حضور 120سفيرا في منتدى بحيرة توبا 2017

120 Dubes Hadiri Lake Toba Forum 2017, MICE Danau Toba Semakin Mendunia

0 640

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – حضر 120 سفيرا ودبلوماسيا في منتدى دول المتوسطة والصغيرة اقتصاديا من أفريقيا وآسيان (FORSEAA) في بحيرة توبا يوم السبت (16/12) وأصبح ذلك اليوم يوم خاص لبحيرة توبا، لأن جمالها تمتع به دبلوماسيون من دول مختلفة .

وقد أتوا إلى برنامج منتدى بحيرة توبا 2017 في إطار قمة السياحة القائمة على الحدائق الجيولوجية. بالاضافة إلى الاستمتاع بجمال بحيرة توبا.

البرنامج الذي عقد تحت عنوان “التحدي المبتكر والاقتصاد الجديد”، سيناقش تنمية المشروعات الصغيرة والمتوسطة (UKM) فى مجال الصناعات الصغيرة والسياحة والثقافة مع الزراعة وتجهيز الأغذية والمعلومات الابتكارية والتكنولوجيا في دول أفريقيا و جنوب شرق آسيا.

وقال حاكم سومطرة الشمالية تنكو إرى نورادى إن هذا البرنامج لمنتدى بحيرة توبا يتوقع أن تبذل الجهود لتعزيز السياحة بحيرة توبا. كما أنه يتوفع أن يكون قادرا على تطوير بحيرة توبا باعتبارها واحدة من الوجهات الرئيسية في العالم.

وقال تينغكو ايري “ان هذا المنتدى يعد فرصة ثمينة لان سفراء الدول الاسيوية والافريقية حضروا وهذا بالتأكيد سيزيد بحيرة توبا شهرة “.

وبالإضافة إلى ذلك، حضر في هذا المنتدى أيضا أصحاب المشاريع من مختلف الدول. وبالطبع ينبغي أن نستفيد من حضورهم لجذب الاستثمار في منطقة بحيرة توبا.

جدير بالذكر إن منتدى بحيرة توبا 2017 عقد في فندق إينا بارابات. في المساء، و سيتم تقديم حفلة العشاء للمشاركين إضافة إلى عرض أزياء قبيلة باتاك في فندق نياجرا، بارابات.

وفي يوم الأحد (17/12)، سيتمتع المشاركون بجمال بحيرة توبا. وسيعرض لهم عادات وثقافة بحيرة توبا ثم تقام رحلة بالقارب إلى جزيرة ساموسير.

ومنذ وصولهم الى مطار سيلانجيت يوم السبت (16/12) مع طائرة جارتير باتيك اير A320، قد عرض لهم الثقافات المختلفة في بحيرة توبا. وكانوا يستقبلون بالرقص الترحيب و قدموا بالوجبة الخفيفة خاصة لتابانولي أومبوسومبوس.

وفي سياق متصل رحب وزير السياحة عريف يحيى بعقد منتدى بحيرة توبا 2017 وهو يرى أن حضور السفراء بالتأكيد سيجعل بحيرة توبا أكثر شهرة في العالم.

وأضاف الوزير عريف يحيى “منذ أن طورت سيلانغيت قدرتها ومرافقها وتحويل حالتها إلى المطار الدولي يزداد تدفق عدد الوافدين،وهذا الامر بالتأكيد سيؤثر على حياة المجتمع”.

كما أعرب عن أمله في أن يستفيد السكان المحلي من هذا التقدم بالدعم من الحكومة المحلية للحصول على أفضل النتائج.

إقرأ أيضا: تسامح الشباب المسلم في جاكرتا مثال يحتذى

وقال الوزير: “إن المجتمع يجب ان يكون مستعدا ويجب على الحكومة المحلية ان تشجع وتقدم المساعدات حتى يستفيد المجتمع حقا ويتطور إلى الأفضل”.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : وزارة السياحة

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sebanyak 120 duta besar dan diplomat yang tergabung dalam Forum of Small Medium Economic Africa Asean (FORSEAA) hadir di Danau Toba. Sabtu lalu menjadi hari yang istimewa bagi Danau Toba, sebab keindahannya dinikmati oleh para diplomat dari banyak negara.

Kedatangn mereka untuk hadir di ajang Lake Toba Forum 2017 dalam rangka Summit Pariwisata Berbasis Geopark. Selain juga tentunya menikmati keindahan Danau Toba.

Kegiatan yang mengusung tema “Innovative Challenge & New Economy” ini akan membahas pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang industri kecil, pariwisata dan budaya. Serta pertanian dan pengolahan pangan dan inovasi pengetahuan dan teknologi di negara-negara Afrika dan ASEAN.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengatakan, kegiatan ini tentunya juga menjadi salah satu upaya untuk semakin memajukan pariwisata Danau Toba. Diharapkan Lake Toba Forum akan mampu mengangkat Danau Toba sebagai salah satu destinasi andalan dunia.

“Forum ini begitu strategis, karena dihadiri para duta besar dari negara-negara Asia dan Afrika. Sehingga akan semakin meningkatkan promosi Danau Toba,” ujar Tengku Erry.

Selain itu, kegiatan ini juga turut dihadiri para pengusaha dari berbagai negara. Yang tentunya harus dapat dimaksimalkan untuk menarik investasi di kawasan Danau Toba.

“Para kepala daerah yang ada di sekitar kawasan Danau Toba saya harapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik untuk pengembangan kawasan Danau Toba,” ujarnya.

Lake Toba Forum 2017 sendiri berlangsung di Hotel Inna Parapat. Di malam hari, para delegasi akan disuguhkan dengan gala dinner dan fashion show busana nusantara etnis Batak di Hotel Niagara, Parapat.

Keesokan harinya, pada Minggu (17/12), rombongan akan menikmati langsung keindahan Danau Toba. Mereka akan diajak menikmati adat dan budaya dan suguhan Danau Toba serta boat trip ke Pulau Samosir.

Sejak tiba di Bandar Udara Silangit pada Sabtu (16/12) siang dengan penerbangan charter Batik Air A320, para delegasi sendiri sudah disuguhkan ragam budaya di Danau Toba. Mereka disambut dengan tari penyambutan dan disuguhi camilan khas Tapanuli Ombusombus.

“Forum ini diharapkan teragendakan setiap tahun,” ujar Tengku Erry.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya Lake Toba Forum 2017. Menurutnya kehadiran para duta besar tentunya akan membuat Danau Toba semakin dikenal dunia.

“Sejak Silangit kapasitas dan fasilitasnya ditingkatkan dan statusnya pun menjadi bandara internasional, arus kedatangan terus meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak ke kehidupan masyarakat,” ujar Menpar Arief Yahya.

Ia pun berharap perkembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh nasyarakat yang didukung oleh pemerintah setempat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Masyarakat harus siap. Pemerintah daerah mendorong dan memberikan pendampingan. Sehingga masyarakat benar-benar menikmati dan merasakan langsung dampaknya,” kata Menpar.(*)

 

تعليقات
Loading...