وزير التخطيط متفائل بأن كيك (KEK) بالو ستنمو

Menteri Bambang optimistis KEK Palu berkembang

0 641
بالو، إندونيسيا اليوم- وزير التخطيط للتنمية الوطنية (PPN) وكذلك رئيس وكالة تخطيط التنمية الوطنية (Bappenas) بامبانج بروجونيغارا متفائل بأن المنطقة الاقتصادية الخاصة (كيك/KEK) ستستمر في النمو وفقا لما تستهدفه الحكومة.

 

قد يهمك: منع بيع الخضار على الدرجات في مالوكو الشمالية

“في الاجتماع الأخير، بما في ذلك من منطقة كيك التي كانت في التخطيط، ويوجد فيها المستثمرون. ” قال ذلك الوزير بامبانج بعد افتتاح اجتماع التخطيط للتنمية على مستوى منطقي في منطقة سولاويزي الوسطى في عام 2018 في مدينة بالو يوم الخميس.
إن الوزير بامبانج يتمنى أن تكون استراتيجية تنمية الكيك هي تعزيز الصناعات التحويلية الموجودة في سولاويزي الوسطى، خاصةً الصناعات التحويلية التي تعتني بالموارد الطبيعية في المنطقة.
وقال :”نرى أن كيك بالو ستستمر في النمو”.
وقال مدير شركة باعون بالو سولاويسي الوسطى (BPST) أندي ملحنان طامبولوتو كمدير لكيك بالو أن كل شهر غالبا ترغب فيها شركة أو شركتان يجرون عملية الترخيص في إدارة كيك بالو.
وأوضح ملحنان أن في هذا الوقت، تعديل بشأن قواعد التنفيذ لتقديم الحوافز للمستأجرين أو الشركات التي ترغب في الاستثمار، فضلا عن تطوير البنية التحتية الأساسية التي لا تزال تدفع حتى عام 2019.
وقال مولهانان :”أما الترخيص، فإن ثلاث ساعات ستنتهي”.
تم افتتاح كيك بالو من قبل الوزير المنسق للشؤون الاقتصادية دارمين ناسوتيون في 27 سبتمبر 2017.
“لم أكن أتوقع أن تكون كيك بالو أو ما افتتح من 11 كيكا الأخرى في أنحاء إندونيسيا التي يجري بناؤها. فإن محافظ سولاويسي له اختراقات لذا تصبح الكيك أول ماافتتح.” قال ذلك ناسوتيون.
وذكر محافظ سولاويي الوسطى لونكي دجانجولا أن كيك بالو التي سيتم بناؤها على مساحة 500 هكتار لديها بالفعل مؤسسة كاملة كمدير بحيث يحصل المستثمرون المحتملون على خدمة سريعة ورخيصة.
كيك بالو أدارتها شركة باعون بالو سولاويسي الوسطى، وإنها شركة محلية ببالو. ولقد شكلت هذه الشركة الكونسورتيوم اسمه مركز استثمار الشراكة بين القطاعين العام والخاص كيك-بالو (كيك-بالو PPPIC).
وبناء على المرسوم الرئاسي رقم 58 عام 2017 بشأن تعديل المرسوم الرئاسي رقم 3 لسنة 2016 على تسريع مشروع الاستراتيجية الوطنية، عرف أن كيك من المشاريع الاستراتيجية الوطنية في منطقة سولاويسي الوسطى.
مشروع آخر وهو تطوير العقارات الصناعية موراوولي في منطقة موراوولي. ويبلغ طول مطور البنية التحتية للطرق، وهو طريق بالو – باريغي 83.6 كلم. ومشروع تنمية قدرات ميناء بالو في بانتولوان وإعادة تأهيل شبكة الري الإقليمية أي ري غومباسا  في سيغي.
المترجم : أحمد شكري |المحرر : فارس البدر  | المصدر: انتارا

Palu, Indonesiaalyoum.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro optimistis Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu akan terus berkembang sesuai dengan apa yang ditargetkan pemerintah.

“Dalam rapat terakhir, termasuk salah satu KEK yang sudah jalan dan sudah ada investor yang masuk,” ungkap Menteri Bambang usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 di Kota Palu, Kamis.

Menteri Bambang mengharapkan strategi pengembangan KEK Palu adalah menguatkan industri pengolahan yang ada di Sulteng, terutama industri pengolahan yang mengolah sumber daya alam di daerah tersebut.

“Kami melihat KEK Palu akan terus berkembang,” ujarnya.

Direktur PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) Andi Mulhanan Tombolotutu sebagai pengelola KEK Palu mengatakan setiap bulannya, rata-rata satu hingga dua perusahaan yang berminat dan langsung mengurus perizinan di administrator KEK Palu.

Mulhanan menjelaskan saat ini, yang sedang direvisi terkait aturan pelaksanaan untuk pemberian insentif kepada calon tenant atau perusahaan yang ingin berinvestasi, serta pembangunan infrastruktur dasar yang terus digenjot hingga tahun 2019 mendatang.

“Kalau perizinan, tiga jam sudah selesai,” ungkap Mulhanan.

KEK Palu diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada 27 September 2017 lalu.

“Saya tidak menyangka kalau KEK Palu menjadi yang pertama diresmikan dari 11 KEK yang sedang dibangun di seluruh Indonesia. Ternyata Gubernur Sulteng paling berani melakukan terobosan sehingga KEK Palu menjadi yang pertama diresmikan,” ujar Darmin saat itu.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola melaporkan bahwa KEK Palu yang akan dibangun di atas kawasan seluas 500 hektare telah memiliki kelembagaan yang lengkap sebagai pengelola sehingga para calon investor akan mendapatkan pelayanan yang cepat dan murah.

KEK Palu dikelola oleh PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST), sebuah perusahaan daerah Pemerintah Kota Palu, dan BPST telah membentuk sebuah konsorsium yang diberi nama KEK-Palu Public Privat Partnership Investment Center (KEK-Palu PPPIC)

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 58 tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional, diketahui KEK Palu merupakan salah satu dari sejumlah proyek strategis nasional di Provinsi Sulawesi Tengah.

Proyek lainnya yakni pengembangan kawasan industri Morowali di Kabupaten Morowali. Pembangun infrastruktur jalan nasional yaitu Jalan Palu-Parigi sepanjang 83,6 kilometer. Proyek pengembangan kapasitas pelabuhan Palu di Pantoloan dan rehabilitasi jaringan irigasi daerah yakni irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

تعليقات
Loading...