إستدعاء السفير السعودي إلى وزارة الخارجية الإندونيسية بسبب تغريدته على موقع تويتر

Cuitan Dubes Arab Saudi Berbuntut Pemanggilan Wadubes

0 1٬457

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تسببت تغريدة سفير المملكة العربية السعودية لدى إندونيسيا، أسامة بن محمد عبدالله الشعيبي في كثير من الإحتجاجات، لذا تم إستدعاءه من قبل وزارة الخارجية الإندونيسية للتحقيق فيما حدث.

أتى هذا الإستدعاء من قبل المسؤولين في وزارة الخارجية الإندونيسية ولكن إتضح بعد ذلك أن السفير السعودي خارج إندونيسيا حاليًا ولن يستطيع الحضور.

وصرحت، أرماناثا ناصر، المتحدثة بإسم وزارة الخارجية الإندونيسية خلال رسالة قصيرة: “بعدما إطلعنا على وسائل التواصل الإجتماعي الخاصة بسفير المملكة العربية السعودية، فقد تواصلنا معه يوم الأحد للحضور إلى وزارة الخارجة ولكنه ليس متواجد في إندونيسيا الآن. ولذلك فإنه في يوم الإثنين الموافق لليوم الثالث من ديسمبر قد دعونا القائم بإعمال السفير للحضور إلى الوزارة بشكل رسمي”. الثلاثاء (4/12/2018)

لم توضح أرمانثا ما هي نتائج هذا اللقاء وهل سوف يستدعى السفير عندما يعود إلى إندونيسيا أم لا. فإن وزارة الخارجية قد صرحت حتى الآن أن مضمون تغريدة السفير أسامة غير مناسب وأنها آسفه لهذا الفعل.

فقد صرحت وزارة الخارجية الإندونيسية: “آسفون لما قاله سفير المملكة العربية السعودية، فإن محتوى التغريدة ليس ولا يتفق مع البروتوكولات الدبلوماسية”.

وكما هو معلوم أن تغريدة السفير قد إستثارت غضب جمعية نهضة العلماء وأحدثت موجة من الإحتجاجات وقد صرح رئيس جمعية نهضة العلماء (سيد عقيل سيروج) العلمات أنهم معترضون على ما قاله السفير السعودي في هذه التغريدة.

فقد قال (عقيل): “شوّه السفير (أسامة) العلاقات الطيبة التي بنيناها بين الشعب الإندونيسي والشعب السعودي وأيضًا بين حكومة الدولتين بنشره معلومات خاطئة وبتضليله للناس عبر التغريدة التي كتبها”. مكتب جمعية نهضة العلماء، جاكارتا الوسطى، الإثنين (3/12).

وقد قرأ لنا (عقيل) تغريدة السفير: “تجمع أكثر من مليون مواطن إندونيسي للتظاهر كردة فعل عنيفة من قبل جماعة منحرفة لحادثة حرق علم التوحيد منذ حوالي شهر، وقد حضر هذا الحدث المرشح الرئاسي رقم 2 (برابوو سوبيانتو) ونائب رئيس البرلمان (فضلي زون) وآخرون”.

وأضاف (عقيل) أنه يحتج بشدة على ما قاله السفير السعودي.

والآن لم تعد هذه التغريدة موجودة على حساب السفير السعودي في موقع تويتر.

المترجم : محمد علي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Cuitan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, berbuntut panjang. Selain menimbulkan protes, cuitan itu juga menyebabkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memanggil Wadubes Saudi untuk Indonesia.

Pemanggilan itu dilakukan setelah pihak Kemlu berkomunikasi dengan Dubes Osama. Kemlu menyebut Osama sedang berada di luar negeri sehingga tidak bisa memenuhi panggilan itu.

“Setelah mengetahui adanya pernyataan pada sosmed Dubes Saudi, Kemlu berkomunikasi pada hari Minggu dengan Dubes Saudi yang berada di luar negeri. Karena Dubes di luar negeri, hari Senin siang, 3 Desember, Wakil Dubes/Kuasa Usaha Sementara Saudi di Jakarta secara resmi dipanggil ke Kemlu,” ujar juru bicara Kemlu Arrmanatha Nasir melalui pesan singkat, Selasa (4/12/2018).

Tata, sapaan akrab Arrmanatha, belum menjelaskan apa hasil pemanggilan tersebut. Dia juga tak menjelaskan apakah akan tetap memanggil Osama jika sudah kembali ke Indonesia nantinya.

Pihak Kemlu hingga saat ini hanya mengatakan substansi pernyataan Osama di cuitan itu tidak tepat. Kemlu pun menyayangkan Osama membuat pernyataan seperti itu.

“Menyesalkan pernyataan dalam sosmed Dubes Saudi. Substansi pernyataan sosmed Dubes Saudi tidak tepat. Secara etika, penyampaian pernyataan seperti yang ada dalam sosmed Dubes Saudi tidak sesuai dengan prinsip hubungan diplomatik,” ujar Tata.

Soal cuitan Osama ini awalnya diprotes oleh PBNU. Ketua PBNU Said Aqil Siroj mengatakan PBNU memprotes keras tweet Osama.

“Hubungan yang baik selama ini yang kita bangun dari dulu sampai sekarang antarumat Islam Indonesia dan umat Islam Arab, begitu pula pemerintah Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi selama ini ternodai oleh pernyataan Osama bin Mohammed Al Shuaibi, duta besar Arab Saudi di Indonesia, dengan menyebarkan informasi yang keliru dan menyesatkan yang ditulis dalam tweet-nya sebagai berikut,” kata Ketua PBNU Said Aqil Siroj dalam jumpa pers yang digelar di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin (3/12) kemarin.

Dia juga membacakan tweet yang dimaksud, yaitu:

“‘Massa yang berjumlah lebih dari satu juta berkumpul demi menyatakan persatuan umat Islam merupakan reaksi keras terhadap dibakarnya bendera tauhid oleh seorang dari pihak organisasi sesat menyimpang kurang-lebih sebulan yang lalu,’ ini ucapan dia,” kata Aqil membacakan tweet tersebut.

“‘Jadi kemarin itu Reuni 212 itu yang jumlahnya banyak itu karena menyikapi reaksilah terhadap pembakaran bendera tauhid yang dilakukan oleh oknum dari organisasi sesat. Dengan dihadiri oleh capres no 02 Prabowo Subianto, wakil ketua parlemen Fadli Zon, dan lain-lain bapak-bapak wakil Indonesia,'” sambungnya masih membacakan tweet yang disebutnya dicuitkan Osama.

Saat dicek, kini tidak ada lagi tweet tersebut di akun Twitter Osama. Said Aqil memprotes keras sikap Osama.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: news.detik.com

تعليقات
Loading...