البرلمان الإندونيسي يرحب برفع العقوبات الإقتصادية عن السودان

Parlemen Indonesia apresiasi keputusan Amerika cabut sanksi ekonomi terhadap Sudan

0 761

 

جاكرتا – إندونيسيا اليوم– رحب مجلس الشعب الإندونيسي (DPR RI) بالقرار الأمريكي وقدره تقديرا كبيرا برفع العقوبات الاقتصادية المفروضة على السودان. صرح بذلك نائب رئيس هيئة العلاقة التعاونية بين البرلمان، الثلاثاء (10/10) بجاكرتا.

 

 

وقال منور لإندونيسيا اليوم إن القرار الأمريكي للسوادن عبارة عن إعلان مكانة السودان بكونها دولة ذات مكانة متساوية مع الدول الأخرى في مكافحة التطرف والإرهاب.

 

وأضاف: “يقدر البرلمان الإندونيسي ويرحب بهذا القرار الهام. سيكون رفع العقوبات الاقصادية الأمريكية المفروضة على السودان، إعلان مكانة السودان بكونها دولة ذات مكانة متساوية مع الدول الأخرى في مكافحة التطرف والإرهاب.

 

وأضح رافي إن رفع العقوبات يبعث رسالة إلى العالم، عن دور السودان ومشاركتها كما هو الحال دولة إندونيسيا، في تطبيق النظام العالمي القائم على الحرية والسلام الأبدي والعدالة الاجتماعية.

 

وفي نفس السياق، قال رئيس كتلة البرلمان حزب العدالة والرفاهية، جزولي جويني، إن رفع العقوبات هو دليل على تطور العلاقات الإيجابية بين الولايات المتحدة والسودان.

 

“نرحب هذا القرار ترحيبا حارا، لأن فرض العقوبات الاقتصادية أو الحصار الاقتصادي لا يفيد أي شخص وخاصة السودان. وهذا القرار إشارة إلى التطور الإيجابي للسودان في إطار علاقتها مع الولايات المتحدة والدول الأخرى بما فيها إندونيسيا”، قال جويني لإندونيسيا اليوم.

 

وأوضح جزولي إن رفع العقوبات يؤثر على العلاقات الإندونيسية السودانية نحو الانفتاح في بناء القلاقات بين الجانبين.

 

 

وأضاف جزولي،” يمكن للسودان وإندونيسيا أن تكونا الأكثر انفتاحا في بناء العلاقات الشراكة التي تعود بالنفع إلى الجانبين، لأن كل الحواجز الاقتصادية والتجارية (بما في ذلك المعاملات المصرفية) صارت مفتوحة. وإن إندونيسيا تؤيد كل السياسات التي تعزز التعاون، والسلام، ورفاهية كل شعب في العالم بما فيه شعب السودان.”

 

 

وفي غضون ذلك، ذكر أحد أعضاء مجلس الشعب الإندونيسي بالجلسة الثالثة، الدكتور سوكامتا، إن إندونيسيا التي تقدم السياسات الخارجية الحرة والنشطة، ترحب بهذا التطور الإيجابي لأنه سوف يعجل الانتعاش الاقتصادي للسودان التي تعرض اقتصادها للانهيار بعد الحرب الأهلية.

 

“تقدم إندونيسيا السياسات الخارجية الحرة والنشطة. وبالطبع، فإننا نأمل من أن يكون هذا الوضع يقوي العلاقات السياسية والاقتصادية للبلدين.”

أضاف سوكامتا إن رفع العقوبات يسهل على السوادن استعادة علاقتها التجارية مع الدول الأخرى التي تعاني من الحصار، وتتوقف علاقتها السياسية والاقتصادية مع إندونيسيا.

 

“وهذا سوف يسهل على السودان استعادة علاقتها التجارية مع الدول الأخرى التي تعاني من الحصار. وقد قدمت إندونيسيا السياسات الخارجية الحرة والنشطة. ونأمل من أن يكون هذا الوضع يقوي العلاقات السياسية والاقتصادية بين البلدين.” أضاف سوكامتا.

وفي وقت سابق الجمعة (6/10)، أصدر الرئيس الأمريكي، دونالد ترامب، على قرار رفع العقوبات الاقتصادية على السودان، فرحب جميع الأطراف المعنية بهذا القرار، من بينهم منظمة التعاون الإسلامي وشعب السودان. (سيرول نفساهو/إندونيسيا اليوم)

JAKARTA, INDONESIAALYOUM.COM – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) menyambut baik dan sangat mengapresiasi keputusan Amerika Serikat mencabut sanksi ekonomi terhadap Sudan
Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen, Rofi Munawar kepada Redaksi Indonesiaalyoum.com, Selasa (10/10) di Jakarta. 

Menurut Rofi Munawar, keputusan AS ini bagi Sudan menjadi deklarasi positioning sebagai negara yang sama dengan negara-negara lainnya dalam memberantas radikalisme dan terorisme

“Parlemen Indonesia sangat apresiatif dan menyambut baik keputusan penting ini. Pencabutan sangsi ekonomi Amerika bagi Sudan akan menjadi sebuah deklarasi positioning Sudan sebagai negara yang sama dengan negara-negara lainnya dalam memberantas radikalisme dan terorisme.” Ungkap Rofi Munawar.

Rofi menambahkan pencabutan sanksi ini juga memberi pesan kepada dunia, bahwa sebagaimana Indonesia, Sudan adalah negara yang turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jazuli Juwaini yang menganggap pencabutan sanksi ini sebagai perkembangan positif hubungan antara AS dan Sudan.

“Tentu kita sambut baik, karena sanksi-embargo ekonomi tidak menguntungkan siapapun terutama rakyat Sudan. Hal ini merupakan perkembangan positif bagi Sudan dalam hubungannya dengan AS dan negara-negara lain termasuk Indonesia” ungkap Juwaini kepada Indonesiaalyoum.com

Pencabutan sanksi ini juga menurut, Jazuli akan mempengaruhi hubungan Indonesia-Sudan ke arah lebih terbuka dalam menjalin kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak.

“Indonesia-Sudan bisa lebih terbuka dalam menjalin kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak karena barier ekonomi dan perdagangan (termasuk transaksi perbankan) telah terbuka semua. Indonesia mendukung seluruh kebijakan yang mempromosikan kerjasama, perdamaian, dan kesejahteraan seluruh rakyat di negara manapun di dunia termasuk Sudan” ungkap Jazuli.

Sementara itu, menurut anggota komisi tiga DPR RI, Dr. Sukamta, Indonesia yang selama ini mengedepankan politik luar negeri yang bebas dan aktif menyambut baik perkembangan ini karena ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi Sudan yang sempat terpuruk karena perang saudara.

“Indonesia selama ini mengedepankan politik luar negeri yang bebas dan aktif. Tentu saja kondisi ini diharapkan bisa lebih menguatkan hubungan politik dan ekonomi kedua negara.”

Pencabutan sanksi ini, lanjut Sukamta, akan lebih memudahkan Sudan membangun kembali hubungan dagang dengan negara lain yang terkendala karena adanya embargo, termasuk hubungan politik dan ekonomi dengan Indonesia.

“Tentu saja ini akan lebih memudahkan Sudan untuk membangun kembali hubungan dagang dengan negara lain yang terkendala karena adanya embargo. Indonesia selama ini mengedepankan politik luar negeri yang bebas dan aktif. Tentu saja kondisi ini diharapkan bisa lebih menguatkan hubungan politik dan ekonomi kedua negara. ” ujar Sukamta
Sebelumnya, Jumat (6/10) lalu, Presiden Amerika Serikat, Donalt Trump penandatangani pencabutan sanksi ekonomi terhadap Sudan. Keputusan ini pun disambut baik berbagai kalangan, termasuk dari OKI dan rakyat Sudan sendiri.

 

تعليقات
Loading...