كرنفال باتيك 2018 في سولو أزياء نموذجية من المحافظات الثمانية

Solo Batik Carnival 2018 Tampilkan Kostum Delapan Provinsi

0 363

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – شارك المئات في كرنفال باتيك 2018 الذي أقيم في سولو ، يوم السبت ، 14 يوليو ، 2018.الذي شمل عرض أزياء لثوب الباتيك من ثماني محافظات .

أقيم حفل الافتتاح في ملعب سريويداري. ثم بعد ذلك ، سلك المشاركون طريق سلامت ريادي حتى قلعة فاستينبورج التي تبعد حوالي 2 كيلومتر.

على النقيض من أحداث مماثلة في السنوات السابقة ، لم يتبع هذا الكرنفال من قبل المشاركين من سولو فحسب . بل دعا المنظمون المشاركين الآخرين من سبع محافظات أخرى ، وهي جاكرتا ، وغرب سومطرة ، وكاليمانتان الشرقية ، وجنوب سولاويسي ، وبالي ، ونوسا تينجارا الشرقية إلى بابوا.

كثرة المشاركين من مناطق أخرى يجعل كرنفال الأزياء مميزا مع ابدعات من صمموا أزياء الكرنفال مع زخارف مميزة من كل منطقة.

فعلى سبيل المثال ، يرتدي المشاركون من سولو أزياء كرنفال الباتيك التي تهيمن عليها الألوان الداكنة ، أو ما يطلق عليه السكان المحليون ألوان ساجا. يشبه هذا اللون الباتيك المستخدم بشكل شائع في المنطقة.

بينما كان المشاركون من جاكرتا يرتدون زي الكرنفال مع عصا تشبه أونديل أونديل. كما يتم تمييز المشاركين من بالي بسهولة من خلال الملابس المزينة بشكل بارونج . و معهم أيضا مجموعة مستخدمون ملابس الرقص بانديت.

غير المشاركين الذين يرتدون ملابس الكرنفال في العرض. ارتدى أيضا حاكم مدينة سوراكارتا هادي رودياتمو زي مماثل عند افتتاح الحدث.

ذكرت رئيسة مؤسسة كارنفال باتيك سولو لييا إيميلدا أن الموضوع الرئيس في كرنفال هذا العام هو إيكا برامارتا . وقالت “هذا يعني أن نكون متحدين في الخير”. ولهذا السبب ،دعوا المشاركين من مختلف المناطق لإظهار روح الوحدة في إطار الدولة الموحدة .

بينما قال أمير مدينة سولو إن الكرنفال يظهر التنوع الثقافي في إندونيسيا. وقال “يجب أن يفهم أن التنوع الثقافي ثروة”.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: تيمبو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –    Ratusan peserta ambil bagian dalam Solo Batik Carnival 2018 yang digelar di Solo, Sabtu 14 Juli 2018. Mereka menampilkan kostum karnaval bernuansa batik yang berasal dari delapan provinsi.

Upacara pembukaan digelar di Stadion Sriwedari. Selanjutnya, mereka berjalan menyusuri Jalan Slamet Riyadi hingga berakhir di Benteng Vastenburg yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Berbeda dengan acara serupa di tahun-tahun sebelumnya, Solo Batik Carnival kali ini tidak hanya diikuti oleh peserta asal Solo. Penyelenggara juga mengundang perwakilan dari tujuh provinsi lain, yaitu DKI Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Banyaknya peserta dari daerah lain membuat kostum karnaval tidak terlihat monoton. Mereka mendesain kostum karnaval dengan hiasan khas dari masing-masing daerah.

Peserta dari Solo, misalnya, mengenakan kostum karnaval batik yang didominasi warna gelap, atau yang oleh masyarakat setempat biasa disebut dengan warna soga. Hal ini serupa dengan warna batik yang biasa digunakan di daerah itu.

Sedangkan peserta dari Jakarta mengenakan kostum karnaval dengan tongkat menyerupai ondel-ondel. Peserta asal Bali juga sangat mudah ditandai melalui pakaian berornamen barong. Apalagi, rombongan Pulau Dewata itu diiringi oleh peserta yang mengenakan pakaian Tari Pendet.

Bukan hanya peserta saja yang mengenakan pakaian karnaval dalam acara itu. Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo juga mengenakan kostum sejenis saat membuka acara tersebut.

Ketua Yayasan SBC Lia Imelda menyebut bahwa tema utama dalam karnaval tahun ini adalah Ika Paramartha. “Artinya adalah bersatu dalam kebaikan,” katanya. Itu sebabnya, mereka mengundang peserta dari berbagai daerah untuk menunjukkan semangat persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan karnaval itu menunjukkan keragaman budaya di Indonesia. “Keragaman budaya harusnya dipahami sebagai sebuah kekayaan,” ucapnya.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Thalal Al.Syaeqi | Sumber: Tempo

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.