دين شمس الدين يقابل فضيلة الشيخ عبد الله بن بيه

Din Syamsuddin Temui Syekh Abdullah Bin Bayyah

0 839

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  المبعوث الخاص للرئيس الإندونيسي للحوار والتعاون بين الأديان والحضارة، دين شمس الدين، يلتقي مع أحد علماء العالم، الشيخ عبد الله بن بيه في أبو ظبي.

وحسب البيان الصحفي  من جاكرتا، يوم الاثنين (12/3). قدم دين شمس الدين في لقائه  بالسفير الإندونيسي لدى الإمارات العربية المتحدة، حسين باجيس، دعوة  من الرئيس الإندونيسي إلى الشيخ عبد الله لحضور مؤتمر العلماء والمفكرين المسلمين في العالم في التاريخ 1-3 مايو 2018، في بوقور.

وخلال الاجتماع، أوضح دين شمس الدين أن اندونيسيا، وخاصة المسلمين، قد طبقوا مبادئ الإسلام المعتدلة، سواء في حياة المجتمع والأمة.

“نظام دولة إندونيسيا على أساس البانشاسيلا ودستور عام 1945 وهو يعكس قيم الإسلام المعتدل.” قاله دين شمس الدين كما نشرته صحيفة أنتارا.

وأعرب الشيخ عبدالله بن بيه عن تقديره لدعوته في قمة بوجور القادمة.

كما أثنى على المسلمين الإندونيسيين، المعروفين دائماً أنهم يظهرون الإسلام على أنه دين الرحمة والسلام. وبحسبه، يمكن للمسلمين الإندونيسيين أن يكونوا مثالا للمسلمين في البلدان الأخرى.

قمة بوجور التي نظمتها الحكومة الاندونيسية جزء من الجهود الرامية إلى تعريف إندونيسيا في تطبيق الإسلام المعتدل في جميع أنحاء العالم. وسيحضر قمة بوجور ما يقرب من 50 من العلماء والمفكرين المسلمين من جميع أنحاء العالم.

والشيخ عبد الله بن بيه مدعو لحضور القمة لمكانته من أحد العلماء البارزين في العالم ويشغل حاليا منصب رئيس منتدى تعزيز السلم في المجتمعات الإسلامية ومقره في أبو ظبي.

وأثناء الزيارة، أخذ دين شمس الدين بعض الوقت للقاء الإندونيسيين في بيت السفير الإندونيسي في أبو ظبي.

في هذه المناسبة، ناقش دين شمس الدين مع المجتمع الإندونيسي عددا من القضايا، بما في ذلك المفهوم الإسلامي المعتدل الذي تروج له إندونيسيا والتحديات التي تواجه العالم الإسلامي حاليًا.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة ميراه بوتيه

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin menemui salah satu tokoh ulama besar dunia Syekh Abdullah Bin Bayyah di Abu Dhabi.

Seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (12/3), Din Syamsuddin yang pada pertemuan tersebut didampingi Duta Besar RI untuk Persatuan Emirat Arab Husin Bagis, menyampaikan langsung undangan dari Presiden RI kepada Syekh Abdullah untuk menghadiri Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia pada 1-3 Mei 2018 di Bogor.

Dalam pertemuan tersebut, Din Syamsuddin menjelaskan bahwa Indonesia, khususnya umat Islam, sudah mengamalkan prinsip Islam yang moderat, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dan bernegara.

“Sistem kenegaraan Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 mencerminkan nilai-nilai Islam yang moderat,” kata Din Syamsuddin dilansir Antara.

Shyekh Abdullah Bin Bayyah menyampaikan apresiasi atas undangan acara KTT Bogor yang akan datang.

Dia juga memuji umat Islam Indonesia, yang dikenal selalu menampilkan Islam sebagai agama kasih sayang dan perdamaian. Menurut dia, umat Islam Indonesia dapat menjadi contoh bagi umat Islam di negara-negara lainnya.

KTT Bogor yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia merupakan bagian dari upaya mempromosikan pengalaman Indonesia dalam mengembangkan Islam moderat ke seluruh dunia. KTT Bogor tersebut akan dihadiri oleh sekitar 50 ulama dan cendikiawan Muslim dari berbagai belahan dunia.

Shyaikh Abdullah Bin Bayyah diundang untuk hadir dalam KTT dimaksud mengingat ia adalah tokoh ulama terkemuka di dunia yang juga saat ini menjadi Presiden Forum Promosi Perdamaian di Masyarakat Muslim, yang kantornya berada di Abu Dhabi.

Di sela-sela kegiatan kunjungan itu, Din Syamsuddin juga menyempatkan diri bertemu dengan sejumlah masyarakat Indonesia di Wisma Duta di Abu Dhabi.

Pada kesempatan tersebut, Din dan warga Indonesia yang hadir berdialog membahas sejumlah hal, antara lain konsep Islam moderat yang dipromosikan Indonesia dan berbagai tantangan yang saat ini tengah dihadapi dunia Islam.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Merah Putih

 

تعليقات
Loading...