.

 

طليت الإستراحة باللون الأبيض وفقًا للألوان الاستوائية، تم تصميم مبنى المنزل خصيصًا للترفيه عن الضيوف أو استراحة شخصية. على الرغم من وجوده بعيدًا عن المناطق السكنية، إلا أن المرافق مكتملة تمامًا. تتكون من مجموعات المولدات و مرافق المياه النظيفة. تبلغ تكلفة الإقامة 2.5 مليون روبية لليلة.

 

للذهاب إلى جزيرة نونغكات، يمكننا استخدام قارب سريع من تاريمبا، ويستغرق السفر حوالي 30 دقيقة، وتكلفته 300000 روبية. للذين يريدون المجيء واللعب في المياه، لا تنسوا العثور على أفضل زاوية لالتقاط الصور التذكارية.

 

جوها المريح والمتناغم مع جمال الطبيعة تجعلانك تشعروكأنك بالمنزل ولا ترغب بالمغادرة.

 

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: مؤمن السيفي | المصدر: كومباران


Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan Riau yang wilayah lautannya lebih luas daripada daratannya. Tak heran, bila pesona wisata bahari kerap menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Kepulauan Anambas.

Kabupaten yang menjadi gerbang pembatas sebelah utara NKRI ini tidak hanya memiliki lautan yang luas dan hamparan pantai yang indah, tetapi juga menyimpan sejuta keindahan alam yang terdiri dari pulau-pulau kecil, baik yang kosong maupun yang berpenghuni.

Kepripedia mencoba menyusuri salah satu destinasi wisata unggulan di Kepulauan Anambas, yakni Pulau Nongkat, yang keindahan alamnya masih perawan dan belum terjamah. Suasana tenang dan nyaman di Pulau Nongkat adalah alasan orang-orang membawa serta keluarganya untuk berlibur di sana.

Kemolekan laguna di Pulau Nongkat yang jernih dan bersih berpadu cantik dengan bongkahan bebatuan yang tersusun acak mengitari sekitar pantai. Bebatuan yang beraneka ukuran saling bertautan menghadang gelombang ombak dari laut lepas, bak benteng alam yang menciptakan laguna yang tenang. Inilah ciri khas keindahan menawan di sana.

Pertahanan batu-batu itu sanggup membuat gulungan ombak menyerah, dan jadi bersahabat saat menyentuh pasir putih yang lembut di bibir pantai. Hal ini membuat para pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa, tidak sungkan-sungkan untuk menerjunkan diri ke air dari atas bebatuan.

Melompat sambil berteriak, menyeburkan diri dengan pasrah, dan menyelami hamparan air laut yang indah itu.

Penjaga Pulau

Abuzal, warga Desa Putik, adalah penjaga pulau elok ini. Abuzal tinggal bersama keluarganya, menempati sebuah rumah kecil yang memang telah disediakan. Ia mengatakan, lokasi wisata ini adalah destinasi favorit warga sekitar untuk berlibur, terutama saat libur Lebaran.

Sejak H+1 Lebaran hingga H+6, masyarakat dari berbagai penjuru berdatangan ke Pulau Nongkat. Mereka mengajak serta keluarga dan teman-temannya.

“Warga di sekitar sini datang beramai-ramai menggunakan kapal atau motor laut milik mereka untuk liburan. Kalau Lebaran pengunjungnya akan lebih ramai. Karena sudah seperti tradisi tiap tahun untuk jalan-jalan bersama keluarga dan teman-teman mereka,” imbuh Abuzal.

Rumah Dhanina

Pulau Nongkat juga menyediakan penginapan yang cukup nyaman. Rumah-rumah berwarna putih berderet di bibir pantai. Terdapat sekitar 6 vila yang bisa dihuni. Cottage atau villa ini baru saja beroperasi sekitar satu bulan terakhir.

Rumah peristirahatan ini bernama Dhanina. Nama tersebut berasal dari nama sang pemilik yang merupakan seorang perempuan Indonesia yang bersuamikan ekspatriat.

“Untuk pembangunan sudah dilakukan dari sepuluh tahun yang lalu. Tapi, baru berjalan satu bulan ini. Yang membuat lama itu, kita bangun secara pelan-pelan untuk tiap tahunnya. Kalau pengunjung yang tidak menginap hanya bisa bermain di area sekitar pantai saja. Tidak diizinkan masuk di dekat penginapan,” ucapnya.

Dengan nuansa tropikal bercat serba putih, bangunan rumah tersebut khusus dibuat untuk menjamu tamu atau peristirahatan pribadi. Walau keberadaannya jauh dari permukiman warga, tetapi fasilitasnya ada cukup lengkap. Mulai dari generator set hingga fasilitas air bersih. Biaya menginapnya sebesar Rp 2,5 juta per malam.

Untuk menuju ke Pulau Nongkat, kita dapat menggunakan speedboat dari Tarempa, dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit, dan biaya Rp 300.000 per sekali jalan. Bagi Anda yang ingin datang dan bermain dalam air yang dangkal, jangan lupa temukan sudut terbaik untuk mengabadikan keberadaanmu.

Suasana nyaman yang berbalut keindahan alam dapat membuat Anda betah dan tidak ingin cepat pulang ke rumah.

 

تعليقات
Loading...