هيئة الإنتخابات: لَن يتم اجراء اعادة تصويت في لِجان سيدني بإستراليا

KPU: Panwaslu-PPLN Sepakat Tak Ada Pencoblosan Lanjutan di Sydney

0 673

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – اتفقت الهيئة العامة للإنتخابات (KPU) مع مُنظمين الإنتخابات بالخارج (PPLN) على عَدم اجراء اعادة تصويت في سيدني، أستراليا.

قال مفوض الهيئة العامة للإنتخابات (KPU) وحيو سيتياوان في لقاء عُقد معه في مكتب الهيئة بجاكارتا الوسطى يوم الإثنين (22/04/2019): “أتفقت الهيئة مع مُنظمي الإنتخابات في سيدني على عدم ضرورة اجراء اعادة تصويت”.

أعلن واحيو في هذا اللقاء أن ذَلِك القرار، أُخذ بعد دراسة وبَحث. ولكنه لَم يُعطي أي معلومات عن تِلك الدراسة.

قال وايحو: “الحَشد الذي حَدث كان لمواطنيين يُريدون أن ينتخبوا، وعَلينا نحن كهيئة مسؤولة أن نتأكد أن ذَلِك الحَق الإنتخابي ذَهب لِمَن يستحقه”.

أعلنت هيئة مراقبة الإنتخابات (Bawaslu) قَبل ذلك أن هناك اجرائات غير صحيحة من الناحية القانونية حَدثت في الإنتخابات الإندونيسية في سيدني في أستراليا 2019، لذلك طَلبت من الهيئة اعادة التصويت.

قال عضو هيئة مراقبة الإنتخابات (Bawaslu) فريتز إدوارد: “أخبرنا مراقبين الهيئة هناك، أن اللجان الإنتخابية أغلقت الساعة 18.00 بينما كان هناك مواطنيين يَنتظرون في الطابور ولَم يستطيعون أن يدلوا بإصواتهم”.

أُغلقت اللجان الإنتخابية في حين وجود ناخبين في الطابور، وهذا لم يَتفق مع الإجرائات السليمة من الناحية القانوية. لذلك، طَلبت الهيئة اعادة التصويت.

قال فريتز: “طَلبت هيئة مراقبة الإنتخابات (bawaslu) التالي من مُنظمين الإنتخابات في سيدني عَبر الهيئة العامة للإنتخابات في إندونيسيا أن يَتم اعادة تصويت للناخبين الذين سُجلوا في القوائم ولم يَتمكنوا من الإدلاء بصوتهم بسبب غَلق اللجان الإنتخابية”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – KPU menyebut Panwaslu dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sepakat tidak melakukan pemungutan suara lanjutan (PSL) di Sydney, Australia.

“Kalau di Sydney, informasi yang kita terima ada kesepakatan antara PPLN dan Panwas di Sydney untuk tidak perlu melakukan pemungutan suara berikutnya. Itu sudah ada kesepakatan,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan kepada wartawan di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Kesepakatan tidak ada pemungutan suara lanjutan di Sydney, ditegaskan Wahyu, sudah berdasarkan kajian. Tapi Wahyu tidak menjelaskan secara terperinci soal kajian yang dimaksud.

“Jadi kalau kerumunan, kerumunan itu apakah kerumunan itu pemilih atau warga yang berkerumun, kan perlu kita dalami juga. Supaya apa? Supaya hak pilih itu betul-betul digunakan oleh orang yang memang berhak, kan begitu,” ujarnya.

Bawaslu sebelumnya menyatakan ada prosedur yang tidak sesuai dalam pemungutan suara saat Pemilu 2019 di Sydney, Australia. Karena itu, Bawaslu memerintahkan pemungutan suara susulan untuk pemilih yang sudah terdaftar.

“Bawaslu menerima keterangan dari Panwaslu Sydney bahwa penutupan TPS dilakukan pukul 18.00 waktu setempat, sementara masih ada pemilih dalam keadaan antrean menggunakan hak pilih sehingga menyebabkan pemilih tidak bisa menggunakan hak pilih,” kata anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar.

Penutupan TPS saat masih ada pemilih yang antre itu tidak sesuai dengan prosedur, tata cara, dan mekanisme yang sudah diatur. Oleh sebab itu, Bawaslu menerbitkan rekomendasi.

“Bawaslu merekomendasikan sebagai berikut, memerintahkan PPLN Sydney melalui KPU RI untuk melakukan pemungutan suara susulan di TPS bagi pemilih yang sudah mendaftarkan dirinya tapi belum dapat menggunakan hak pilihnya,” ujar Fritz.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: detik

تعليقات
Loading...