متحف كانسونج للفن الكوري يعاد افتتاحه بعد خمس سنوات إغلاقه

Museum Seni Kansong Dibuka Kembali usai 5 Tahun Tutup

0 684

جاكرتا، إندونيسيا اليوم — أول متحف فني خاص بكوريا الجنوبية، سيعاد افتتاح متحف كانسونج آرت للمواطنين بعد مرور خمس سنوات على إغلاقه. وفقًا لمدير المتحف، فإنه سيتم افتتاح متحف كانسونج آرت مرة أخرى في موسم الخريف، أو بين أكتوبر ونوفمبر القادم.

قال مدير المتحف إن-غيونج، في مؤتمر صحفي: “نحن على يقين بأننا نستطيع جذب الزائرين مرة أخرى للمتحف، الواقع في منطقة سيونجبوك دونج، مباشرة بعد موسم الخريف أو في أوائل موسم الربيع للعام القادم”.

واعلن جيون إن-غيون أن العرض الأول في متحف كانسونج سيقام بالتزامن مع الإحتفال بذكرى 100 عام على الحركة الاستقلالية بكوريا الجنوبية التي بدأت عام 1919.

تأسس متحف كانسونج الفني عام 1938 من قبل رجل الأعمال جيون هيونج-بيل. الشخص الذي كرس ثروته لجمع التراث الثقافي الكوري وانقاذه من الاستعمار اليابان.

عندما استعمرت اليابان كوريا، كان المتحف يعرف باسم بوهواغاك (Bohwagak). وفي عام 1971 تم تغيير الأسم لـ”كانسونج”( Kansong)، ومنذ ذلك الوقت تقام العروض على الأقل مرة أو أثنين كل عام.

مع ذلك أقفل المتحف في الخمس سنوات الأخيرة، وذلك لانتقال عرض جميع محتوياته إلى دونجدايمون ديساين بلازا (Dongdaemun Design Plaza (DDP) في سول الوسطى.

قال مدير المكتب “سبب إنتقالنا إلى دونجدايمون ديساين بلازا (Dongdaemun Design Plaza (DDP)) هو أن مبنى المتحف الذي أسس عام 1938 لم يعد يكفي لاستيعاب عدد كبير من الزوار، لذلك فكرنا أنه قد حان الوقت للبحث عن حلٍ آخر”.

وسيتم إعادة العروض للمتحف مرة أخرى عند افتتاحه مرة أخرى.

مبنى المتحف سيتم تجديده وسيبنى مبنى إضافي، ليكون المنى الإداري. بينما المتحف القديم، يقول جيون إن-غيون، سيعاد تصميمه إلى التصميم الأصلي ويتم افتتاحه للزوار.

كما اعلن جيون إن-غيون عن خطط لإنشاء فرع إقليمي بمنطقة ديونغو بعام 2023 ليستمتع المزيد من الناس بمقتنيات المتحف القيمة.

 


 

Jakarta, CNN Indonesia — Museum seni pribadi pertama di Korea Selatan, Kansong Art Museum bakal kembali dibuka untuk umum setelah ditutup selama lima tahun belakangan. Menurut kepala museum, Kansong Art Museum rencananya akan dibuka kembali pada musim gugur, atau sekitar Oktober dan November mendatang.

“Kami berencana untuk menyambut pengunjung kembali ke museum di Seongbuk-dong segera, setelah musim gugur ini atau di musim semi tahun depan setidaknya,” demikian pernyataan Jeon In-geon selaku Direktur Museum dalam konferensi pers, dikutip Yonhap.

Jeon In-geon turut mengumumkan bahwa pameran pertama di Museum Kansong nantinya bakal sekaligus memeringati 100 tahun gerakan kemerdekaan yang bersejarah di Korea Selatan pada 1919.

Kansong Art Museum didirikan pada 1938 oleh pengusaha Jeon Hyeong-pil, sosok yang mengabdikan kekayaannya untuk mengumpulkan properti budaya Korea, menyelamatkan mereka dari penjarahan kolonial Jepang.

Selama pendudukan Jepang di Semenanjung Korea, museum itu memiliki nama Bohwagak. Baru pada 1971 museum itu berganti nama menjadi Kansong. Sejak itu Kansong Art Museum kerap mengadakan pameran, setidaknya satu hingga dua kali setiap tahun.

Hanya saja, sejak lima tahun terakhir pameran koleksi museum itu berpindah ke Dongdaemun Design Plaza (DDP) di pusat Seoul.

“Alasan kami berpindah ke DDP adalah karena gedung museum di Seongbuk-dong yang dibangun pada 1938 sangat merepotkan untuk menampung banyak orang pada saat yang sama. Jadi kami pikir ini saatnya mencari jalan keluar,” kata sang kepala museum.

Namun saat dibuka kembali nanti, ia akan kembali ke Seongbuk-dong.

Bangunan museum akan dibangun kembali, bahkan ditambah gedung baru. Gedung itu akan melayani fungsi utama dari museum seni. Sementara bangunan museum lama, kata Jeon In-geon, akan dikembalikan ke desain aslinya dan dibuka untuk umum serta menampung pameran.

Mengutip Yonhap, Jeon In-geon juga mengumumkan rencana untuk mendirikan cabang regional di kawasan Daegu pada 2023 untuk menyediakan lebih banyak orang dengan akses ke koleksi berharganya

تعليقات
Loading...