إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

7 مناطق سياحية بإندونيسيا اشتهرت بسبب أسطورتها

Tujuh Destinasi Wisata di Indonesia Ini Populer karena Legendanya

- الإعلانات -

0 228

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – لإندونيسيا مناطق سياحية جذابة، ومعالم وثقافات متعددة لكل مناطقها. وأحد تلك الأساطير الشعبية التي تقص جيلا بعد جيل، من الأجداد إلى الأحفاد.

مع أنها مجرد أسطورة محلية، ولكنها في بعض الأماكن السياحية تجذب السياح لمنطقتها حتى إنها أصبحت مشهورة ومعروفة.

والخلاصة لتلك المناطق السياحية كالآتي:

  1. جاندي برامبانان، جوغجاكارتا
جاندي برامبانان، جوغجاكارتا
جاندي برامبانان، جوغجاكارتا

جاندي برامبانان يعتبر معبد الهندوس الأكبر بإندونيسيا وفي جنوب شرق آسيا. وتعرف أيضا بجاندي رورو جونجغرانج. جاندي برامبانان معروفة بقصة حب مرفوض
ومن ضمن المناطق السياحية التي اعترف بها يونيسكو (UNESCO).

قد يعجبك أيضا: معبد برامبانان المهيب

جاندي برامبانان من المناطق السياحية التي على السياح زيارتها عند التواجد بجوغجاكارتا. يحكى، أن الأرجا (arca) الصنم المتواجد داخل جاندي برامبانان اكتمل بعد أن لعن الأمير باندونج الأميرة رورو جونجغرانج كي تصبح الصنم الأخير أي الـ 1000.

لعن الأمير باندونج الأميرة رورو جونجغرانج للخداع التي فعلتها تجاهه، حيث إنها أمرت السكان بدق الأرز كي يصيح الديك معلنا بالصباح.

  1. جبل القارب المقلوب، جاوى الغربية
فوهة البركان أو فوهة الملكة على جبل القارب المقلوب
فوهة البركان أو فوهة الملكة على جبل القارب المقلوب

الرحلة إلى باندونج لا تكتمل إن لم تزر المنطقة السياحية المتواجدة على ارفاع 2.084 متر، منطقة جبل القارب المقلوب لا تعرض فقط المناظر الخلابة كي يستمتع كل ناظريه بها، بل فيها أيضا الهواء والجو المنعش لكل زائريها.

بغض النظر عن جمالها، فإن جبل القارب المقلوب يخفي قصة حب غير مباح بين أم وابنها. يحكى، أن هذا الجبل هو القارب الذي ركله سانجكوريانج عندما فشل في تحقيق طلب دايانج سومبي.

دايانج سومبي هي أم سانجكوريانج وفي نفس الوقت من عرق الآلهة التي يود سانجكوريانج خطبتها. وهي التي رجت من سانجكوريانج صنع قارب وبحيرة في ليلة واحدة فقط كامتحان على صدق نية سانجكوريانج.

  1. بحيرة توبا، سوماطرة الشمالية
بحيرة توبا
بحيرة توبا

بحيرة توبا تعرف بأكبر بحيرة بإندونيسيا. لشهرتها ولمنطقتها السياحية، أصبحت بحيرة توبا من المناطق السياحية المفضلة لدى وزارة السياحة وتعرف أيضا باسم بالي الجديدة.

لكن مع الأسف، في وسط حماسة الحكومة الإندونيسيا في ترويج بحيرة توبا. ظهرت قصة مروعة. غرقت باخرة سينار بانجون في رحلتها وركابها البالغين أكثر من 100 راكب أصبحوا ضحايا.

بالرغم أن الباخرة غرقت لكثرة ركابها، هناك اعتقادات أخرى مختلفة، يعتقد أن الحادثة لها ارتباط بحادثة السمك الذهبي الضخم ذو 14 كيلو الذي تم اصطياده قبل أيام.

لم يطع الصيادون زعيم القبيلة عندما أمر باطلاق سراح السمك للبحيرة بل قامو بتناوله جماعة. مع أن الأسطورة تحكي أن بحيرة توبا تواجدت من دموع امرأة كانت من أصل سمكة. حزنت المرأة وبكت لعدم وفاء زوجها بوعده. حتى أنه نادى ابنه ساموسير بابن السمك.

  1. شاطيء بارانجكريتيس، جوغجاكارتا
 شاطيء بارانجكريتيس
شاطيء بارانجكريتيس

تقع على الساحل الجنوبي لجوكجاكارتا. شهرة شاطيء بارانجكريتيس كمنطقة سياحية لا شك فيك. جمال الشاطيء مع الأمواج تجعله مشهورة ليس فقط للسياح داخل البلاد بل وللسياح خارج البلاد.

يؤمن بأنها بوابة مؤدية إلى مملكة نيي رورو كيدول، ملكة بحر الجنوب، شاطيء بارانجكريتيس وتعتبر منطقة مقدسة وغامضة. لذلك عند القدوم لهذه المنطقة يقترح بعدم ارتداء الزي الأخضر حتى لا تختطفك نيي رورو كيدول.

  1. شاطيء الماء العذبة، غرب سوماطرة
صخرة مالين كوندانج بشاطيء الماء العذبة، غرب سوماطرة
صخرة مالين كوندانج بشاطيء الماء العذبة، غرب سوماطرة

من الذي لم يسمع بأسطورة مالين كوندانج، الفتى العاق تجاه أمه بعد نجاحه وأصبح رجل غني ولديه زوجة جميلة؟

لعنت أم مالين الحزينة ابنها مالين بعد أن رفض الاعتراف بها كأمه وأصبح صخرة. تمثال مالين كوندانج الساجد راجيا العفو من أمه تجده بشاطيء الماء العذبة. جنوب بادانج، غرب سومطرة. هذه الأسطورة تجعل من الشاطيء واحد من أحد المناطق السياحية المفضلة في غرب سومطرة وعليك المجيء إلى هذه المنطقة. في الشاطيء المغطى برمال بيضاء المائلة للون البني لا تجد فيها صخرة مالين فقط بل هناك صخور كبيرة تعتقد على أنها حطام من سفينته.

  1. جزيرة كومودو، لابووان باجو
كومودو بجزيرة كومودو
كومودو بجزيرة كومودو

جزيرة كومودو بلابووان باجو. نوسا تينجغارا تيمور تعتبر واحد من المناطق السياحية المعترفة بيونيسكو (UNESCO) منذ عام 1991. يتواجد فيه حيوان زاحف يعود إلى العصر الحجري وهو الوحيد في العالم. عليك المجيء لهذه الجزيرة عند تواجدك في نوسا تينجغارا تيمور.

وتبين أيضا إلى جانب كونها بيت للحيوانات النادرة تبين أن لهذه الجزيرة أسطورة مشوقة ومعروفة بين سكانها. يحكى أن كومودو واحد من إحدى توأم الأميرة المدعوة أميرة ناغا وزوجها موجا. خشية من العيب نفرت من ابنها الذي على شكل سحلية (أورا) ووضعته في عمق الغابة. وفي أحد الأيام، يود غيرونج الذي كان بشرا أن يقتل أخيه التوأم أورا برميه بالرمح عندما كان يصطاد في الغابة.

من حسن الحظ استطاعت الأم اللحاق به في الوقت المناسب وروت له بالقصة. ومنذ ذلك الحين يعيش الإنسان سويا مع كومودو.

  1. بحيرة كيليموتو، نوسا تينجغارا تيمور
بحيرة كيليموتو
بحيرة كيليموتو

تعرف ببحيرة الألوان الثلاثة. بحيرة كيليموتو تخفي قصة غامضة يقشعر منها سامعها. السبب في اختلاف الألوان يؤمن بأنها ناتج من صفات الإنسان الذي غرق بداخلها.

يحكى، أن بحيرة كيليموتو تشكلت بعد عراك صاخب بين آتا بولو، العراف الذي يحب أكل البشر وآتا بوبو شخصية من الشعب معروف بطيبته.

عراك بين الأصدقاء بعد أن شعر آتا بولو بأن آتا بوبو كذب عليه. سكان المنطقة يثقون أن لبحيرة الألوان الثلاثة قوة سحرية. لا عجب أن الكثيرين يأتون لأجل الصحة والإرشاد. إنها مشوقة أليس كذلك. حسنا، ماهي المنطقة السياحية المفضلة لك بإندونيسيا؟

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: فارس البدر | المصدر: كومبارانج


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia memiliki beragam kearifan lokal yang menarik dan jadi nilai tambah bagi wisatanya. Salah satu di antaranya adalah legenda dan cerita rakyat yang diceritakan secara turun-temurun.

Kehadiran legenda itu bukan hanya menjadi ‘asal-usul’ atau mitos semata. Di beberapa tempat, mitos tersebut bahkan menjadi pendongkrak popularitas kawasan wisata.

Berikut tujuh destinasi wisata Indonesia yang populer lewat legenda.

1. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan merupakan kawasan candi Hindu terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Dikenal juga sebagai Candi Roro Jonggrang, Candi Prambanan terkenal dengan kisah cinta yang tak terbalas.

Menjadi salah satu warisan dunia UNESCO, Candi Prambanan merupakan destinasi wisata yang wajib kamu datangi saat berada di Yogyakarta.

Konon, arca dalam Candi Prambanan baru lengkap setelah Pangeran Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang sebagai arca keseribu.

Sang pangeran mengutuk Roro Jonggrang karena ia mencurangi Bandung Bondowoso dengan memerintahkan warga untuk menumbuk padi agar ayam jantan berkokok, sebagai tanda hari telah pagi.

2. Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat

Ke Bandung rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Berada di ketinggian 2.084 meter, kawasan Gunung Tangkuban Perahu bukan hanya menyajikan pemandangan yang memanjakan mata, tapi juga udara dan aroma yang sejuk bagi setiap pengunjungnya.

Namun di balik keindahannya, Gunung Tangkuban Perahu menyimpan kisah cinta terlarang antara ibu dan anaknya. Menurut legenda, Gunung Tangkuban Perahu adalah wujud perahu yang ditendang oleh Sangkuriang saat ia gagal memenuhi permintaan Dayang Sumbi.

Dayang Sumbi adalah ibu sekaligus wanita titisan dewi yang hendak dilamar oleh Sangkuriang. Ia jugalah yang memohon pada Sangkuriang untuk dibuatkan perahu dan telaga hanya dalam semalam sebagai ujian atas ketulusan Sangkuriang.

3. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba dikenal sebagai danau terbesar di Indonesia. Karena kepopuleran dan potensi wisata yang ia miliki, Danau Toba bahkan menjadi salah satu destinasi wisata prioritas Kementerian Pariwisata atau yang dikenal sebagai Bali Baru.

Sayang di tengah gembornya Pemerintah Indonesia mempromosikan Danau Toba, sebuah kisah tragis muncul. Kapal Motor Sinar Bangun tenggelam saat melakukan perjalanan dan memakan korban lebih dari 100 penumpang.

Meski KM Sinar Bangun dinyatakan tenggelam karena kelebihan muatan, ada pula yang beranggapan berbeda. Kabarnya ada anggapan yang menyangkutpautkan insiden itu dengan ikan emas sebesar 14 kg yang didapat pemancing beberapa hari sebelumnya.

Para pemancing tidak mengindahkan tetua adat yang menyuruh mereka untuk mengembalikan kembali ikan mas raksasa itu dan malah menyantapnya bersama.

Padahal mitosnya Danau Toba terbentuk dari air mata seorang wanita yang dulunya seekor ikan. Wanita tersebut sedih dan menangis karena sang suami tak bisa menepati janji, serta menyebut anaknya, Samosir, sebagai anak ikan.

4. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Berada di pesisir selatan Yogyakarta, popularitas Pantai Parangtritis sebagai destinasi wisata pastinya tidak bisa diragukan lagi. Keindahan pantai yang berpadu dengan ombak tinggi menjadikan Pantai Parangtritis sebagai salah satu ikon wisata yang tak hanya dikenal wisatawan dalam negeri, tapi juga mancanegara.

Diyakini sebagai gerbang menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul, si penguasa laut selatan, Pantai Parangtritis dianggap sebagai kawasan yang keramat dan mistis. Karenanya saat berkunjung ke pantai ini, kamu disarankan untuk tidak menggunakan pakaian berwarna hijau agar tak diculik oleh Nyi Roro Kidul.

5. Pantai Air Manis, Sumatera Barat

Siapa yang tak pernah mendengar legenda Malin Kundang, anak laki-laki yang durhaka pada ibunya setelah sukses menjadi juragan kaya dan memiliki istri yang cantik?

Malin dikutuk menjadi sebuah batu oleh sang ibu yang sedih karena tidak diakui oleh anaknya sendiri. Patung Malin Kundang yang bersujud memohon ampun pada ibunya dapat kamu temukan di Pantai Air Manis, Padang Selatan, Sumatera Barat.

Legenda ini pula yang menjadikan Pantai Air Manis menjadi salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Barat sekaligus wajib dikunjungi.

Di pantai berpasir putih kecoklatan tersebut, bukan hanya patung Malin Kundang saja yang bisa kamu temukan, tapi juga batuan besar yang diyakini sebagai pecahan kapalnya.

6. Pulau Komodo, Labuan Bajo

Pulau Komodo di Labuan Bajo, NTT adalah salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 1991. Berisi binatang reptil purba satu-satunya di dunia, Pulau Komodo wajib kamu sambangi saat berada di NTT.

Tapi ternyata selain dihuni oleh hewan langka, Pulau Komodo juga punya legenda yang menarik dan populer di masyarakat setempat. Konon, komodo adalah salah satu anak kembar dari seorang putri yang dijuluki Putri Naga dengan suaminya Moja.

Karena malu, ia mengasingkan anaknya yang berbentuk kadal (Ora) ke dalam hutan. Suatu hari, Gerong, saudara kembar Ora yang berbentuk manusia hendak membunuhnya dengan tombak saat sedang berburu di hutan.

Beruntung sang ibu datang tepat waktu dan menceritakan semuanya. Sejak saat itu baik manusia maupun komodo hidup berdampingan .

7. Danau Kelimutu, NTT

Terkenal dengan sebutan Danau Tiga Warna, Danau Kelimutu menyimpan kisah kelam yang mampu buatmu bergidik ngeri. Pasalnya, perbedaan warna yang dihasilkan di tiga danau kabarnya berasal dari sifat manusia yang terbenam di dalamnya.

Konon, Danau Kelimutu terbentuk setelah terjadi pertarungan sengit antara Ata Polo, tukang tenung yang gemar memakan manusia dengan Ata Bupu, tokoh masyarakat yang dikenal baik.

Pertengkaran antarteman itu terjadi setelah Ata Polo merasa dibohongi oleh Ata Bupu. Masyarakat setempat percaya bahwa Danau Tiga Warna memiliki kekuatan magis. Tidak heran banyak penduduk yang datang untuk meminta kesehatan dan petunjuk.

Menarik sekali, ya. Mana wisata populer di Indonesia dengan legenda yang jadi favoritmu?

(33)

تعليقات
Loading...
Click Me