عودة الاقتصاد في مدينة سورابايا بعد الهجمات الإرهابية يعود إلى وضعه الطبيعي

Risma Nilai Perekonomian Surabaya Sudah Pulih Pascateror Bom

0 942

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  قالت والية مدينة سورابايا، تري ريسمهاريني، إن المعاملات في مراكز التسوق عادت إلى وضعها الطبيعي بعد العمليات الإرهابية التي وقعت في أربعة مواقع في مدينة الأبطال قبل أسبوع. اعترفت ريسما، كان اقتصاد سورابايا ينخفض.

“في الواقع ، إن هذه فرصة للتسوق حيث يقترب وقت عيد الفطر ويمكن أن يرتفع،” قالت ريسما أثناء زيارتها إلى أحد مراكز التسوق في جيمباتان ميراه بلازا، مدينة سورابايا، يوم الأربعاء (23/5).

وأكدت ريسما أن الاقتصاد الحالي لمدينة سورابايا عاد بشكل طبيعي. إن مراكز التسوق التي كانت خالية من الزوار، بدأت الآن في التحسن التدريجي.

لإقناع السكان، قامت ريسما بزيارة بعض مراكز التسوق في مدينة سورابايا. بالإضافة إلى إقناع الناس، أرادت أيضًا أن تسمع مباشرةً من البائعين كيفية التعامل مع نشاطهم التجاري، خاصةً تجار التجزئة الذين تأثروا أيضًا.

وأخذت عمدة مدينة سورابايا، أول عمدة من النساء، الوقت لالتقاط الصور مع سكان سورابايا. وفقا لها، لم يعد الناس يشعرون بالقلق أو الخوف في التسوق.

“أريد أن يصدق الناس، ليس فقط سكان سورابايا ولكن أيضا شعب اندونيسيا في الشرق أن المدينة حاليا آمنة.” كما قالت ريسما.

وزارت ريسما قبله العديد من مراكز التسوق في مدينة سورابايا مثل سيفوترا وورلد وباكوان مول. لاستعادة هذا الاقتصاد، قال إن برنامج مهرجان سورابايا للتسوق، وكذلك التسوق منتصف الليل الذي بدأ خلال شهر مايو 2018 لا يزال مستمراً.

” قال التجار إن الاقتصاد عاد إلى وضعه الطبيعي، لكن الازدحام عادة يكون قبل أسبوعين من عبد الفطر،” كما قالت.

قالت إحدى تجار التجزئة في مركز جيمبوتان مراح بلاسا للتسوق، فرح، إن أرقام مبيعات الأعمال الحالية عادت تدريجياً إلى التحسن. وعلى الرغم من ذلك، وفقا لها، فإن الرقم لا يزال يصل إلى 80 في المئة لم يصل بعد إلى 100 في المئة.

“الحمد لله الآن تزداد مرة أخرى، وقد تراجعت مبيعاتنا بعد الهجمات الإرهابية بالأمس، لكن الآن بدأت تعود إلى وضعها الطبيعي”. كما قال فرح.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  ريفوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –   Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan transaksi di pusat-pusat perbelanjaan kembali normal pascateror bom yang terjadi di empat lokasi di Kota Pahlawan sepekan lalu. Risma mengakui, perekonomian Surabaya sempat turun.

“Sebenarnya ini momentum untuk pedagang di mana mendekati Hari Raya Idul Fitri bisa naik,” kata Risma saat berkeliling di salah satu pusat perbelanjaan Jembatan Merah Plasa (JMP), Surabaya, Rabu (23/5).

Risma menegaskan bahwa saat ini perekonomian Kota Surabaya sudah kembali berangsur normal. Pusat perbelanjaan yang sebelumnya dirasa sepi pengunjung, saat ini mulai berangsur membaik.

Untuk meyakinkan warga, Risma menyempatkan berkeliling di beberapa pusat perbelanjaan Kota Surabaya. Selain untuk meyakinkan warganya, ia juga ingin mendengar langsung dari para pedagang bagaimana transaksi dari bisnis mereka khususnya bagi para pedagang ritel yang juga sempat terkena imbasnya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya juga menyempatkan untuk berfoto bersama warga Surabaya. Menurut dia, masyarakat tidak perlu lagi khawatir ataupun takut jika ingin berbelanja.

“Saya ingin masyarakat percaya. Bukan hanya masyarakat Surabaya, tapi juga masyarakat Indonesia di bagian timur, bahwa sekarang aman,” kata orang nomor satu di Surabaya ini.

Risma sebelumnya juga sempat mengunjungi beberapa mal di Surabaya seperti Ciputra World dan Pakuwon Mall. Untuk mengembalikan perekonomian ini, ia menuturkan bahwa program Surabaya Shopping Festival sekaligus Midnight Shopping yang berlangsung selama Mei 2018 masih berlangsung.

“Kalau tadi para pedagang menyampaikan sudah kembali normal. Tapi memang peak-nya (ramai) itu dua pekan menjelang Lebaran,” ujarnya.

Salah satu pedagang ritel di pusat perbelanjaan Jembatan Merah Plasa, Farah, mengatakan bahwa saat ini angka penjualan bisnisnya sudah kembali berangsur membaik.  Walaupun, menurutnya, angka tersebut masih mencapai 80 persen belum sepenuhnya 100 persen.

“Ya Alhamdulillah sekarang sudah mulai ramai lagi, kemarin pascabom penjualan kami sempat menurun. Namun sekarang sudah mulai kembali normal,” kata Farah.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Republika

تعليقات
Loading...