فلسطين تحث الأرجنتين على إلغاء مباراتها الودية أمام إسرائيل في القدس

Palestina Desak Argentina Batalkan Uji Coba dengan Israel

0 660

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – الاتحاد الفلسطيني لكرة القدم يحث الأرجنتين على إلغاء مباراتها الودية أمام إسرائيل، و التي من المقرر عقدها في استاد تيدي بالقدس، 9 يونيو.

الاتحاد الفلسطيني أرسل، الإثنين 28/5، رسالة للاتحاد الارجنتيني لكرة القدم، و لاتحاد اتحادات أمريكا الجنوبية، و للاتحاد العالمي الفيفا، يطلب إلغاء المباراة.

و حوت الرسالة احتجاج من رئيس الاتحاد الفلسطيني لكرة القدم جبريل رجوب على اختيار مكان المباراة. رجوب يتهم إسرائيل بتسيس الرياضة، عن طريق اختيارها لاستاد تيدي، الاستاد الذي كان في الأصل أرض لقرية فلسطينية هدمتها القوات الإسرائيلية في عام 1948.

قال رجوب، نقلا عن الجزيرة: ” إن إسرائيل كسلطة احتلال، تتصرف ضد القيم و القواعد العالمية التي تحكم المجال الرياضي.”

و اعتبر رجوب أن المباراة تضحي بسمعة الرياضة الأرجنتينية، و قد تضر بمعنويات اللاعبين.

أضاف رجوب: “إنهم يضللون الشعب الأرجنتيني و يروجون أن القدس هي عاصمة الشعب اليهودي.”

حتى الآن لا يتضمن الموقع الرسمي لاتحاد كرة القدم الأرجنتيني موقع المباراة، فقط يوجد موعد المباراة الودية أمام إسرائيل.

بل حتى اتحاد كرة القدم الإسرائيلي نفسه، لم يقم بنشر جدول المباراة أمام الأرجنتين باللغة الإنجليزية، و نشر فقط موعد مباراة إسرائيل الودية التالية أمام ألبانيا يوم 7 سبتمبر 2018.

في الشهر الماضي كانت حركة مقاطعة إسرائيل قد طلبت من الأرجنتين الانسحاب من المباراة الودية أمام إسرائيل.

انتقدت الحركة المباراة و اعتبرتها مباراة مسيسة، و اتهمت المسؤولين الإسرائليين باستخدام المباراة للتغطية على الانتهاكات ضد الفلسطينيين.

أصدرت الحركة بيانًا تقول فيه: “لا يوجد صداقة مع محتل غاصب عنصري. لا تلعب أمام إسرائيل حتى تُحترم حقوق الإنسان الفلسطيني.”

في حين قال دانيال بينيامين، من اللجنة المنظمة للمباراة- أن أكثر من 600 ألف شخص يريدون شراء تذاكر المباراة.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: سي إن إن إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Asosiasi Sepak Bola Palestina (PLE) mendesak Argentina untuk membatalkan pertandingan persahabatan melawan Israel yang rencananya digelar di Stadion Teddy, Yerusalem, 9 Juni.

PLE mengirimkan surat kepada Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA), Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (Conmebol), dan juga badan sepak bola dunia FIFA pada Senin (28/5) yang berisi permohonan pembatalan laga tersebut.

Dalam isi surat itu, Presiden PLE Jibril Rajoub juga memprotes pemilihan tempat pertandingan. Rajoud menuduh Israel mempolitisasi olahraga dengan memilih Stadion Teddy yang awalnya merupakan tanah milik warga desa di palestina sebelum dihancurkan pasukan Israel pada 1948.

“Israel, dengan kekuasaan pendudukannya, telah [bertindak] bertentangan dengan nilai-nilai universal dan norma-norma yang mengatur prinsip-prinsip olahraga,” kata Rajoub seperti dikutip dari Aljazeera.

Rajoub juga menilai pertandingan nanti berpotensi mengorbankan reputasi olahraga dan moral Argentina.

“Mereka juga menyesatkan masyarakat Argentina dengan mempromosikan kota sebagai ‘Yerusalem bersatu’ bagi orang-orang Yahudi,” kata Rajoub menambahkan.

Sampai dengan saat ini situs resmi AFA belum mencantumkan lokasi pertandingan melawan Israel. Hanya ada tanggal untuk uji coba melawan Israel.

Bahkan, Asosiasi Sepak Bola Israel (FA) sendiri juga tidak mencantumkan agenda melawan Argentina dalam situs resmi berbahasa Inggris mereka. Dalam situs itu, uji coba Israel berikutnya melawan Albania pada 7 September 2018.

Pada bulan lalu, gerakan Boycott Divestment and Sanctions (BDS) yang menuntut penghentian pencaplokan Palestina oleh Israel juga meminta Argentina untuk menarik diri dari uji coba tersebut.

BDS mengkritik laga uji coba itu sebagai langkah politis dan menuduh pejabat Israel menggunakannya untuk menutupi serangan terhadap warga Palestina di dalam dan di luar lapangan.

“Tidak ada persahabatan tentang perebutan oleh militer dan apartheid. Jangan bermain dengan Israel sampai hak asasi rakyat Palestina dihormati,” kata BDS.

Sementara, Daniel Benaim yang merupakan panitia penyelenggara pertandingan menyebut lebih dari 600 ribu orang ingin membeli tiket pertandingan itu.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...