إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

طفل عمره عامين يحفظ عشرات السور من القرآن

Baru Dua Tahun, Bocah Ini Sudah Hafal Puluhan Surat Alquran. Salut Sama Cara Ibunya Mendidik!

- الإعلانات -

0 342

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – في الآونة الأخيرة، ضجت وسائل الإعلام الاجتماعية خاصة في داخل البلاد بشريط فيديو لطفل يبلغ عامين وقد حفظ بالفعل كثير من الآيات القرآنية. وتم نشر أشرطة الفيديو من خلال حساب فيسبوك باسم شهيدة لقمان وهي أم الطفل. وأظهرت أشرطة الفيديو الطفل الذي يردد الآيات المقدسة من القرآن وإن كان النطق غير واضح.

هذا ولشدة الدهشة لدى مستخدمي الانترنيت من ذلك, فقد نشرت أشرطة الفيديو لهذا الطفل آلاف المرات, كما أنهم يتمنون أن أبناءهم مثله؛ لأنه قد عرف الآيات القرآنية منذ سن مبكرة. كما أن معظمهم يتساءلون عن كيفية تعليم الطفل من قبل والديه حتى يمكنه أن يحفظ القرآن الكريم في سن مبكرة جدا.

فاسم الطفل هو أحمد زياد محمد ظاهر، البالغ عامين وثمانية شهور، وقد حفظ عشرات السور من القرآن الكريم

طفل عمره عامين يحفظ عشرات السور من القرآن - اندونيسيا اليوم

أحمد زياد محمد ظاهر أو يدعي كثير باسم زياد. كان جسمه مثل الأطفال الصغار عامة . ولكن عندما بدأ زياد قراءة الآيات من القرآن الكريم سترى الفرق بينه وبين الأطفال الآخرين من نفس عمره.

هذا وفي عمره الصغير جدا أصبح الطفل الذي ولد في كوتا بهارو، ماليزيا من حفاظ القرآن الكريم. وقد حفظ زياد 42 سور من القرآن حتى الآن, وإن كان النطق لم يكن واضحا، مثل كثير من الأطفال في عمره.

وقد أظهر هذا الطفل اللطيف ميوله إلى حفظ القرآن الكريم منذ أن كان عمره 11 شهر.

طفل عمره عامين يحفظ عشرات السور من القرآن 2 - اندونيسيا اليوم

والأم، نور الشهيدة لقمان، هي المرأة العظيمة وراء هذا الطفل النابغ. وحسب تقارير من صفحة سياف كيلي دوت كوم إن زياد قد أظهر اهتمامه في قراءة القرآن منذ سن 11 شهرا. وفي ذلك الوقت بدأ زياد تقلد الآيات القرآنية التي يسمعها، وإن لم يكن واضحا في النطق. والان كيف يعلم والد زياد ابنه حفظ آيات القرآن منذ سن مبكر؟

قد اعتاد زياد على سماع تلاوة القرآن منذ في بطن أمه وياله من عمل باهر!

اعتاد زياد سماع آيات القرآن منذ أن كان في رحم أمه, حتى عند أول يوم في ولادته قد سمع زياد آيات القرآن. أينما كان وكلما كان كلا الوالديه دائما يرددان تلاوة القرآن. سواء كان ذلك في المنزل أو أثناء وجوده في السيارة. بدءا من الصباح، حتى الظهرا، حتى قبيل النوم. ولا يسمع أي شيئ إلا تلاوة القرآن. كما يقرأ والديه الآيات القرآنية بصوت عال حتى يقلد زياد ما يذكره والديه.

بالإضافة إلى ترديد آيات من القرآن الكريم، كذلك يحرص والد زياد على الأطعمة المناسبة لطفله. وقالت الأم، أنه قبل أن يبلغ العامين، لم يأكل زياد طعام يحتوي السكر أو الملح. كما منع على تناول الوجبات الخفيفة لأنها تخشى أن تضعف الدماغ. ومن الولادة حتى سن 2 سنوات و7 أشهر، لا يترك زياد قط حليب الأم الطبيعي.

ولمن يريد أن يكون لهم طفل ماهر بالقرآن مثل زياد يمكن أن يقلد طريقة والدته في تعليم زياد كل يوم. والأهم من ذلك، كما قالت أم زياد، من الأفضل أن يبعد الأطفال من ادمان الأجهزات التكنواوجية الذكية, لأنها مؤثرة جدا في نمو الطفل. وأخيرا نأمل أن يرزقنا أيضا الأولاد مثل زياد, آميين.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فار س البدر | المصدر : هيفوي


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Akhir-akhir ini, media sosial, khususnya di tanah air dihebohkan dengan video seorang bayi dua tahun yang sudah andal menghafal ayat Alquran. Video-video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Shahida Lukman yang bukan lain adalah ibu dari sang anak. Dalam video-video tersebut terlihat sang anak sudah bisa melantunkan ayat suci Alquran meski pelafalannya belum jelas.

Karena saking bikin warganet kagum dan terharu, video-video anak yang sedang membaca ayat Alquran ini pun dibagikan ribuan kali. Rata-rata para warganet juga berharap memiliki penerus alias keturunan yang juga telah diajarkan ilmu agama sejak dini. Nggak sedikit di antara mereka yang penasaran dengan bagaimana cara orang tua dalam mendidik anak sehingga bisa jadi penghafal Alquran di usia yang sangat dini.

Kenalkan, Ahmad Ziyyad Mohd Zahir, bocah 2 tahun yang sudah hafal puluhan surat Alquran

Ahmad Ziyyad Mohd Zahir atau akrab dipanggil Ziyyad ini masih berusia 2 tahun 8 bulan. Perawakannya pun sama seperti balita lainnya. Kita nggak bakal bisa melihat perbedaannya sampai ketika Ziyyad mulai melantunkan ayat suci Alquran. Ya, di usianya yang masih sangat muda, bocah asal Kota Bharu, Malaysia ini sudah jadi penghafal Alquran. Bahkan hingga kini sudah 42 surat yang ia hafal di luar kepala, meski pelafalannya masih kurang bersih, seperti anak-anak seusianya.

Bocah lucu ini sudah nunjukin minat menghafal Alquran sejak usia 11 bulan

Sang ibu, Nurul Syahidah Lukman, adalah wanita hebat di balik hafalan sang anak. Dilansir dari laman siakapkeli.my, orang tua Ziyyad bilang kalau sang anak sudah mulai menunjukkan minatnya membaca Alquran sejak usia 11 bulan. Saat itu Ziyyad sudah mulai komat-kamit menirukan ayat Alquran yang diperdengarkan, meski belum jelas. Lantas gimana caranya orang tua Ziyyad mengajarkan anaknya untuk hafal ayat Al-Qur’an di usia sedini itu?

Ternyata, Ziyyad sudah dibiasakan mendengar bacaan ayat Alquran sejak dalam kandungan. Wow!

Ternyata, Ziyyad sudah dibiasakan untuk mendengarkan ayat Alquran sejak ia masih berada di dalam kandungan. Pun ketika ia lahir ke dunia ini. Sejak hari pertama, Ziyyad sudah mendengar lantunan ayat suci Alquran. Di mana pun dan kapan pun, kedua orang tuanya selalu menyetel bacaan ayat Alquran. Apakah itu di rumah atau saat di dalam mobil. Mulai dari pagi, siang, hingga menjelang Ziyyad tidur. Nggak ada lagi musik yang diperdengarkan selain bacaan ayat Alquran. Orang tuanya juga sering membaca ayat Alquran dengan suara yang cukup keras, karena sang anak akan meniru apa yang disebutkan oleh ayah dan ibunya.

Selain membiasakan Ziyyad dengan lantunan ayat Alquran, makanan Ziyyad juga dijaga lho. Sang ibu bilang, sebelum ia berusia dua tahun, Ziyyad nggak dikasih makanan yang mengandung gula atau garam. Orang tuanya juga mencegah anaknya untuk mengonsumsi makanan ringan karena ditakutkan bisa melemahkan otak. Dan sejak lahir hingga usianya 2 tahun 7 bulan, Ziyyad nggak pernah lepas dari ASI.

Nah, bagi kamu yang juga pengen punya anak pintar ngaji sejak bayi kayak Ziyyad mungkin bisa mencontoh cara ibunya dalam mendidik sang anak sehari-hari. Dan yang paling penting, seperti kata ibunya Ziyyad, lebih baik jauhkan anak-anak dari ketergantungan gawai. Karena sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang sang anak. Semoga kita juga dikarunia anak seperti Ziyyad, ya. Aamiin.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: Hipwee

(15)

تعليقات
Loading...
Click Me