إندونيسيا ضيف شرف للمملكة العربية السعودية في مهرجان الجنادرية 33

Indonesia Tamu Kehormatan Arab Saudi di Festival Janadriyah Ke-33

0 988

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  دعت حكومة المملكة العربية السعودية إندونيسيا كضيف شرف في فعاليات مهرجان الجنادرية 33. وأصبح المهرجان مكان للبلدين لتبادل علاقة وثيقة للغاية.

وأكد السفير الإندونيسي لدى المملكة العربية السعودية، أغوس مفتوه أبيغبريل، أنه تم اختيار إندونيسيا كضيف شرف.

بدأ مهرجان الجنادرية منذ 21 عاما. ويعد المهرجان للتراث والثقافة الوطنية للمملكة العربية السعودية كأحد أكبر المهرجانات في العالم.

وأعرب السفير أبيغبريل عن شكره للملك سلمان بن عبد العزيز آل سعود وولي العهد محمد بن سلمان على الدعوة.

وقال الدبلوماسي الإندونيسي إن “سونيسيا” مصطلح جديد في العالم الدبلوماسي جاء من كلمتي العربية السعودية وإندونيسيا.

وقال أبيغبريل: “اليوم هو وقت سونيسيا، يعني أننا في الفترة الذهبية لعلاقاتنا الثنائية، كما يتضح من تبادل الزيارات على المستوى الأعلى”.

وقد زار الرئيس جوكو ويدودو المملكة العربية السعودية في عامي 2015 و 2017، وقام الملك سلمان بزيارة إندونيسيا في مارس 2017. ووفقاً لأبيغبريل ، مع زيارة كل منهما للآخر، التزم الزعيمان بتعزيز العلاقات الثنائية إلى تعاون أكثر شمولية واستراتيجية.

وقال: “لقد وقع البلدان مذكرة تفاهم حول التعاون الثقافي في مارس 2017 ، ومشاركة إندونيسيا في الجنادرية هي متابعة لمذكرة التفاهم”، حسب ما نقلته صحيفة عرب نيوز، يوم الأحد (16/12/2018).

“نحن سعداء للغاية لإتاحة هذه الفرصة لعرض ثقافتنا وتراثنا المتنوع في جناحنا الخاص خلال الفعاليات”. قال.

وقال إن إندونيسيا ستشجع أيضا الوجهات السياحية ذات المستوى العالمي والمنتجات عالية الجودة لسكان المملكة العربية السعودية.

وقال: “من خلال زيادة العلاقات الثقافية، نروج لمزيد من الاتصالات بين الناس حتى يكون لدى كلا الطرفين تفاهم متبادل أفضل”.

وأضاف: “أتمنى أن أرحب بأعضاء العائلة المالكة والمسؤولين الحكوميين ومجتمع الأعمال والسعوديين بالإضافة إلى الفيلق الدبلوماسي والأشخاص من دول أخرى في الجناح الاندونيسي خلال فعاليات مهرجان الجنادرية”.

وأشرف الملك سلمان على حفل افتتاح فعاليات مهرجان الجنادرية 33 في 31 ديسمبر 2018. واسم المهرجان الذي يستغرق 18 يومًا مأخوذ من اسم قرية على المشارف الشمالية للرياض حيث تقام المهرجانات سنوياً للاحتفال برموز الهوية السعودية. ومنظمو المهرجان هم قسم الحرس الوطني.

قبل أن تصبح إندونيسيا ضيف شرف في مهرجان الجنادرية 33، كانت العديد من الدول أيضًا ضيوف شرف في المهرجان السابق. على سبيل المثال، الهند في مهرجان الجنادرية 32، ومصر في مهرجان 31، وألمانيا في مهرجان الجنادرية 30، والإمارات العربية المتحدة في مهرجان الجنادرية 29.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر: سندو نيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Pemerintah Arab Saudi mengundang Indonesia sebagai tamu kehormatan di festival Janadriyah ke-33. Festival ini juga menjadi ajang kedua negara untuk berbagi hubungan yang sangat dekat.

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengonfirmasi dipilihnya Indonesia sebagai tamu kehormatan tersebut.

Festival di Janadriyah dimulai sejak 21 tahun silam. Festival untuk heritage dan kebudayaan nasional Arab Saudi ini tercatat sebagai salah satu festival terbesar di dunia.

Dubes Abegebriel berterima kasih kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas undangan tersebut.

Diplomat Indonesia itu mengatakan “Saunesia” adalah istilah baru di dunia diplomatik yang berasal dari kata Arab Saudi dan Indonesia.

“Hari ini adalah waktu Saunesia, yang berarti kita berada di periode emas dari hubungan bilateral kita, sebagaimana tercermin dalam pertukaran kunjungan di tingkat tertinggi,” kata Abegebriel.

Presiden Joko Widodo mengunjungi Arab Saudi pada tahun 2015 dan 2017, dan Raja Salman mengunjungi Indonesia pada Maret 2017. Menurut Abegebriel, dengan aksi saling berkunjung itu, kedua pemimpin telah berkomitmen untuk meningkatkan hubungan bilateral menjadi kerjasama yang lebih komprehensif dan strategis.

“Kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama budaya pada Maret 2017, dan partisipasi Indonesia di Janadriyah adalah tindak lanjut dari MoU,” katanya, yang dikutip dari Arab News, Minggu (16/12/2018).

“Kami sangat senang memiliki kesempatan ini untuk menampilkan beragam budaya dan warisan kami di paviliun khusus kami selama acara.” ujarnya.

Dia mengatakan Indonesia juga akan mempromosikan tujuan wisata kelas dunia serta produk-produk berkualitas tinggi kepada masyarakat di Arab Saudi.

“Dengan meningkatkan hubungan budaya, kami mempromosikan lebih banyak kontak antar-orang sehingga kedua belah pihak akan memiliki pemahaman bersama yang lebih baik,” katanya.

“Saya berharap untuk menyambut anggota keluarga kerajaan, pejabat pemerintah, komunitas bisnis dan orang-orang Saudi, serta korps diplomatik dan orang-orang dari negara lain di paviliun Indonesia selama festival Janadriyah,” imbuh dia.

Raja Salman akan menjadi pembimbing dan pelindung upacara pembukaan festival Janadriyah ke-33 pada 31 Desember 2018. Nama festival 18 hari itu diambil dari nama desa di pinggiran utara Riyadh di mana festival diadakan setiap tahun untuk merayakan simbol-simbol identitas Saudi. Penyelenggara festival adalah Departemen Garda Nasional.

Sebelum Indonesia jadi tamu kehormatan di festival ke-33, beberapa negara juga menjadi tamu kehormatan pada festival sebelumnya. Contoh, India pada festival Janadriyah ke-32, Mesir pada festival Janadriyah ke-31, Jerman pada festival Janadriyah ke-30 dan Uni Emirat Arab di festival Janadriyah ke-29.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Fares badr | Sumber:  Sindonews

تعليقات
Loading...