هداية نور واحد يؤكد أن الأعمال الإرهابية تتعارض مع التعاليم الإسلامية

HNW tegaskan kembali bahwa terorisme bertentangan ajaran Islam

0 767

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  أكد نائب رئيس الجمعية الاستشارية الشعبية، هداية نور وحيد، أن الأعمال الإرهابية تتعارض مع التعاليم الإسلامية.

قد يهمك: نسب الأعمال الإرهابية للمسلمين فقط ضرب من التمييز

قاله هداية في مأدبة الإفطار مع رؤساء جمعية الاستشارية الشعبية، ورؤساء الهيئات والمؤسسات في الجمعية الاستشارية الشعبية والسفراء وعدد من المنظمات الجماهيرية في مقر إقامته في كيمانج، جنوب جاكرتا، بعد ظهر يوم السبت.

ووفقا لهداية، العيش مع رمضان بالإضافة إلى صيامه أو الأنشطة المختلفة فيه، سوف تجد الأمة بأن تعاليم الإسلام إنسانية وسوسيولوجية بعيدة عن أي شيء يمكن ربطه مع الإرهاب.

“الإرهاب يتعارض مع تعاليم الإسلام”. قال.

قد يهمك: حصن كالاماتا ، شاهد صامت على 6 حكام لتيرنيتي

إن تقليد الإفطار الجماعي الذي قام به المسلمون بدءا من العائلة والأصدقاء وأكبر منها مع المجتمع، قال هداية، تبين أن التفاعل البشري أصبح تقليدا مهما في شهر رمضان للمسلمين في إندونيسيا.

“حتى تعاليم الإسلام تحث على صلة الرحم والصداقة والانضمام والتزاور. وبالتأكيد ليست سلوكًا إرهابيًا بل سلوكًا إنسانيًا”. قال.

لذلك، واصل هداية، مع فهم الصيام وأنشطة شهر رمضان يجب ألا يحدث سوء الفهم حول الإسلام، كما يفهم البعض بأن الإسلام مرادف للإرهاب.

قد يهمك: أماكن للنزهة المسائية حول جاكرتا، غير السوق المركزي

“أقول أن أولئك الذين يفعلون الأعمال الارهابية لا يطبقون تعاليم الإسلام المعتدل، وبالتالي الضحايا إلى جانب إخواننا، أيضا من المسلمين. وقد فهم البعض  الإسلام، ولكن فهموا خطأ حول التكبير وغيرهما.” قال هداية.

“مرة أخرى دعونا نعيش في شهر رمضان مع الأنشطة فيه، فسنجد إسلامًا إنسانيًا اجتماعيًا سوسيولوجيا للغاية، بعيدًا عن أي شيء يمكن ربطه بالإرهاب،” قاله.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  وكالة أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menegaskan kembali bahwa tindak terorisme bertentangan dengan ajaran Islam.

Hal itu disampaikan Hidayat saat menggelar buka puasa bersama Pimpinan MPR, Pimpinan Badan dan Lembaga di MPR, duta besar serta sejumlah organisasi kemasyarakatan di kediamannya di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu petang.

Menurut Hidayat, dengan menghayati bulan Ramadhan beserta baik itu ibadah puasa maupun berbagai kegiatan di dalamnya, umat akan mendapati Islam sebagai ajaran yang manusiawi, humanis dan sosiologis serta jauh dari segala sesuatu yang bisa dikaitkan dengan terorisme.

“Terorisme bertentangan dengan ajaran Islam,” katanya.

Tradisi berbuka puasa bersama yang kerap dilakukan oleh umat Islam dari skala sanak saudara, lingkar pertemanan bahkan hingga skala lebih besar lagi yang melibatkan masyarakat banyak, kata Hidayat, memperlihatkan bahwa interaksi antarmanusia menjadi sebuah tradisi penting dalam Ramadhan bagi umat Islam di Indonesia.

“Bahkan ajaran Islam mengembangkan silaturahim, kepedulian, dan saling berkunjung. Itu pasti bukan perilaku teroris tapi perilaku humanis, ukhuwah,” imbuhnya.

Karena itu, lanjut Hidayat, dengan memahami puasa dan aktivitasnya di bulan Ramadhan seharusnya tidak terjadi salah paham tentang Islam, seolah-olah Islam identik dengan terorisme.

“Saya mengatakan bahwa mereka yang melakukan teror sedang tidak melaksanakan ajaran agama Islam. Karena itu korbannya selain saudara-saudara kita, juga Islam. Karena orang kemudian salah paham tentang Islam. Salah paham tentang takbir, dan lainnya,” jelas Hidayat.

“Jadi sekali lagi marilah kita hayati puasa di bulan ramadhan dan kegiatan di dalamnya maka kita akan mendapati Islam yang sangat manusiawi, humanis, sosiologis, jauh dari segala yang bisa dilekatkan dengan terorisme,” tutupnya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Antara

تعليقات
Loading...