هدايات نور وحيد يعزز التعاون بين إندونيسيا وسلطنة عمان

Hidayat Nur Wahid Tingkatkan Kerjasama Indonesia dengan Kesultanan Oman

0 1٬019

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  ذهب نائب رئيس مجلس الشعب الإندونيسي، الدكتور هدايات نور وحيد إلى سلطة عمان في زيارة رسمية من 2-4 ديسمبر عام 2018.

رحب الدكتور يحيى بن محفوظ المنذر رئيس مجلس الدولة العماني بالدكتور هدايات ترحيبا شديدا وأستقبله في مكتبه في مبنى مجلس الدولة.

ذهب بعض أعضاء مجلس الشعب الإندونيسي مع (هدايات)، مثل الدكتور (عبد الفكري فقيه) من حزب العدالة الإندونيسية (PKS) والأستاذ (محمد شرف الدين) من حزب الأمانة الوطنية (Partai Amanat Nasional) وأيضا صاحبهم سفير جمهورية إندونيسيا لدى سلطنة عمان الأستاذ (توفيق عبداللطيف).

أكد (هدايات نور وحيد) على قوة العلاقة بين جمهورية إندونيسيا وسلطنة عمان وخاصة العلاقات الإقتصادية، حيث قال متحدثا باللغة العربية: “لا ننسى أيضًا العلاقات التاريخية القوية بين البلدين، حينما أتى تجار من سلطنة عمان ليعرضوا بضائعهم عندنا. هؤلاء التجار هم من علمونا تعاليم الإسلام وإنتشر الإسلام في البلاد بفضلهم وبفضل أحفادهم الذين ولدوا وإستقروا في إندونيسيا”.

أكد أيضًا (هدايات نور وحيد) على التطور الملحوظ لدور البرلمانى الإندونيسي ومشاركته في المحافل العالمية ودوره أيضًا لإيجاد حلول لبعض المشاكل الإنسانية مثل مشكلة فلسطين ومشكلة مسلمي الروهينجا وتعاونه مع كثير من البرلمانات في العالم خصوصا برلمان سلطنة عمان.

ومن ناحية أخرى فقد عبر رئيس مجلس الأمة العماني الدكتور (يحيى بن محفوظ) عن سعادته بهذه الزيارة، حيث قال: “بإسم سلطنة عمان والحكومة العمانية والسلطان المعظم قابوس بن سعيد، نحن سعيدون أننا نعلب دورًا هاما في تعزيز السلام والأمن بين الدولتين”.

وحضر أيضًا هذه المقابلة نائب رئيس مجلس الأمة العماني الدكتور (الخطاب بن غالب) وعضو المجلس (صالح بن محمد الزكواني).

وقد زار (هدايات نور وحيد) والوفد المرافق له وزارة الخارجية العمانية وأستقبلهم نائب وزير الخارجية للشؤون الدبلوماسية الدكتور (محمد بن عوض الحسن).

أكد (هدايات) على العلاقات السياسية والدبلوماسية الطيبة التي تجمع البلدين وعرض بعض أشاكل التعاون في عدة مجالات خاصة في مجال الصناعات الإستراتيجية، حيث قال: “تشهد إندونيسيا تطور ملحوظ في مجال الصناعات الإستراتيجية، فنحن نصنع منتجات جيدة بجودة عالية لاقت إعجاب كبير في بعض الأسواق العالمية مثل الفلبين وتايلاند، ونأمل أن يُفتَح لنا السوق العماني لعرض منتاجتنا المناسبة لإحتياجات السلطنة”.

وقابل أيضًا (هدايات) والوفد المرافق له نائب مفتي سلطنة عمان الشيخ الدكتور (كهلان بن نبهان الخروصي)، حيث أكد (هدايات) على أهمية تقوية العلاقات الدينية بين إندونيسيا والبلاد العربية خاصة سلطنة عمان، حيث أنه قال: “الآن إندونيسيا تقدم عديد من المنح التعليمية للطلبة الأجانب للدراسة في إندونيسيا كتعاون منها في المجال التعليمي”.

وأشار (هدايات) أن عدد الطلبة الإندونيسيين في سلطنة عمان مازال قليلا وأنه من المهم تقوية العلاقات التعليمية والدينية بين الدولتين وبالأخص التعاون بين الجامعات الإسلامية الإندونيسية وكليات الشريعة في سلطنة عمان من خلال عقد مؤتمرات وبرامج تبادل طلابي وتوفير منح التعليمية، وأن ذلك بالتأكيد سوف يعود بالنفع على الطلاب من الدولتين.

المترجم : محمد علي | المصدر: RILIS PERS


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR RI), DR. H.M. Hidayat Nur Wahid, MA. mengadakan lawatan dinas ke Kesultanan Oman, tanggal 2-4 Desember 2018.

Kunjungan Hidayat Nur Wahid disambut dengan hangat oleh Ketua Majelis Negara Oman, DR. Yahya bin Mahfudz Al Mundziri dan diterima di kantornya di gedung Majelis Negara Kesultanan Oman.

Wakil Ketua MPR RI didampingi anggota MPR RI dari Fraksi PKS, DR. H. Abdul Fikri Faqih, MM. dan anggota MPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional, H. Muhammad Syafruddin, ST. MM. dan juga Duta Besar RI untuk Oman, Mustafa Taufik Abdul Lathif.

Hidayat Nur Wahid menyampaikan, hubungan antara Republik Indonesia dan Kesultanan Oman sudah terbangun dengan sangat baik, khususnya hubungan dan kerjasama dalam bidang ekonomi. “Jangan lupa hubungan historis antara wilayah Nusantara dan Kesultanan Oman, dengan datangnya para pedagang dari Oman  selain berdagang, mereka juga menyebarkan ajaran Islam. Hingga saat ini Islam masih terus ada di Indonesia dan tentunya keturunan dari warga negara Oman yang lahir di Indonesia,” ungkap Hidayat yang berdialog dalam bahasa Arab.

Hidayat Nur Wahid juga menjelaskan perjalanan dan perkembangan di Indonesia dan juga keikutsertaan dan kehadiran Parlemen Indonesia dalam perkumpulan dan perhelatan Pameran Dunia. Selain itu juga parlemen Indonesia berperan aktif dalam memberikan masukan dan solusi untuk berbagai permasalahan kemanusiaan, seperti masalah Palestina dan Rohingya, dengan berkoordinasi dengan berbagai parlemen dunia, khususnya Parlemen dari Kesultanan Oman. .

Ketua Majelis Negara Kesultanan Oman mengungkapkan kebahagiaannya atas kunjungan ini. Dr. Yahya ibn Mahfudz menyampaikan, “Kesultanan Oman di bawah pemerintahan Sultan Oman, Yang Mulia Sultan Qobus bin Said Al Muadzhdzham berperan penting dalam membangun keamanan dan perdamaian antar dua negara.”

Turut hadir dalam pertemuan ini Wakil Ketua Majelis Negara, Syaikh DR. Al Khaththab bin Ghalib, Al Hanai dan anggota Majelis Negara, Solih bin Muhammad Al Zakwani.

Hidayat Nur Wahid dan rombongan juga berkunjung ke Kementerian Luar Negeri Oman dan diterima di ruang rapat umum oleh Deputi Menteri Luar Negeri Bidang Diplomasi, DR. Muhammad bin Awad Al Hasan.

Hidayat Nur Wahid menyampaikan hubungan baik politik dan diplomasi kedua negara dan menjelaskan berbagai bentuk kerjasama yang perlu ditingkatkan dalam bidang terkait kepentingan bersama.

Hidayat juga menawarkan peningkatan kerjasama dalam industri strategis. “Indonesia mengembangkan industri strategis yang sudah maju dan memiliki produk yang sangat bagus. Sehingga produk industri strategis Indonesia ini sudah dipasarkan dan digunakan oleh berbagai negara, seperti Filipina dan Thailand. Mungkin Kesultananan Oman dapat melihat produk yang cocok untuk dibeli,” papar Hidayat.

Selsin itu, rombongan MPR RI bertemu dengan Wakil Mufti Kesultanan Oman, Syaikh DR. Kahlan bin Nabhan Al Kharushiy. Hidayat Nur Wahid menyampaikan bahwa banyak hal terkait keagamaan dam keislaman yang bisa ditingkatkan seperti hubungan Indonesia dengan negara Arab lain. “Saat ini Indonesia membuka kerjasama pendidikan dan menyediakan beasiswa bagi warga negara lain untuk belajar di Indonesia,” jelas Hidayat.

Melihat masih sedikitnya jumlah mahasiswa Indonesia di Oman, Hidayat Nur Wahid mengutarakan  berbagai hal yang bisa meningkatkan kerjasama antara Indonesia dan Kesultanan Oman, khususnya bidang agama. Oleh karena itu pertemuan memastikan pentingnya hubungan universitas Islam di Indonesia dengan universitas dan fakultas syariah yang ada di Kesultanan Oman. Hidayat Nur Wahid mengusulkan, untuk memperkuat dan mengembangkan kerjasama ini, perlu adanya seminar-seminar, muktamar – muktamar, studi banding, pertukaran pelajar dan beasiswa yang memberikan manfaat seluasnya untuk kebaikan dan kepentingan bersama.

Translated by: Mohamed Ali | Source: RILIS PERS

تعليقات
Loading...