محمد عفيف الدين: تَنظيم الإنتخابات خارج إندونيسيا أصعب من تنظيمها بالداخل

Bawaslu: Penentuan DPT di Luar Negeri Tak Semudah di Dalam Negeri

0 423

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أعلنت هيئة مراقبة الإنتخابات (Bawaslu) أن تَنظيم الإنتخابات في السفارات الإندونيسية خارج البلاد، مَر بالعديد من العقبات. حيث أن تحديد قوائم الناخبين في الخارج (DPT)، أصعب مقارنة بتحديد قوائم الناخبين داخل إندونيسيا.

قال المفوض العام للجنة مراقبة الإنتخابات محمد عفيف الدين في لقاء بعنوان (تحديات تَنظيم الإنتخابات في الخارج) يوم الإثنين (29/4/2019) في مبنة الهيئة في جاكارتا: “بعض الأمور لَم نَظن أن تنظيمها في الخارج سوف يكون صَعب وغير خاضع للقوانين التي وضعناها، مثل قوائم الناخبين، وهي من الأمور الصعب تحديدها مقارنة بقوائم الناخبين داخل إندونيسيا”.

صَرح عفيف أيضًا أن مُعظم الإندونيسيين المتواجدين في الخارج، هم مُهاجرين أو عُمال محليين. ومن المعلوم أنه عِند تحديد قوائم الناخبين، يتوجب على المواطن الإندونيسي المتواجد في الخارج اظهار جواز سفره. ولم يستطع الكثير من الإندونيسيين فِعل ذلك بسبب أن جوازات سَفرهم مع صاحب العَمل.

أكمل حديثه: “ذَهب الكثير من الإندونيسيين في الخارج إلى السفارة الإندونيسية في البلاد التي يعملون بها للإدلاء لإصواتهم، وعندما طُلب منهم أن يُعطوا الموظفيين جواز سفرهم لم يستطيعون بسبب وجود جواز السَفر مع صاحب العمل، وليس جميل أصحاب العمل متعاونيين مَعنا”.

قال: “نَطلب في هذه الحالة من الموظف أن يستصدر اذن حتى يَتم تسجيل المواطن في القائمة، وذلك حَدث في كثير من بلاد الشرق الأوسط، وفي آسيا أيضًا”.

كما أن واحدة من العوامل التي تَجعل تحديد قوائم الناخبين خارج البلاد أمر صعب هو تَنقف الطلاب الإندونيسيين بين البلاد. فعلى سبيل المثال، عند تحديد القوائم قبل بداية الإنتخابات في لندن، تَبين أن العدد هو 3000 بينما لُحظ تغير العدد عندما أعادوا تِلك القوائم مرة أخرى.

قال عفيف: “جائتنا القوائم الأولية للناخبين في لندن بعدد أقل من 5000 بل أنه تقريبًا 3000 ، وبعدما فحصنا القوائم مرة أخرى، وجدنا العدد زاد إلى 7000. ويَرجع ذلك إلى رغبة الطلاب الإندونيسيين المتغيرة في الدراسة بالجامعات الإنجليزية”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mencatat ada beberapa hambatan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 di luar negeri. Bawaslu menilai penentuan daftar pemilih tetap (DPT) di luar negeri lebih sulit dibandingkan dengan di dalam negeri.

“Hal-hal yang tak terpikirkan dari pelaksanaan pemilu di luar negeri yang kemudian tidak sampai diatur secara detail gitu ya di pengaturan-pengaturan kita. Misalnya soal syarat memilih, itu kan pasti ini apa pengecualian. DPT itu tidak semudah kita membuat atau mendatanya di dalam negeri,” ujar komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin dalam diskusi ‘Tantangan Pemilu RI 2019 di Luar Negeri’ di gedung Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Afif mengatakan kebanyakan WNI di luar negeri yang bekerja sebagai buruh migran atau pekerja domestik tidak dapat menunjukkan paspornya karena ditahan majikan masing-masing. Sementara untuk mendata DPT, Bawaslu memerlukan paspor dari tiap WNI.

“Catatan di banyak negara yang katakanlah tanya buruh migran, pekerja domestik, itu ketika seseorang mau diminta paspornya, paspornya juga sebagian ditahan oleh majikan. Tidak semua majikan itu kooperatif atas situasi yang diinginkan,” ucapnya.

“Katakanlah karyawannya itu untuk kemudian minta dikeluarkan dan bisa didata, dan ini terjadi di banyak negara Timur Tengah, di Asia saya kira juga demikian,” lanjut Afif.

Selain itu, sulitnya menentukan DPT terjadi karena jumlah mahasiswa asal Indonesia yang berpindah. Afif mencontohkan seperti di London, yang awalnya memiliki DPT sekitar 3.000, namun berubah setelah dilakukan pengecekan.

“Sebelumnya, di London, misalnya, dalam data yang kita terima sebagai data awal dari teman-teman dukcapil, itu kurang dari 5.000, malah cuma 3.000. Setelah kita cek, malah datanya bertambah besar jadi sekitar 7.000. Katanya ini dampak dari banyaknya mahasiswa yang kemudian lebih memilih sekolah di Inggris begitu,” katanya.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: detik

تعليقات
Loading...