إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

نصيحة لابان عند خسوف القمر الكلي

Rekomendasi LAPAN untuk Awam dalam Menikmati Gerhana Bulan Total

- الإعلانات -

0 298

جاكرتا، إندونيسيا اليومقال رئيس الوكالة الوطنية للملاحة الجوية والفضاء (لابان) توماس جمال الدين إن ظاهرة خسوف القمر الدموي الصغير الذي سيحدث في 28 يوليو 2018 يمكن أن يشاهده جميع الإندونيسيين في كل مكان. يتوقع أن يحدث الخسوف في الساعة 1:24 إلى 05:19 صباحا.

وقال جمال الدين عند الاتصال به يوم الأربعاء 25 يوليو 2018 “يمكننا أن نشاهد هذا الخسوف القمري في كل مكان، مثلما نرى البدر”.

سيشاهد كل الناس خسوف القمر الكلي الذي سيضرب الرقم القياسي لأطول مرحلة بالعين المجردة بشرط أن يكون الطقس مشمسا. على الأقل هناك ثلاثة مواقع مثيرة لمشاهدة خسوف خاصة لأن المسار القمري يكون في النقطة الأبعد.

1. خمسة مكاتب للابان بإندونيسيا

نصيحة لابان عند خسوف القمر الكلي1

وقال جمال الدين إن هناك ما لا يقل عن ستة مكاتب للابان ستفتح خلال فترة خسوف القمر في وقت لاحق. تفتح هذه المكاتب خصيصا للزوار الذين يرغبون في مشاهدة ظاهرة خسوف القمر جماعةً في إندونيسيا. “يقع المكتب الأول في باسوروان، جاوا الشرقية، حيث يوجد 23 تلسكوب لمراقبة خسوف القمر” والأخرى تقع في مدن أخرى مثل بونتياناك وغاروت وبوكيتنغي وسوميدانغ. وذكر جمال الدين، أن أعضاء مجتمع الفلك أو عامة الناس سوف يزورون المكتب.

2. القبة السماوية

نصيحة لابان عند خسوف القمر الكلي2

بالإضافة إلى مشاهدة الخسوف من مكتب لابان، فإن جمال الدين يوصى الجمهور بالقدوم إلى القبة السماوية ليشاهدوا ظاهرة خسوف القمر. وعند هذه النقطة، يمكنهم رؤية عملية قمر الدم الجزئي بالتفصيل باستخدام تلسكوب. وقال “لكن عليهم أن يصبروا لأن استخدام الأداة يكون بشكل دوري”. وأضاف أن القبة السماوية التي يمكن زيارتها هي تامان إسماعيل مرزوقي بجاكرتا.

3. شرفة البيت

نصيحة لابان عند خسوف القمر الكلي3

إذا كنت كسولًا ولا تحب السفر، يمكنك رؤية خسوف القمر الكلي من شرفة المنزل من 02.30 إلى 04.13 على توقيت غرب إندونيسيا. كما يمكنك أن تشاهد الخسوف محتسيا الشاي ومسترخيا مع العائلة.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: تيمبو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kepala Balai Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan fenomena gerhana bulan micro-blood moon yang akan terjadi pada 28 Juli 2018 bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia dari sejumlah tempat. Gerhana diprediksi akan terjadi pada pukul 01.24 sampai 05.19 WIB.

“Gerhana bulan kali ini bisa disaksikan lewat mana saja, sama seperti kita melihat bulan purnama,” kata Djamaluddin saat dihubungi pada Rabu, 25 Juli 2018.

Gerhana bulan total yang akan memecahkan rekor fase terlama ini dapat dilihat dengan mata telanjang asal cuaca cerah. Setidaknya, ada tiga lokasi seru untuk menyaksikan gerhana yang istimewa lantaran lintasan bulan berada pada titik terjauh ini.

1. Di lima kantor LAPAN di Indonesia

Djamaluddin berujar, setidaknya ada enam kantor LAPAN yang bakal dibuka saat gerhana bulan nanti. Kantor ini dibuka khusus bagi pengunjung yang ingin menyaksikan fenomena gerhana bulan secara komunal di Indonesia.

“Pertama di Pasuruan, Jawa Timur. Di sana disediakan 23 teleskop untuk mengamati gerhana bulan,” katanya. Kota lain ialah Pontianak, Garut, Bukittinggi, dan Sumedang. Djamaluddin mengatakan, umumnya kantor LAPAN akan disambangi oleh anggota komunitas astronomi atau masyarakat umum.

2. Planetarium

Selain di kantor LAPAN, Djamaluddin merekomendasikan masyarakat datang ke planetarium untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan. Di titik pengamatan khusus ini, masyarakat dapat melihat proses micro blood moon secara detail menggunakan teleskop.

“Namun, risikonya harus sabar karena alatnya gantian,” ucapnya. Planetarium yang dapat dikunjungi, kata Djamaluddin, misalnya di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

3. Teras rumah

Bila malas bepergian, masyarakat juga dapat melihat gerhana bulan kali ini dari teras rumah. Fase gerhana total bisa disaksikan mulai pukul 02.30 sampai 04.13 WIB. Masyarakat dapat menyaksikannya sambil minum teh dan bersantai dengan keluarga.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Tempo

(11)

تعليقات
Loading...
Click Me