منطقة سانجينجي تتعافى تدريجيا بعد الزلزال

Pasca Gempa, Kawasan Senggigi Mulai Berbenah

0 677

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  مع التزام حكومة محافظة لومبوك الغربية بمساعدة مديري الفنادق والمطاعم وأماكن الترفيه في منطقة سينجيجي بعد تأثرها بالزلزال بدأت تنشط من خلال أنشطة التعاون المتبادل.

على سبيل المثال ، ما حدث يوم السبت (8/9/2018) ، فإن المنظمات والأجهزة الإقليمية التي كانت حاضرة أيضًا للقيام بأنشطة النظافة على طول الطريق إلى منطقة سانجينجي.

وقال محافظ محافظة لومبوك الغربية فوزان خالد امام طاقم الاعلام “اننا نفعل هذا لنظهر اننا مستعدون لإحياء منطقة سينجيجي”.

منذ صباح يوم الخميس (6/9) بدأت أنشطة التعاون المتبادل لتنظيف منطقة سينجيجي السياحية. يقوم العشرات من الموظفين ورئيس الأجهزة الإقليمية بتنفيذ أنشطة تنظيف الطرق. اختلطوا مع موظفي الفندق الذين شاركوا أيضا في تنظيف بيئة الفندق.

أمام فندق جاياكارتا، تمت إزالة آثار الزلزال منذ بضعة أيام . على الرغم من أن 70 غرفة على الأقل عانت من أضرار طفيفة ، لا يزال هذا الفندق ذو النجوم الخمس مستمراً في العمل.

وبالمثل فندق أرونا الذي تعرض لأضرار طفيفة في قاعة المناسبات، بدا موظفيه نشطين كالمعتاد. الحطام غير واضح فمن المباني المتبقية بسبب الكارثة .

و قد حثت رئيسة وكالة الدخل الإقليمي في لومبوك الغربية، لالي برايانتي الزملاء وحزبها على النزول لمساعدة رجال الأعمال الذين يعتمدون على المنطقة الساحلية.

وأضافت “علينا أن نساعدهم ، سواء كان ذلك في التنظيف ، وترتيب الأضواء ، أو توفير الإغاثة وجمع الضرائب وترتيب الانتقال”.

تعد منطقة سينجيجي أحد المناطق السياحية الأساسية في غرب جزيرة لومبوك ، بل إنها تعد من المناطق السياحية الوطنية. في المنطقة ، هناك العديد من الفنادق – المطاعم – و الأماكن الترفيهية التي تُعدُّ أكبر المساهمين في ميزانية لومبوك الغربية.

يقدر بـ60 في المائة على الأقل من الدخل الإقليمي في لومبوك الغربية من القطاعات التي تتطور في منطقة سانجينجي، سواء في شكل الضرائب أو الرسوم.

المترجمة  : مايا يونياتي | المحرر :  د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Lombak bangkit pasca gempa. Salah satunya sektor pariwisata di kawasan Senggigi.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk membantu para pengelola hotel, restoran, dan tempat hiburan di kawasan Senggigi pasca terdampak bencana gempa bumi yang melanda kawasan ini dibuktikan dengan salah satunya lewat kegiatan gotong-royong.

Seperti misalnya yang dilakukan pada Sabtu (8/9/2018), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut hadir membagi diri dengan melakukan kegiatan kebersihan di sepanjang jalur menuju kawasan Senggigi.

“Ini kita lakukan untuk menunjukkan kita siap menghidupkan kembali kawasan Senggigi,” tegas Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid di hadapan awak media.

Sejak pagi Kamis (6/9) kegiatan gotong-royong membersihkan kawasan wisata Senggigi ini mulai dilakukan. Puluhan staf dan Kepala OPD melaksanakan kegiatan bersih-bersih jalan. Mereka berbaur dengan pegawai hotel yang juga ikut serta membersihkan lingkungan hotel.

Di depan Hotel Jayakarta misalnya, kegiatan pembersihan puing akibat gempa telah lama dilaksanakan. Walau paling tidak 70 kamarnya mengalami kerusakan ringan, hotel berbintang ini tetap beroperasi.

Ketika salah satu OPD datang untuk membantu, nyaris tidak nampak lagi bekas-bekas kerusakan.

Demikian pula halnya dengan Hotel Aruna yang mengalami kerusakan kecil di Ball Room, para pegawainya nampak beraktivitas seperti biasa. Tidak terlalu nampak puing reruntuhan sisa bangunan akibat bencana di Hotel itu.

Sebelumnya, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lombok Barat, Lale Prayatni mendesak kolega dan pihaknya untuk turun membantu pihak pengusaha yang menggantungkan rezekinya di kawasan pantai itu.

“Kita harus bantu mereka, baik itu melakukan pembersihan, menata lampu-lampu, maupun memberikan keringanan dalam hal pajak dan retribusi,” ujar Lale kepada detikTravel.

Kawasan Senggigi merupakan aset pariwisata andalan di Lombok Barat, bahkan jadi aset pariwisata nasional. Di kawasan tersebut banyak hotel-restauran-tempat hiburan yang menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi Lombok Barat.

Paling tidak 60-an persen PAD Lombok Barat bersumber di sektor yang berkembang di kawasan Senggigi, baik berupa pajak maupun retribusi.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al.Shaiqi | Sumber : Detik

تعليقات
Loading...