ساندياغا أونو يحوّل عملة الدولارات إلى الروبية

Sandiaga lakukan aksi tukar uang dolar ke rupiah

0 1٬103

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قام المرشح لمنصب نائب الرئيس الإندونيسي، ساندياغا صلاح الدين أونو، بصرف أصوله المقومة بالدولار الأمريكي إلى الروبية في صرافة “دوا سيسي” في بلازا سينايان، جيليورا، جاكرتا، يوم الخميس.

وقد قام بصرف 1000 دولار أمريكي رمزيًا وحصل على سعر صرف حوالي 14,700 روبية لكل دولار أمريكي.

وقال معبراً عن رأيه: “آمل أن يتبعني أيضاً من هو أعلى مني في قيادة الجمهورية، ابتداء بالرئيس ثم رجال الأعمال، وكذلك الأمهات، والشباب، وكذلك أصدقائي الساسة أرجو أن يتأكدوا من أنهم إذا ذهبوا إلى خارج البلاد في زيارة عمل، فلابد أن يتبقى شيء من الدولارات”.

ويأمل أيضا أن تكون حركة صرف الدولار الأمريكي على نطاق واسع، لأن هذه هي أحد الطرق الممكنة للسيطرة على ثبات سعر الروبية.

ولا يبدي هذا النائب السابق لحاكم جاكرتا أي اهتمام إن ظن بعض الناس أن ما يقومون به مجرد “تلميع الصورة”، لأن الهدف منه فقط تعزيز الروبية، وقال: “لا بأس، إذا قال السياسيون إن هذا مجرد تلميع الصورة. لكن هذا العمل يدل على أننا نستطيع أن نفعله، أما عن عدد الأموال التى تصرف فهذا يرجع إلى كل منا، لكن هذا العمل يعد شكل من أشكال اهتمامنا”.

ومن جانبه قال إنه لا يستطيع أن يترك الروبية تستمر في الضعف، لأن هذا سيؤثر سلبياً على اقتصاد البلاد وسيجعل الناس يعانون أكثر. وقال: “إن وضعنا الاقتصادي حالياً يمكن أن يؤدي بنا إلى إنهاء التوظيف، وستزداد الصعوبة بالنسبة للمجتمع في الحصول على فرص العمل، وخاصة الطبقات المتوسطة إلى الدنيا”.

المترجم: لالو هيري أفريزال، المحرر: فارس البدر، المصدر: وكالة انتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno melakukan aksi penukaran asetnya yang berbentuk mata uang dolar Amerika ke dalam rupiah di Money Changer Dua Sisi, Plaza Senayan, Gelora, Jakarta Pusat, Kamis.

Dia menukarkan uangnya secara simbolik sebanyak 1.000 dolar Amerika dan mendapatkan nilai tukar (kurs) sekitar Rp14.700 per dolar Amerika.

“Saya berharap diikuti juga mulai dari pimpinan tertinggi republik ini mulai dari pak Presiden sampai pengusaha-pengusaha juga, emak-emak juga, kepada millenial, teman-teman politisi juga pastikan kalau mereka kunjungan kerja keluar negeri kan masih ada sisa dollar,” kata Sandiaga.

Dia berharap gerakan penukaran dolar Amerika digunakan dengan secara massif, sebab hal ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan harga rupiah.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, tidak peduli aksinya menukarkan dolar dianggap pencitraan oleh sebagian kalangan, karena tujuannya semata – mata memperkuat rupiah.

It’s okay, kalau politisi bilangnya pencitraan, yah pencitraan, tapi ini simbolis menunjukkan bahwa kita bisa melakukan, berapa jumlahnya terserah kita, tapi ini bentuk daripada kepedulian kita,” katanya.

Dia mengatakan tidak bisa membiarkan mata uang rupiah terus melemah. Karena hal tersebut dapat berdampak negatif bagi perekonomian bangsa dan akan membuat rakyat semakin menderita.

“Keadaan ekonomi kita ini bisa berujung kepada pemutusan hubungan kerja, sehingga lapangan kerja semakin sulit untuk masyarkat khususnya kalangan menengah ke bawah,” kata Sandiaga.

Penerjemah: Lalu Heri Afrizal | Editor: Fares al Badr | Sumber: Antara

تعليقات
Loading...