إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

سبعة شلالات رائعة في سومبا لعشاق الجو الطبيعي

Tujuh Air Terjun Kece di Sumba Buat Kamu yang Merindukan Suasana Alam

0 546

نوسا تينجارا الشرقية، إندونيسيا اليوم  – وبسبب ملامح طبيعية فريدة من نوعها تجعل سومبا تنعم بأنواع من الجمال المختلفة. بالإضافة إلى الامتدادات الواسعة من الشاطئ والسافانا، هناك بعض الشلالات الطبيعية التي نادراً ما تزورها ويؤسف إذا ضيعت الوقت لزيارتها، إليك قائمة شلالات طبيعية رائعة:

  1. شلال لايبوبو
شلال لايبوبو في سومبا - اندونيسيا اليوم
شلال لايبوبو في سومبا

يقع في محافظة غرب سومبا، يتميز بسقوط الماء من خلال المنحدرات الحادة من قمته. للوصول إلى هذا الشلال، يكفيك ركوب المركب لأنه يقع على بعد 20 دقيقة من وسط مدينة وايكابوباك، غرب سومبا.

  1. لاكومبورو
لاكومبورو في سومبا
لاكومبورو في سومبا

يقع في محافظة جنوب غرب سومبا، يستخدم هذا الشلال كمحطة لتوليد الطاقة الكهرومائية. موضعه بين الأنهار يضيف إلى جماله. تستغرق الرحلة إلى الشلال حوالي 45 دقيقة من تامبولاكا، عاصمة غرب سومبا.

قد يعجبك أيضا: منطقة سومبا المدهشة
  1. شلال ماتاينغو
شلال ماتاينغو في سومبا - اندونيسيا اليوم
شلال ماتاينغو في سومبا

يتميز بلون أزرق داكن مما يجعل هذا الشلال غالبا ما يسميه الزوار بالشلال الأزرق. ويقع في محافظة وسط سومبا. يستغرق الوقت للوصول إليه حوالي ساعة واحدة من موقف للسيارات بالمرور على منطقة الغابات الطبيعية.

  1. شلال تانجيدو
شلال تانجيدو في سومبا
شلال تانجيدو في سومبا

هل شاهدت فيلم الإشارة القوية؟ ها هو موقع التصوير لهذا الفيلم. يقع في محافظة شرق سومبا، ويمكن الوصول إليه برحلة تستغرق حوالي  1.5 ساعة من وسط مدينة واينغابو. وغالبا ما يشار إلى هذا الشلال باسم جراند كانيون سومبا.

  1. شلال وايمارانج
شلال وايمارانج في سومبا
شلال وايمارانج في سومبا

إذا كنت تبحث عن حمام سباحة طبيعي، فهذا هو المكان الذي تبحث عنه حيث يحتوي على حمام سباحة أزرق وتحيط به الصخور. يمكن الوصول إلى الشلال تستغرق حوالي ساعتين من وسط  واينغابو.

  1. شلال وإيكاشورا
شلال وإيكاشورا في سومبا
شلال وإيكاشورا في سومبا

يقع في جنوب محافظة غرب سومبا. يتميز الشلال بوقوعه بين حقول الأرز، ويضم العديد من حمامات المياه الصافية حتى أصبح بقعة جميلة لالتقاط الصور. يمكن الوصول إلى الشلال بحوالي 40 دقيقة من تامبولاكا.

  1. شلال كانابواي
شلال كانابواي في سومبا - اندونيسيا اليوم
شلال كانابواي في سومبا

يقع في تابوندونج، شرق سومبا، ويتميز بجماله الخاص لوقوعه بمنطقة الحديقة الوطنية، كما توجد فيه العديد من أنواع النباتات والحيوانات المتوطنة في سومبا أثناء توجهك إليه. يستغرق الوقت للوصول إليه حوالي أربع ساعات من عاصمة محافظة شرق سومبا.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: إي دي إن تايمس


NTT, Indonesiaalyoum.com Memiliki kontur alam yang unik membuat Sumba dikaruniai berbagai keindahan yang sangat beragam. Selain pantai dan sabana yang terbentang luas ada beberapa air terjun yang masih alami bahkan masih jarang dikunjungi dan sayang jika kalian lewatkan begitu saja. Seperti ini contohnya..

  1. Laipopu

Berada di Kabupaten Sumba Barat. Air terjun ini memiliki keunikan di mana airnya jatuh melalui lereng terjal berundak-undak dari puncaknya. Untuk mencapai air ini cukup berkendara 20 menit dari pusat kota Waikabubak, Sumba Barat.

  1. Lokomboro

Berada di kabupaten Sumba Barat Daya, air terjun ini juga difungsikan juga sebagai pembangkit listrik tenaga air PLTA. Berada di antara sungai menambah keindahan air terjun ini. Perjalanan sekitar 45 menit dari Tambolaka, Ibukota Sumba Barat.

  1. Matayangu

Memiliki warna yang sangat biru membuat air terjun ini sering disebut blue waterfalls oleh sebagian pengunjung. Air terjun ini berada di Kabupaten Sumba Tengah. Diperlukan trekking sekitar satu jam dari lokasi parkir melewati kawasan hutan yang masih sangat alami.

  1. Tanggedu

Sudah pernah nonton film Susah Sinyal? Nah ini merupakan lokasi syuting film ini. Berada di Kabupaten Sumba Timur, dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Waingapu. Air terjun ini juga sering disebut sebagai Grand Canyon Sumba.

  1. Waimarang

Jika kamu mencari kolam alami, maka ini lokasi yang tepat. Air terjun ini memiliki kolam yang berwarna biru dan dikelilingi oleh batu di sekelilingnya. Dapat ditempuh dengan dua jam dari pusat kota Waingapu.

  1. Weekacura

Terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, air terjun ini memilki keunikan karena berada di antara persawahan. Memiliki beberapa kolam air yang sangat jernih dan menjadi spot foto yang indah. Dapat dicapai sekitar 40 menit perjalanan dari Tambolaka.

  1. Kanabuwai

Terletak di tabundung, Sumba Timur. Air terjun ini mempuyai keindahan tersendiri di mana terletak dalam Kawasan Taman Nasional, kamu juga akan banyak menemui berbagai jenis flora dan fauna endemic Sumba ketika menuju ke sini. Dibutuhkan empat jam perjalanan ke tempat ini dari Ibukota Kabupaten Sumba Timur.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: idntimes

تعليقات
Loading...
Click Me