هيئة الأرصاد الإندونيسية: لا يوجد بلد في العالم يمتلك جهاز للتنبؤ بالتسونامي البركاني

BMKG: Tak Ada Negara yang Punya Alat Deteksi Tsunami Vulkanik

0 687

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – موجات تسونامي تعود لتضرب إندونيسيا من جديد. فبعدما كنس تسونامي بالو عدة مقاطعات في بالو و ما حولها، يأتي الدور هذه المرة على محافظتي بانتين و لامبونج. و لم يكن يتوقع أحد أن تضرب تسونامي تلك المنطقة، حيث لم يشعر أحد من السكان بحدوث أي هزات أرضية، و التي غالبًا ما تكون علامة على حدوث تسونامي بعدها.

قال رئيس قسم الجيوفيزيا بهيئة الأرصاد و المناخ و الجيوفيزياء الإندونيسية، السيد محمد سادلي، أن تسونامي بانتين و لامبونج لم ينتج عن نشاط في الصفائح التكتونية. حيث إن الهزة الأرضية التي سببها انفجار بركان جبل أناك كراكاتو هي ما سببت موجة التسونامي، و ليس الانفجار في حد ذاته هو ما سبب تسونامي، و لكن الانهيارات الأرضية التي نجمت عن الانفجار هي ما كونت هذه الموجات القوية.

قال سادلي: “هذه انهيارات، فجبل أنانك كراكاتو لديه فوهة كبيرة. و عندما حدثت الهزة الأرضية لم يحدث شيء، لكن مع الوقت و عند الانفجار سقطت هذه الفوة إلى البحر.” الثلاثاء 25/12.

أضاف: “إذًا الذي حدث هو أن انهيار الجزء الجنوبي الغربي من فوهة الجبل تسبب في نشوء موجة قوية عالية السرعة.”

و أوضح أن هيئته لا تمتلك جهاز للتنبؤ بموجات تسونامي الناتجة عن الانفجارات البركانية. و أكد على أنه في كل العالم لا توجد دولة لديها مثل هذا الجهاز.

و لمنع حدوث مثل تلك الكارثة مرة أخرى و فقدان مئات الضحايا و الأرواح، تصنع هيئة المناخ و الجيوفيزياء نموذج لآلة يمكنها الكشف عن موجات تسونامي الناجمة عن النشاطات البركانية. قال سادلي: “نحن الآن بصدد صنع نموذح لجهاز يحاكي تسونامي ناتج عن  الانهيارات الأرضية.”

و لكن، و وفقًا لسادلي، فإن ابتكار مثل هذا الجهاز يتطلب وقتًا، حيث لم يوجد بعد مثل هذا الجهاز في أي بلد في العالم.

و لإنجاح هذه الفكرة قامت الهيئة بالتنسيق و التعاون مع عدد من الهيئات و الوكالات المعنية. و ستقوم الحكومة الإندونيسية بتركيب أجهزة الاستشعار فيما بعد على عدد من الجبال البركانية لتيسير عمليات المراقبة.

و حتى يتم تنفيذ هذا المشروع طالب سادلي المجتمع و الهيئات المعنية بالكوارث الطبيعية أن يظلوا على حذر.

أضاف سادلي: “لذلك نحن ننبه الجماهير دائمًا على أن يتابعوا تنبيهات هيئة الأرصاد و المناخ و غيرها من المؤسسات المعنية. فعلى سيبل المثال تتابع الهيئات الجيولوجية النشاطات البركانية، و تحذر إذا رأت أن أحد البراكين على وشك الثوران، و تطلب من الجمهور أن يبتعد عن مركز البركان بعدد كافي من الكيلومترات ليكون بأمان.”

 

 

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: kumparan.com


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bencana tsunami kembali melanda Indonesia. Setelah menyapu sejumlah daerah di Palu dan sekitarnya, kali ini tsunami giliran mengamuk meluluhlantahkan daerah Banten dan Lampung. Awalnya tak ada yang mengira bahwa gulungan air itu akan datang, karena sejumlah orang pun tak merasakan adanya gempa besar yang acapkali menjadi pertanda akan datangnya tsunami.

Deputi bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly, mengatakan bahwa aktivitas tektonik bukanlah musabab terjadinya tsunami di Banten dan Lampung. Getaran tremor yang diakibatkan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakataulah yang menyebabkan hal itu terjadi. Bukan erupsi gunung, melainkan adanya longsoran dari gunung yang jatuh ke laut sehingga memicu gelombang besar di laut.

“Ini itu longsoran, jadi di anak krakatau itu dia punya bongkahan itu, itu yang ambruk ke laut, jadi waktu terjadi tremor itu belum apa-apa, tapi lama-lama dia akan runtuh ya, jadi daerah yang bongkahan itu runtuh ke laut karena di goyang terus,” ujar Sadly saat dihubungi kumparan, Selasa (25/12).

“Yang kemarin terjadi itu adalah bagian dari Anak Krakatau di bagian barat daya itu lepas ke laut sehingga menyebabkan gelombang laut yang kecepatannya itu ratusan km per jam,” sambungnya

Kendati demikian Sadly mengatakan memang hingga kini BMKG belum memiliki alat pendeteksi adanya gelombang yang disebabkan akibat adanya peristiwa vulkanik. Ia pun menegaskan hingga saat ini di seluruh dunia sekalipun belum ada satu negara pun yang memiliki alat pendeteksi tersebut.

Untuk mencegah hal itu terulang kembali dan memakan korban lebih banyak lagi, kata Sadly, pihak BMKG telah membuat sebuah model alat pendeteksi tsunami dari aktivitas vulkanik atau longsor. “Sehingga saat ini kita tengah membuat skenario atau pemodelan untuk tsunami yang disebabkan longsor,” ujarnya.

Namun menurutnya, implementasi ide dan masukan tersebut membutuhkan waktu. Hal itu diungkapkan karena menurutnya memang hingga sampai saat ini belum ada negara manapun yang memiliki teknologi tersebut.

Untuk mewujudkan dan ide tersebut, Sadly menyatakan bahwa koordinasi telah dijalin oleh BMKG dengan sejumah pihak atau instansi terkait. Salah satunya yaitu selain membuat alat pendeteksi itu. Pemerintah pun akan memasang sejumah sensor di beberapa gunung untuk mempermudah pengawasan yang dilakukan.

Selagi sistem dan teknologi disiapkan, Sadly meminta kepada masyarakat untuk tetap berpedoman pada peringatan BMKG atau institusi terkait.

“Makanya kita selalu bilang untuk masyarakat ikuti pemberitahuan yang dikeluarkan oleh BMKG, serta intitusi yang punya otoritas, kalo masalah erupsi misalnya ikuti badan geologi pusat vulkanologi, kalau badan vulkanologi bilang harus menjauh sejauh radius berapa kilometer ya lakukan karena kan untuk keselamatan,” tegas Sadly.

Translated by: Momen Magdy | Source: kumparan.com

تعليقات
Loading...