إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

زيارة كاريمون جاوا عبر الخطوط الجوية

Wisata ke Karimunjawa Kini Bisa Melalui Jalur Udara

384

جيبارا، إندونيسيا اليوم – تم افتتاح مسار رحلة الطيران التجاري من مطار أحمد ياني الدولي سيمارانج إلى مطار ديوادارو، جزر كاريمون جاوا، مديرية جيبارا، رسميا للجمهور. ستسهل هذه الرحلة بالتأكيد إمكانية وصول السياح الذين يستخدمون الممر البحري.

وقال المدير العام للنقل الجوي بوزارة المواصلات، أغوس سانتوسو، في جزر كاريمون جاوا، مديرية جيبارا، الأحد أمس، “إنه تم افتتاح مسار رحلة الطيران الجديد سيمارانج – كاريمون جاورا. وبداية من هذا اليوم سيحمل الخطوط الجوية النامية الركاب بطائرة من طراز أي تي آر 72-600.”

وأوضح أغوس أن مطار ديوادارو كان مبرمجًا للطيران الصغير الذي يسهّل للمجتمع الذين يعيشون في القرى النائية وفقًا لبرنامج نواشيتا (تسع أمنيات) للرئيس جوكوي ودودو وهي البناء من الحواف التي تنقصها الاتصال.

وأضاف أغوس في افتتاح الرحلة الأولى لطيران نام سيمارانج – كاريمون جاوا في مطار ديوادارو، “لكن الطيران الصغير توقف بعد ذلك لكثرة السياح الأجانب الذين يركبون على متنه”.

يشكر أغوس لشركة الطيران نام لأنها توفر الآن مسار رحلة الطيران التجارية من سيمارانج إلى كاريمون جاوا بثلاث مرات من الرحلات الجوية في الأسبوع وهي الأربعاء، الجمعة، الأحد. آملا أن يكون مطار ديوادارو  بوابةً لتنمية منطقة جزر كاريمون جاوا.

وأضاف قائلا، ” اليوم، وقد جعلت شركة الطيران نام الكبرى مع حسها التجاري مطار ديوادارو مكاناً محتملاً وتجاريًا.”

كما يأمل سري بريونو، سكرتير محافظة جاوا الوسطى، أن يدعم مجتمع جزيرة كاريمون جاوا جهود الحكومة في تطوير السياحة بالمنطقة، مع الحفاظ على الظروف المواتية فيها. وقال “أترك الوصية لمجتمع هذه المنطقة أن يدعموا ويحافظوا على الأوضاع المواتية بكاريمون جاوا ويتحدثون معًا عن أمنها واستقرارها”

وفيما يتعلق بتطوير مطار ديوادارو، ذكر السكرتير سري بريونو، أن حكومة جيبارا قد أعدت 400 متر من الأراضي لتمديد المدرج لهبوط الطائرات الكبيرة. متوقعاً أن يؤثر هذا التطوير تأثيرا مضاعفاً على النمو الاقتصادي لمنطقة كاريمون جاوا ومحافظة جاوا الوسطى.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا


Jepara, Indonesiaalyoum.com – Rute penerbangan komersial dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ke Bandara Dewadaru, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, resmi dibuka untuk umum. Penerbangan ini pastinya akan mempermudah aksesibilitas wisatawan yang biasanya menggunakan jalur laut.

“Rute penerbangan baru Semarang-Karimunjawa yang dibuka mulai hari ini dilayani oleh NAM Air dengan menggunakan pesawat terbang jenis ATR 72-600,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Ahad  kemarin.

Ia menjelaskan, bahwa Bandara Dewadaru semula diprogramkan untuk penerbangan perintis guna memfasilitasi masyarakat yang tinggal di pedalaman sesuai dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo. Yaitu, membangun dari pinggiran yang masih minim konektivitasnya.

“Namun kemudian penerbangan perintis tersebut dihentikan karena banyak turis asing yang ikut menumpang,” ujarnya saat pembukaan penerbangan perdana NAM Air Rute Semarang-Karimunjawa di Bandara Dewadaru.

Ia mengapresiasi maskapai penerbangan NAM Air kini menyediakan rute penerbangan komersial Semarang-Karimunjawa dengan frekuensi tiga kali penerbangan dalam satu pekan yaitu pada Rabu, Jumat, Minggu. Agus berharap, Bandara Dewadaru dapat menjadi pintu gerbang pengembangan wilayah Kepulauan Karimunjawa.

 “Hari ini perusahaan besar NAM Air dengan sense of business-nya menjadikan Bandara Dewadaru sebagai tempat potensial dan diterbangi secara komersial,” katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono juga berharap, masyarakat Kepulauan Karimunjawa mendukung upaya pemerintah dalam pengembangan pariwisata di wilayah tersebut, sekaligus menjaga situasi kondusif wilayahnya. “Saya titip masyarakat sini betul-betul mendukung dan menjaga situasi kondusif Karimunjawa, ono rembuk ya dirembuk,” ujarnya.

Terkait dengan pengembangan Bandara Dewadaru, kata Sekda, Pemerintah Kabupaten Jepara telah menyediakan lahan sepanjang 400 meter untuk perpanjangan landasan pacu agar bisa didarati pesawat berukuran besar. “Kami berharap pengembangan pariwisata ini multiplier effect-nya pada pertumbuhan ekonomi Karimunjawa dan Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares Al-Badr | Sumber: Republika

(23)

تعليقات
Loading...
Click Me