فكرة فريدة لرضوان كامل في تطوير سياحة جنوب جاوة الغربية

Ide Unik Ridwan Kamil untuk Kembangkan Pariwisata Jabar Selatan

0 859

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  لدى حاكم جاوة الغربية رضوان كامل استراتيجية محددة لتطوير السياحة في الجزء الجنوبي من جاوة الغربية ، عن طريق توسيع المنطقة السياحية في تلك الولاية.

ووفقا له إن إمكانات السياحة في الجزء الجنوبي من جاوة الغربية كبيرة جدا. الطبيعة فيها خلّابة للغاية. إذا أمكن تطويرها، سوف يؤثر في نمو الاقصاد لدى المجتمع “.

و هدف آخر من تقسيم المنطقة، هو تجنب الفراغ في الخدمات العامة. حاليا، على سبيل المثال ، يجب على الأشخاص الذين يعيشون في المناطق النائية والذين يريدون إجراء إحصاء سكاني أن يسافروا مسافات طويلة للوصول إلى العاصمة الإقليمية.

وفقا لرضوان كامل ، ولدت فكرة تقسيم المنطقة للحوجة الماسّةلأن عدد السكان في جاوة الغربية يصل إلى 48 مليون شخص غير وهو عدد غير قابل للمقارنة بعدد المناطق التي كانت موجودة، يوجد حاليًا 27 مدينة / محافظة في جاوة الغربية. “لذلك سنحاول التقسيم”.

قبل فترة طويلة من تنصيبه كمحافظ ، سافر رضوان كامل إلى جنوب غرب جاوة بواسطة دراجة نارية مع مجموعة نادي الدراجات النارية، في يوليو الماضي. واستعرض العديد من الوجهات السياحية مثل بونتشاك غوها و رانسا بوايا في كاروت.

ووعد بصياغة مفهوم التنمية السياحية في الجزء الجنوبي من جاوة الغربية. وقال “من المتوقع أن يكون هناك تقدم مقارنة بالعام السابق”.

ومن الأفكار التي اقترحها رضوان كامل هو تشجيع مجموعة السائقين على تقديم خدمات سياحية بالدراجات النارية القديمة أو الكلاسيكية. “كما هو موجود في خارج البلاد، من السياح من يسافر باستخدام الدراجة النارية القديمة،” بحسبه.

المترجمة  : مايا يونياتي | المحرر :  د . طلال الشايقي | المصدر: تيمبو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa disapa kang Emil mempunyai strategi tertentu untuk pengembangan wisata Jawa Barat bagian selatan, yakni melakukan pemekaran daerah di wilayah itu.

Ridwan Kamil menilai potensi kepariwisataan Jawa Barat bagia selatan ini sangat besar. Daerah selatan pun alamnya sangat subur.
Jika bisa dikembangkan, “ “Hal tersebut berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” kata dia di Bandung, Jum’at, 7 September.

Tentu saja pemekaran itu juga untuk kepentingan lain, yakni agar tidak terjadi kekosongan pelayanan publik. Saat ini, misalnya, masyarakat di pelosok yang mengurus administrasi kependudukan harus menempuh jarak yang jauh untuk sampai ke ibu kota daerah. “Ada yang sampai menempuh waktu 8 jam, kasihan, kan.”

Menurut Ridwan Kamil ide pemekaran itu perlu karena jumlah penduduk di Jawa Barat yang sebanyak 48 juta jiwa itu tidak sebanding dengan jumlah daerah. Saat ini ada 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. “Jadi akan kita perjuangkan untuk pemekaran,” kata dia.

Jauh sebelum dilantik, Emil pernah menyusuri kawasan selatan Jabar dengan sepeda motor bersama komunitas sepeda motor Brotherhood 1% Motorcycle Club, Juli lalu. Ia meninjau beberapa destinasi wisata seperti Puncak Guha dan Ranca Buaya di Garut.

Ia berjanji akan menyusun konsep pengambangan wisata di Jabar bagian selatan itu. “Dengan demikian diharapkan ada kemajuan dibanding tahun sebelumnya,” kata dia 30 Juli lalu.

Salah satu ide yang sudah terfikirkan Ridwan Kamil adalah mendorong komunitas bikers agar menyediakan jasa tur wisata dengan sepeda motor tua atau klasik.

“Seperti di luar negeri, ada turis yang pikniknya pakai motor jadulan,” kata dia.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al.Shaiqi | Sumber : Tempo

تعليقات
Loading...