الحافلة السياحية المفتوحة مجهزة لحمل السياح في جولة حول مدينة تانجيرانج

Bus Wisata Terbuka Siap antar Pelancong Menyusuri Kota Tangerang

0 837

تانجيرانج ، إندونيسيا اليوم – يخطط مكتب الثقافة والسياحة والبستنة لمدينة  تانجيرانج لتجهيز حافلة سياحية تحمل المسافرين للاستمتاع بالعديد من مناظر المدينة. تم تصميم الحافلات السياحية المفتوحة بحيث يسهل  للركاب الرؤية الرائعة.

وقال أمير مدينة  تانجيرانج عارف إن العديد من المدن الكبرى في إندونيسيا تتطلع لبرنامج “جولة في المدينة” باستخدام الحافلات المفتوحة. هذا البرنامج هو في الواقع جذب سياحي ينبغي الاهتمام به.

“لاسيما  لمدينة تانجيرانج لديها مجموعة متنوعة من المواقع السياحية الكاملة، بدءا من حدائق المدينة والجولات التاريخية والجولات الدينية والتسوق”.

وقد قامت بعض المدن في إندونيسيا بتشغيل حافلات سياحية مفتوحة، من بينها سوراكارتا (سولو) وباندونج. في جاكرتا متاح أيضا ، ولكن مع حافلة طبية(غير مفتوح).

لذلك، ستستخدم الحكومة حافلات ترانس تانجيرانج المعطلة لتحويلها إلى حافلة سياحية. وكانت تلك الحافلات تستخدم لخدمة طريق تانجيرانج – كالي ديريس وانتهت في تامان أنجريك.

وقال عارف: “سنقوم بتحسين تلك الحافلات لتصبح حافلات سياحية”.

وستقوم تلك الحافلات السياحية بعد ذلك بخدمة الطريق من تامان بوتريت – تامان كاجاه كامبونج بيكيلير – مسجد أكونج – جسر باريندينج ثم الانتقال إلى مسجد رايا العظيم. “ثم العودة إلى تامان بوتريت “.

يزيد مستوى الزيارات إلى مدينة تانجيرانج من سنة إلى أخرى وفقا لبيانات وزارة الثقافة والسياحة والبستنة بنسبة 20%. ففي عام 2017، وقد بلغ مجموع الزيارات 1.047.747 زيارة . وفي هذا العام حتى مايو 2018 هناك 443,153 سائح قام بزيارة مدينة تانجيرانج .

“سيستمر هذا العدد في الزيادة” قال المسؤول عن السياحة ريزال ريدلهو.

المترجمة  : مايا يونياتي | المحرر :  د . فارس البدر | المصدر: تيمبو


Tangerang, Indonesiaalyoum.com –   Kantor Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang berencana menyiapkan bus wisata yang akan membawa pelancong menikmati berbagai sudut kota. Bus wisata ini  didesain terbuka sehingga penumpang leluasa menebarkan pandangan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan sudah banyak kota-kota besar di Indonesia melirik program city tour menggunakan bus terbuka. Program ini memang menjadi atraksi wisata yang menarik untuk ditawarkan. “Apalagi (untuk) kota Tangerang memiliki berbagai spot wisata yang lengkap, mulai dari taman kota, wisata sejarah, wisata religi dan wisata belanja,” kata dia di Tangerang, Senin, 1/7.

Beberapa kota yang telah mengoperasikan bus wisata terbuka ini, atara lain, Surakarta (Solo) dan Bandung. Di Jakarta juga sudah tersedia, namun dengan bus biasa (tidak terbuka).

Oleh karena itu pemerintah akan memanfaatkan bus-bus Trans Tangerang yang sudah tidak beroperasi untuk disulap menjadi bus wisata. Bus-bus tersebut dulu melayani rutea Tangerang-Kali Deres dan berakhir di Taman Anggrek

Namun karena ada peraturan Gubernur DKI yang membatasi rutenya cuma sampai Kalideres, pengelolanya kebaratan dan memilih menghentikan sama sekali. “Kita akan mengoptimalkan bus tersebut menjadi bus wisata,” kata Arief.

Bus wisata tersebut nanti akan melayani rute dari Taman Potret-Taman Gajah-Kampung Bekelir-Masjid Agung-Jembatan Berendeng dan lanjut ke Masjid Raya Al-‘Azhom. “Kemudian balik lagi ke Taman Potret.”

Tingkat kunjungan ke kota Tangerang dari tahun ke tahun menurut data Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan mengalami peningkatan 20 persen. Pada tahun 2017 total ada kunjungan 1.088.747. Lalu tahun ini hingga Mei 2018 sudah ada 443.153 wisatawan yang berkunjung.

“Dan ini akan terus bertambah,” ujar Kabid Pariwisata Rizal Ridholloh.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares Al.badr | Sumber: Tempo

تعليقات
Loading...