من الطقس الحار إلى المكيف مباشرة، فهذا خطر

Dari Cuaca Panas Langsung Kena AC, Ini Bahayanya

0 675

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – – في الآونة المتأخرة فإن أحوال الطقس في شدة الحرارة. والشمس الحارقة تجعل الناس لا يشعرون بالراحة في الخارج. فمعظم الناس يختارون البقاء في غرفة مكيفة لأن الهواء فيها أكثر برودة.

ومع ذلك، فإن هذه الطريقة ليست جيدة للشعر والبشرة. تقارير تايمز من الهند، الأربعاء (9/5/2018)، تصنف أن الغرفة المكيفة تعتبر على أنها جافة. ذلك لأن مكيف الهواء يصدر الرطوبة من الهواء في الغرفة.

اقرأ أيضا: من أجل الصحة، تجنب هذا النشاط قبيل النوم

مكيف الهواء هو أيضا غير انتقائي في جذب الهواء بحيث يمكن جذب الرطوبة من الجلد. ونتيجة لذلك، تنخفض رطوبة الجلد، مما يجعله جافًا وممتدًا.

إذا كان الجلد غير محمي بشكل كاف لحماية هذا الجذب، يؤثر الجفاف المستمر على ما في الداخل. عندما يجف الجلد ويمتد، فإنه تنشأ منه الحكة. عادة ما يكون الناس الذين لديهم جفاف في الجلد مدركين عندما يصبح الجلد متقشرًا.

اقرأ أيضا: علماء يدرسون كيفية تواصل الفيلة

إن فقدان رطوبة البشرة بسبب سحب الهواء من المكيف، بحيث لا يمكن ترطيبها بشكل جيد يمكن أن يجعلها تتقشر وتتشقق. بالإضافة إلى ذلك، فإن ترطيب الجلد ضروري للحفاظ على تدفق الدم والحفاظ على مرونة. إذا استمر ترطيب الجلد في التعرض لمشاكل فسوف يصبح الجلد مجعدًا. فهذه الحالة تسرع عملية الشيخوخة.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: أوكيزون

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Beberapa hari terakhir kondisi cuaca terbilang sangat panas. Terik matahari membuat orang tidak betah berlama-lama di luar ruangan. Kebanyakan memilih berdiam diri menghabiskan waktu di ruangan ber-AC yang udaranya lebih sejuk.

Akan tetapi, cara demikian sebenarnya tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Melansir Times Of India, Rabu (9/5/2018), ruangan ber-AC tergolong kering. Hal itu lantaran AC mengeluarkan kelembapan dari udara di ruangan.

Pendingin ruangan itu juga tidak selektif dalam menarik udara sehingga kelembapan dari kulit bisa ikut tertarik. Akibatnya hidrasi pada kulit menjadi berkurang sehingga membuatnya kering dan meregang.

Apabila kulit tidak cukup terlindungi untuk menahan tarikan tersebut, kekeringan konstan akan memengaruhi lapisan bagian dalam. Ketika kulit menjadi kering dan meregang, maka timbul rasa gatal. Orang-orang yang memiliki kulit kering biasanya menyadari bila kulit menjadi bersisik.

Hilangnya kelembapan kulit karena tarikan udara dari AC, sehingga tidak terhidrasi dengan baik juga dapat membuatnya mengelupas dan pecah-pecah. Selain itu, hidrasi kulit sangat penting untuk menjaga aliran darah dan mempertahankan elastisitas. Bila hidrasi kulit terus mengalami masalah, maka kulit akan menjadi berkerut. Kondisi ini mempercepat proses penuaan.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Okezone

تعليقات
Loading...