إندونيسيا وأفريقيا يعززان التعاون في البنية التحتية

Indonesia-Afrika pererat kerja sama pembangunan infrastruktur

0 654

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  ذكر وزير تنسيق الشؤون البحرية، لوهوت بنسار بانجايتان، أن حكومة إندونيسيا مستعدة لتعزيز التعاون في مجال البنية التحتية مع تشكيل فريق بهذا الخصوص من إندونيسيا إلى أفريقيا.

ووفقا للوهوت على هامش برنامج منتدى اندونيسيا وأفريقيا (منتدى اندونيسيا وأفريقيا/ IAF) الذي عقد في نوسا دوا، مركز المؤتمرات في نوسا دوا، بالي، يوم الثلاثاء، إن الحكومة الاندونيسية من خلال وزارة تنسيق الشؤون البحرية بدأت في تشكيل فريق العمل في مجال البنية التحتية من إندونيسيا إلى أفريقيا.

وقال لوهوت باندجايتان “ستشكل الحكومة الاندونيسية فريق عمل وستزور بعض الدول الافريقية التي لديها امكانات.”

فريق عمل، وفقا للوزير لوهوت، بمثابة الهيئة التى يمكن أن تحل كل مشكلة أو أيا من  العقبات، وأيضا لتشجيع كل الإمكانات. تتكون الهيئة من ممثلين عن الحكومة، والشركات المملوكة للدولة (BUMN) ، والقطاع الخاص ، والخدمات المصرفية الوطنية.

“علينا أن نركز` في تشكيل فريق عمل إلى أفريقيا` للمساعدة في حل المشكلة. نحن نريد أن يكون كل شيء سهلا، وينبغي إصلاح اللوائح. وسنعد آلية التمويل، وهو أمر مهم على أساس مصالح الدولة والشفافية المطلقة.” بحسب الوزير لوهوت.

“ولشركة صناعة القطارات (INKA) مشاريع لسكك الحديدية في أفريقيا، وكذلك شركة ويجايا كاريا (WIKA) ووكالة للبنية التحتية المملوكة للدولة (BUMN) لديها مشاريع في البنية التحتية هناك، وستقوم شركة تحديث القوات البحرية (PAL) وشركة الفضاء الجوي لإندونيسيا (DI) بالتوسع هناك، كما سيتم إشراك بنك ستاندرد تشارترد وبنك الاستيراد والتصدير” قال الوزير لوهوت.

وتشمل البلدان الأفريقية التي تستهدفها هذه المشاريع السنغال ونيجيريا وموزامبيق وزامبيا والجزائر وبعض البلدان الأخرى في أفريقيا.

يهدف منتدى إندونيسيا وأفريقيا إلى تعزيز الصداقة والتعاون الاقتصادي في إندونيسيا وأفريقيا.

وأوضح الوزير لوهوت، هذا وفقا لتوجيهات الرئيس جوكو ويدودو أن الصداقة بين إندونيسيا وأفريقيا تعد مثالا منذ نشأتها أثناء عقد مؤتمر آسيا افريقيا عام 1955. للمؤتمر دور كبير في الدول الأسيوية الأفريقية التي ما زال بعضها تحت الاستعمار.

كما وجه رئيس إندونيسيا، جوكو ويدودو، إندونيسيا إلى السعي للحصول على حصة سوقية جديدة والتوسع في القارة الأفريقية على أساس المنفعة المتبادلة.

“مرة أخرى هذه المدة نعتمد فقط على حصة السوق التقليدية، كما هو الحال في بلدان آسيا وأوروبا.” بحسب الوزير لوهوت.

وحضر برنامج منتدى إندونيسيا وأفريقيا ممثلون من 46 دولة في القارة الأفريقية. وعقدت أيضا في البرنامج الذي يجري بتاريخ 10 و 11 أبريل اجتماعات ثنائية مختلفة بين حكومة إندونيسيا وممثلين من مختلف البلدان في أفريقيا.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia siap mempererat kerja sama pembangunan infrastruktur dengan dibentuk Satuan Tugas Infrastuktur Indonesia ke Afrika.

Menurut Luhut, di sela perhelatan Forum Indonesia-Afrika (Indonesia-Africa Forum/IAF) yang dilaksanakan di Nusa Dua Bali Convention Center di Nusa Dua, Bali, Selasa, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menginisiasi pembentukan Satuan Tugas (Task Force) Infrastruktur Indonesia ke Afrika.

“Pemerintah Indonesia akan membentuk `task force` atau satuan tugas dan akan mengunjungi beberapa negara di Afrika yang potensial. Saya kira dalam waktu tidak lama hal ini akan terealisasi,” ujar Luhut Pandjaitan.

Satgas itu, menurut Menko Luhut, berfungsi sebagai badan yang dapat memecahkan setiap masalah yang menjadi hambatan, dan juga dapat mendorong setiap potensi yang ada. Badan itu beranggotakan wakil dari pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN), kalangan swasta dan perbankan nasional.

“Kita harus fokus, pembentukan `task force to Africa` untuk membantu memecahkan masalah. Kami ingin semuanya mudah, regulasi akan kita sesuaikan. Kita siapkan mekanisme pembiayaan, yang penting berdasar kepada kepentingan bangsa dan transparansi adalah mutlak,” ujar dia lagi.

“PT INKA akan ada proyek kereta di Afrika, begitu juga PT WIKA dan BUMN konstruksi lain bangun infrastruktur di sana. PT PAL dan PT DI akan ekspansi ke sana, Standard Chartered dan Bank Exim pun akan kita libatkan,” lanjut Luhut.

Negara-negara di Afrika yang dituju oleh berbagai proyek tersebut di antaranya Senegal, Nigeria, Mozambik, Zambia, Aljazair dan berbagai negara lain di Afrika.??

Ajang IAF 2018 bertujuan untuk mempererat persahabatan dan peningkatan kerja sama ekonomi IndonesiaAfrika.

Menko Luhut menjelaskan, hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa persahabatan antara Indonesia dan Afrika sudah terjalin begitu erat sejak penyelenggaraan Konfererensi Asia Afrika pada 1955. KAA saat itu mempunyai pengaruh besar terhadap negara-negara di Asia Afrika yang sebagian besar masih belum merdeka.

Presiden RI Joko Widodo juga telah mengarahkan agar Indonesia mencari pangsa pasar baru dan berekspansi ke benua Afrika dengan asas saling menguntungkan.

“Selama ini kita hanya mengandalkan pangsa pasar tradisional, semisal di negara-negara di Asia dan Eropa,” ujarnya lagi.

Perhelatan IAF 2018 dihadiri oleh delegasi dari 46 negara di benua Afrika. Dalam ajang yang berlangsung 10- 11 April itu, juga diadakan berbagai pertemuan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan perwakilan dariberbagai negara di Afrika.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...