إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مثيرات الشهية الخمسة بسورابايا

Inilah 5 Oleh-oleh Favorit Khas Surabaya Yang Dijamin Bikin Kamu Ngiler

- الإعلانات -

0 224

سورابايا، إندونيسيا اليومسورابايا هي عاصمة محافظة جاوا الشرقية التي تعتبر ثاني أكبر مدينة في إندونيسيا بعد جاكرتا. وتلقب أبضا بمدينة الأبطال وهي تحتوي على عدد كبير من المعالم السياحية والمأكولات المختلفة. بالإضافة إلى تميز أطباقها بالمذاق اللذيذ، اما عن الهدايا الخاصة لسورابايا منذ قديم الزمن. فيما يلي قائمة مختصرة للهدايا التذكارية التي سنعرضها عليك:

1. شراب سيروبين تيلاسيه

مثيرات الشهية الخمسة بسورابايا1

هذا الشراب حقًّا يعتبر من المشروبات الأسطورية. وقد وجد منذ حقبة الهولنديين في عام 1923، ومازال المفضل في إندونيسيا. وهو يتفرد في زجاجات التعبئة وتغليفه، فهو كزجاجة النبيذ. وله مصنع خاص به ويعتبر أول مصنع شراب في إندونيسيا. يتكون من ثمانية النكهات، منها شراب سيروبين تيلاسيه جي سي فان درونغيلين الذي يمكنك شرائه فقط بثلاثة وعشرين ألف روبية لكل علبة.

2. كرسبي الجبن باللوز

مثيرات الشهية الخمسة بسورابايا2

شاع هذا الكوكيز بين محبي الوجبات الخفيفة المحلية. على الرغم من تصنيفه كهدية تذكارية جديدة، إلا أنه من بين الأطباق الخاصة والأصلية في سورابايا. لوز الجبن المقرمش مصنوع من مكونات البيض والسكر والزبدة ودقيق القمح واللوز والجبن.

3. سامبال (شطّة) بو رودي

مثيرات الشهية الخمسة بسورابايا3

إذا كنت من عشاق الفلفل الحار، يجب عليك شراء هذه الهدية التذكارية الخاصة لسورابايا. على الرغم من أن هناك العديد من المنافسين، إلا أن سامبال بو رودي مشهور بمذاقه المميز لا يمتلكه غيره من الشطات المصنعة. ويعتبر لذيذ للغاية ويباع بسعر بخمسة عشر ألف روبية لكل علبة.

4. وصفة سبيكوي القديمة

مثيرات الشهية الخمسة بسورابايا4

تحتوي وصفة سبيكوي القديمة على 4 نكهات، وهي سبيكوي بدون زبيب وسبيكوي الزبيب وسبيكوي البرقوق وسبيكوي سبائك. يمكن شراء سبيكو نموذجي بأسعار تتراوح بين 75 ألف روبية و 270 ألف روبية ، حسب الحجم والنكهة المختارة.

5. بطة دجانكيب

مثيرات الشهية الخمسة بسورابايا5

بطة دجانكيب تغمر بتوابل صفراء شبيهة ببيبس ملفوفة في عبوة الحاجب للهواء، بحيث تكون هذه الهدايا آمنة إذا تم أخذها إلى بلدك. يمكنك شراء هذه البطة في المحلات التجارية المختلفة بسورابايا بسعر 100 ألف روبية للقطعة الواحدة.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: غويديكو


Surabaya, Indonesiaalyoum.com – Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur yang didaulat menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota Pahlawan ini punya banyak tempat wisata dan kuliner yang beragam lho. Selain punya cita rasa yang khas, oleh-oleh Surabaya ini ada yang sudah ada sejak zaman tempo dulu. Berikut daftar singkatnya khusus buat kalian:

1. Siropen Telasih

Sirup yang satu ini benar-benar legendaris lho guys. Telah ada sejak zaman Belanda di tahun 1923, sirup ini masih jadi idola masyarakat Indonesia. Botol kemasan dari Siropen Telasih ini juga unik, karena berbentuk seperti botol Wine. Pabrik Siropen Telasih ini merupakan pabrik sirup pertama di Indonesia lho, teman-teman. Terdiri dari delapan jenis rasa, Siropen Telasih JC Van Drongelen ini bisa kamu beli dengan harga Rp 23 ribu per buah.

2. Almond Crispy Cheese

Cookies yang satu ini, memang lagi hitz di kalangan pecinta jajanan lokal. Meskipun tergolong baru, oleh-oleh yang satu ini termasuk khas dan asli Surabaya, lho. Almond Crispy Cheese yang satu ini terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti telur, gula pasir, butter, tepung terigu, almond dan keju.

3. Sambal Bu Rudy

Buat para pecinta sambal, kalian wajib beli oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini. Meskipun banyak pesaing, sambal Bu Rudy yang satu ini terkenal punya cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh sambal-sambal kemasan lainnya. Sambal super enak yang satu ini dijual mulai harga Rp 25 ribu per botolnya.

4. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno ini memiliki 4 varian rasa, yaiti Spikoe Tanpa Kismis, Spikoe Kismis (Raisin), Spikoe Prunes, dan Spikoe Speculaas. Oleh-oleh khas Surabaya Spikoe ini dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 75 ribu – Rp 270 ribu, tergantung ukuran dan rasa yang dipilih.

5. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep merupakan bebek yang diberi bumbu kuning mirip pepes yang dibungkus dengan kemasan kedap udara, sehingga oleh-oleh yang satu ini aman jika dibawa sebagai oleh-oleh. Bebek Djangkep ini bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Surabaya mulai harga Rp 100 ribu per potongnya.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Guideku

(10)

تعليقات
Loading...
Click Me