إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

زيارة خمسة أماكن سياحية في باتام ليوم واحد

Cuma Sehari di Batam, Kamu Bisa Pergi ke 5 Wisata Asyik Ini Lho!

562

باتام، إندونيسيا اليوم – قد يذهب الناس إلى باتام للعبور فقط مثل انتظار الرحلة التالية من الرحلات الدولية. حسنا، بشكل عام، عند الوقوف في باتام، يتحير بعض الناس أين يذهبون.

يوصي موقع اندونيسيا اليوم بالعديد من الأماكن التي يمكن زيارتها ليوم واحد. موضعه ليس بعيداً عن المطار. ويمكن الوصول إليه بالدراجة النارية الأجرة على الإنترنت أو تاكسي. يمكنك أيضا استئجار دراجة نارية عادية.

  1. جسر باريلانج
جسر باريلانج في باتام - اندونيسيا اليوم
جسر باريلانج في باتام

في وقت مبكر من الصباح، تعال إلى باريلانج. هذا هو هدفك الأوّل. باريلانج هو اختصار من  باتام وريمبانج وغلانج يربط هذا الجسر بين الجزر في باتام. في الحقيقة باتام هي منطقة ذات جزر صغيرة حولها. يبدو الجسر مبدعا جدا في باتام. عادة ما يلتقط الناس الصور هناك. يمكن الوصول إلى جسر باريلانج من  30 إلى 40 دقيقة من المطار

  1. معكرونة تاريمبا

معكرونة تاريمبا

بعد أن ترهق من التجوال على جسر باريلانج، يجب أن تتناول معكرونة تاريمبا وهي المعكرونة الماليزية النموذجية، وواحدة من الأنواع التي يجب أن تجربها في باتام، حيث يختلف طعهما عن الأنواع الأخرى وتوابلها مثيرة ومرقها لذيذ. وأحد الأماكن لشراء معكرونة تاريمبا في مجمع غراها ماس بلوك جي، رقم 10-11 ، سيي باناس، سونغاي باناس، باتام. يستغرق الوقت 28 دقيقة فقط من المطار.

حاول أن تأتي خارج وقت الغداء. لأنها المعطم الذي يوفر معكرونة  مرغوبة للجميع. أما بالنسبة للسعر، فأنها تباع بسعر رخيص نسبيا أي حوالي 20 ألف روبية للشخص الواحد.

  1. ناغويا هيل

إن الحديث عن باتام  لا ينفصل عن انطباع التسوق. هناك العديد من مراكز التسوق وكل منها تبيع المنتجات الأجنبية  مثل سنغافورة وماليزيا. وأحد مراكز التسوق الشهيرة في باتام هو ناغويا هيل. يمكنك التسوق في أي شيء هنا، من الإلكترونيات إلى الوجبات الخفيفة المستوردة. والسعر أرخص مما يباع في مدن أخرى. ناغويا هيل هي جنة التسوق.

وعليك أن تعدّ المزيد من المال عندما تزور هذا المركز وسوف لا تخسر أبدا. أما المسافة فإنها لا تبعد عن المطار  فقط حوالي 30 دقيقة منه.

  1. مسجد جامع باتام
مسجد جامع باتام
مسجد جامع باتام

بعد التسوق، حان الوقت للانسحاب. هذا ليس مجرد مسجد كبير. يقع المسجد الذي يتعبّد فيه المسلمون بوسط المدينة وهو من “أروع الأماكن” في باتام.

أثناء انتظار وقت الرحلة، يمكنك زيارة المسجد  والاختلاط مع السكان المحليين. كما يمكنك التقاط الصور في الفناء الخلفي الواسع للمسجد. تحتوي الساحة الخلفية على لوحة مكتوب عليها كلمة مرحبا بكم في باتام” مثل كتابة هوليود في أمريكا.

  1. ساحة باتام

ليس بعيدا عن المسجد، ساحة المدينة، وتتميز ببانوراما جميلة للغاية. وهي مكان مناسب للاستراحة في لحظة بينما تستمتع بجو المدينة. وإياك أن  تأتي في النهار. حاول في المساء أو بعد الظهر لأن الجو حار جدا  وسوف لن تتحمل حرارة الشمس.

قد يعجبك أيضا: سبعة شلالات رائعة في سومبا لعشاق الجو الطبيعي

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: إي دي إن تايمس


Batam, Indonesiaalyoum.com Kadang-kadang, orang pergi ke Batam hanya untuk transit. Misalnya menunggu penerbangan selanjutnya ke tujuan internasional. Nah, umumnya, kalau transit di Batam, orang bingung akan jalan-jalan ke mana.  IDN Times merekomendasikan beberapa tempat yang bisa dikunjungi selama satu hari. Lokasinya tak terlalu jauh dari bandara. Bisa ditempuh menggunakan ojek online atau taksi. Bisa juga dengan sewa motor.

  1. Jembatan Barelang

Pagi-pagi benar, datanglah ke Barelang. Ini adalah tujuan pertamanya. Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini menghubungkan  pulau-pulau tersebut. Memang, Batam adalah daerah yang punya pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jembatan itu amat ikonis di Batam. Orang-orang biasanya berfoto di sana. Jembatan Barelang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 30-40 menit dari bandara.

  1. Mi Tarempa

Seusai lelah main di Jembatan Barelang, mampirlah makan mi tarempa. Mi khas Melayu ini adalah salah satu mi yang kudu dicoba di Batam. Rasanya berbeda dengan mi-mi lainnya. Rempahnya lebih kaya. Kuahnya pun lebih pekat. Salah satu tempat membeli mi tarempa adalah di Kompleks Graha Mas Blok J, Nomor 10-11, Sei Panas, Sungai Panas, Batam. Waktu tempuhnya cuma 28 menit dari bandara. Usahakan datang saat tak sedang makan siang. Sebab, pada waktu tersebut, warung mi tarempa pasti penuh dijejali pengunjung. Harganya relatif murah, berkisar Rp 20 ribu per orang.

  1. Nagoya Hill

Bicara Batam, tentu tak lepas dengan kesan belanja. Di sana, terdapat beragam pusat perbelanjaan. Hampir semuanya menjual produk-produk luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Salah satunya di Nagoya Hill.  Kamu bisa belanja apa pun, mulai elektronik hingga snack-snack impor. Harganya jauh lebih miring daripada yang dijual di kota-kota lain. Nagoya Hill adalah surganya belanja. Siapkan uang lebih ketika ke sini. Dijamin, tak akan rugi. Jaraknya juga tak jauh-jauh amat dengan bandara. Hanya berkisar 30 menit.

  1. Masjid Raya Batam

Setelah belanja, saatnya menepi. Ini bukan sekadar masjid raya. Rumah ibadah umat muslim yang berada tepat di jantung kota ini adalah salah satu tempat “paling adem” di Batam. Sambil menunggu waktu terbang, kamu bisa mengunjungi masjid tersebut sambil berdialog dengan warga lokal. Bisa juga berfoto di halaman belakangnya yang luas. Halaman belakang tersebut punya background tulisan “Welcome to Batam” yang cukup besar. Semacam tulisan Hollywood di Amerika.

  1. Alun-alun Batam

Tak jauh dari masjid raya, terdapat alun-alun kota. Panoramanya cukup indah. Enak untuk menepi sejenak sembari menikmati suasana kota. Namun, jangan datang siang hari. Usahakan sore menjelang malam. Sebab, kalau siang, panasnya bikin tak tahan.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: idntimes

(65)

تعليقات
Loading...
Click Me