تم توصيل طريق ترانس بابوا كليا

Jalan Trans Papua Tersambung Seluruhnya

0 302

جاكرتا، إندونيسيا اليوم– طريق ترانس بابوا الغربية على طول 1.070.62 كيلومتر قد اتصل كليا. وقال وزير الأشغال العامة وإسكان الشعب باسوكي هادموليونو إن وجود هذه الطريق سيقلل ارتفاع أسعار السلع ويقلل من فجوة التنمية والتطوير.

“بدأ الناس يشعرون بفوائد طريق ترانس بابوا وطريق حدود بابوا. بالرغم من أن المواصلات لم تزل قليلة”. قال ذلك في بيان صحفي يوم الثلاثاء،  (27/2).

ومع ذلك، يمكن للمقيمين الذين سافروا في السابق عبر تضاريس صعبة ومستغرقة للوقت لكن اليوم أسهل بكثير. ويستطيع المقيمين أن يقطعوا المسافات بهذه الطريق.

وينقسم طريق بابوا الغربية إلى قسمين، وهما الجزء الأول سورونغ-مايبرات-مانوكواري (594.81 كم). ويربط هذا الجزء من الطريق بني مركزين اقتصاديين في بابوا الغربية هما سورونغ ومانوكواري ويمكن الوصول إليهما في 14 ساعة. ويرتبط هذا الجزء من الطريق أيضا بميناء عرر كميناء طريق طول البحرية، وهي جزء من المنطقة الاقتصادية الخاصة لسورونغ.

وقال :”إن الطريق 77 في المئة معبدة والباقي لا يزال رصيفا على طول 134.88 كم”. وأضاف أنه لا يزال بحاجة إلى تحسين طريق هندسي على طول 29.5 كم.

وفي الوقت نفسه، نجح الجزء الثاني من مانوكواري – ماميه – واسيور – والحد لمنطقة بابوا في ديسمبر 2017. ومن طول 475،81 كم فالطريق المعبدة على طول 145.41 كم، أما 330.41 كم رصيف الأراضي، والتي في تحسين الطرق الهندسية هي 38.24 كم.

على الرغم من أنه كان متصلا تماما، فإن ذلك لا يعني بناء طريق ترانس من دون عقبات. فإن التحديات التي تواجه تطوير الطرق العابرة / ترانس في كل من بابوا أو بابوا الغربية هي ظروف طبيعية حيث إنها لا تزال في شكل غابات وجبال وعوامل مناخية. كما أن توافر مواد البناء محدود في بابوا، ولكنها لا تزال تسعى إلى إعطاء الأولوية لاستخدام المواد المتاحة في جزيرة بابوا.

وقال رئيس الوكالة الوطنية لتنفيذ الطرقXVII (BPJN) يوهانيس تولاك تودينغرارا أن هذا العام خصصت أموال لترانس بابوا الغربية تقدر بحوالي 950 مليار روبية. كما تستخدم الأموال لتشييد وبناء الطرق أيضا لصيانة عدد من الجسور..

وبحلول نهاية عام 2017، بلغت عدد الجسور التي يتعين بناؤها 125 جسرا أو ما يعادل 3.350 مترا. وبناء الجسر شبه دائم باستخدام جسر بيلي أو جسر خشبي. وقال تولاك :”إننا نستهدف إنجازها في عام 2019. وفي هذا العام قمنا بتطوير بناء 60 جسرا سوف تنطوي أيضا بوسجاتان للتوجيه”.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Jalan Trans Papua Barat sepanjang 1.070,62 kilometer tersambung seluruhnya. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan trans tersebut akan menurunkan tingkat kemahalan harga barang-barang dan mengurangi kesenjangan pembangunan.

“Masyarakat sudah mulai merasakan manfaat keberadaan Jalan Trans Papua dan Jalan Perbatasan Papua. Meskipun kendaraan yang melintas masih sedikit,” katanya melalui siaran pers, Selasa (27/2).

Kendati demikian, penduduk yang sebelumnya berjalan kaki melalui medan yang sulit dan memakan waktu lama, kini bisa lebih mudah. Penduduk dapat memangkas waktu perjalanan dengan melewati jalur tersebut.

Jalan Trans Papua Barat terbagi menjadi dua segmen yaitu segmen I Sorong-Maybrat-Manokwari (594,81 km). Ruas jalan ini menghubungkan dua pusat ekonomi di Papua Barat yakni Kota Sorong dan Manokwari yang dapat ditempuh dengan waktu 14 jam. Ruas jalan ini juga terhubung dengan Pelabuhan Arar sebagai pelabuhan tol laut, bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong.

“Kondisinya 77 persen sudah beraspal dan sisanya masih berupa perkerasan tanah sepanjang 134,88 km,” ujar dia. Ia menambahkan, masih diperlukan perbaikan geometrik jalan sepanjang 29,5 km.

Sementara segmen II Manokwari-Mameh-Wasior-Batas Provinsi Papua telah berhasil tembus pada Desember 2017. Dari panjang 475,81 km, kondisi beraspal sepanjang 145,41 km, perkerasan tanah 330,41 km dan perlu perbaikan geometrik jalan sepanjang 38,24 km.

Meski telah tersambung seluruhnya, bukan berarti pembangunan jalan trans tanpa kendala. Tantangan dalam pembangunan jalan trans baik di Papua maupun Papua Barat adalah kondisi alam yang masih berupa hutan, pegunungan dan faktor cuaca. Ketersediaan material konstruksi juga terbatas di Papua, namun pihaknya tetap berupaya keras mengutamakan pemanfaatan material yang tersedia di Pulau Papua.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XVII Yohanis Tulak Todingrara mengatakan pada tahun ini mengalokasikan dana penanganan Trans Papua Barat sebesar Rp 950 miliar. Dana tersebut selain untuk pembangunan jalan juga digunakan untuk pembangunan dan pemeliharaan sejumlah jembatan.

Hingga akhir 2017, jumlah jembatan yang butuh dibangun atau ditangani berjumlah 125 jembatan atau setara 3.350 meter. Pembangunan jembatan bersifat semi permanen menggunakan jembatan bailey atau jembatan kayu. “Kami targetkan bisa selesai tahun 2019. Pada tahun ini sudah kita tangani pembangunan sebanyak 60 jembatan yang juga akan melibatkan Pusjatan untuk pendampingan,” ujar Tulak.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.