إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مجلس العلماء الإندونيسي يدعو الأمة إلى قبول نتائج الاقتراع بصدر رحب،أيا كان الفائز!

MUI Minta Masyarakat Legowo Jika Paslon yang Didukung Kalah

441

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  دعا رئيس مجلس العلماء الإندونيسي (MUI)، معروف أمين، الناخبين أن يتسامحوا إذا فشل المرشح الرئاسي الإقليمي الذي يدعمونه في الانتخابات الإقليمية عام 2018. وناشد معروف أمين جميع الأطراف أن يكونوا على استعداد لقبول جميع نتائج الانتخابات الإقليمية التى عقدت في وقت واحد هذا العام.

“نطلب من جميع الشعب قبول نتائج الانتخابات الإقليمية عام 2018 مع الصبر والتسامح، والتوكل”، قال معروف أمين من خلال بيان صحفي تلقته صحيفة سي إن إن إندونيسيا، الثلاثاء (26/6).

وقال معروف إن الخيارات السياسية المختلفة لا مفر منها. ويجب أن يحدث في الاستحقاق الديمقراطي. ومع ذلك، لا بد لجميع الشعب أن يقدموا الأخوة على أختلاف المرشحين الذين يدعمونهم.

وأكد معروف أن كل من يتم انتخابه في الانتخابات الإقليمية عام 2018 يعد من أفضل أبناء الدولة. بالإضافة إلى ذلك، فإن المرشح الذي تم انتخابه من المواطنين الإندونيسيين وليس من مواطن دولة أخرى. لذلك، استمر شعب إندونيسيا في الحفاظ على روح الوحدة حتى لو لم يفز المرشحون المدعومون.

“والانتخابات المتزامنة عام 2018 لا ينبغي أن تشكل تهديدا لوحدة جمهورية اندونيسيا”، قال معروف.

ثم ناشد معروف إلى الزعماء الدينيين، والجمهور، والمسؤولين من أجل المشاركة لخلق مناخ موات. يجب أن يشعر المجتمع بالأمان. وهكذا، يمكن للناس استخدام النظر الواضح وليس هناك أي ضغط عند اختيار المرشحين.

“مع إحساس بالفرح من دون ضغوط وتخويف د وإكراه” ، قال.

من ناحية أخرى، طلب معروف أيضا من المرشحين للرئاسة الإقليمية ان يعملوا جنبا إلى جنب  والأحزاب السياسية لعدم القيام بالممارسات السياسية القذرة. يجب على جميع الأطراف المهتمة تقديم الأولوية للمصالح المشتركة. والخطوات التى ينبغي اتخاذها هي تجنب الممارسة السياسية غير المسؤولة مثل خطاب الكراهية والسياسة المالية، والنميمة، ونشر الأخبار الكاذبة.

وقال معروف: “التمسك بروح الاخوة سواء الأخوة الاسلامية أو الأخوة الوطنية”.

ستدخل الانتخابات الإقليمية مرحلة التصويت في 27 يونيو المقبل.و سيتم تنفيذ المراحل من قبل لجنة الانتخابات العامة (KPU) في آن واحد في 171 منطقة، بما في ذلك 17 مقاطعة و39 مدينة و115 مدينة.

وستشمل الانتخابات الإقليمية هذا العام 152 مليون ناخب. وهذا العدد 82 في المئة من الناخبين في الانتخابات الإقليمية 2019 المقبلة التي يصل عددهم إلى 186 مليون ناخب. وأما المناطق التي لديها أكبر عدد من الناخبين في الانتخابات الإقليمية عام 2018 على التوالي، من بين أمور أخرى، جاوة الغربية، وجاوة الشرقية، وجاوة الوسطى. وهذه المناطق الثلاث لديها 30 مليون ناخب.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: سي إن إن إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin meminta kepada masyarakat agar bersikap legowo jika pasangan calon kepala daerah yang didukung ternyata kalah dalam perhelatan Pilkada serentak 2018. Ma’ruf mengimbau kepada semua pihak untuk bersiap menerima segala hasil dari Pilkada serentak tahun ini.

“Meminta kepada seluruh masyarakat untuk dapat menerima hasil Pilkada tahun 2018 dengan sabar, lapang dada, dan tawakkal,” tutur Ma’ruf melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (26/6).

Ma’ruf mengatakan bahwa pilihan politik yang berbeda merupakan suatu hal yang tak bisa dihindari. Hal itu pasti terjadi dalam perhelatan demokrasi. Namun, masyarakat tetap harus mengedepankan tali persaudaraan meski memilih calon pemimpin yang berbeda.

Ma’ruf menegaskan bahwa siapapun yang terpilih dalam pilkada 2018 merupakan putra terbaik bangsa. Selain itu, paslon yang terpilih pun juga warga negara Indonesia atau bukan warga negara lain. Karenanya, masyarakat Indonesia tetap memegang semangat persatuan walau kandidat yang didukung tidak menang.

“Pilkada serentak 2018 tidak boleh menjadi ancaman persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Ma’ruf.

Ma’ruf lalu mengimbau kepada tokoh agama, masyarakat, serta aparat agar ikut serta menciptakan suasana yang kondusif. Masyarakat mesti merasa aman. Dengan demikian, masyarakat dapat menggunakan pertimbangan secara jernih dan tidak ada tekanan kala menentukan pilihan.

“Dengan penuh rasa kegembiraan tanpa ada tekanan, intimidasi, dan paksaan,” ujarnya

Di sisi yang lain, Ma’ruf juga meminta kepada pasangan calon kepala daerah beserta tim sukses dan partai politik untuk tidak melakukan praktik politik yang kotor. Semua pihak yang berkepentingan mesti mendahulukan kepentingan bersama. Langkah yang perlu dilakukan yakni menjauhkan praktik politik berupa ujaran kebencian, politik uang, serta adu domba, dan menyebarkan berita bohong.

“Menjunjung tinggi semangat persaudaraan, baik persaudaraan keislaman, maupun persaudaraan kebangsaan,” ucap Ma’ruf.

Pilkada 2018 akan memasuki tahapan pemungutan suara pada 27 Juni mendatang. Tahapan itu akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak di 171 daerah, antara lain 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kota.

Pilkada tahun ini juga bakal melibatkan 152 juta pemilih. Jumlah tersebut merupakan 82 persen dari pemilih Pemilu 2019 mendatang yang diperkirakan mencapai 186 juta pemilih. Adapun daerah dengan jumlah pemilih terbanyak pada pilkada 2018 berturut-turut antara lain, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Ketiga daerah tersebut memiliki jumlah pemilh 30 juta orang.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: CNNIndonesia

(38)

تعليقات
Loading...
Click Me