وصول سعر جينكول 80.000 روبية لكل كيلوغرام

Harga jengkol tembus Rp 80.000 per Kg, pedagang sulit dapatkan pasokan

0 565

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – استمرت أسعار جينكول في الأسواق التقليدية بكاراوانج، جاوا الغربية في الارتفاع. كما هو الحال في السوق التقليدية سيكامبيك، على سبيل المثال، تجاوزت أسعار جينكول الآن 80.000 روبية لكل كيلوغرام.

قالت إحدى تاجرات الخضراوات، نينتي، إن الزيادة بدأنا نشعر بها في منتصف شهر يونيو الذي تضاعف عنا المعتاد وهو 20 ألف روبية والذي أصبح 50 ألف روبية للكيلوغرام الواحد.

“الآن صارسعر جنكول 80 ألف روبية للكيلوغرام الواحد، والمعتاد هو 20 ألف روبية فحسب” ، قالت ذلك نينتي في سوق سيكامبيك، الأحد (15/7).

ووفقا لها، أن ارتفاع سعر جينكول يؤدي إلى تقليل المشترين كل يوم. عادة ما تستطيع هي وغيرها من التجار بيع عشرات الكيلوغرامات. لكن اليوم لا تبيع سوى خمسة فحسب، فهذا أمر صعب لأنه يعتبر مكلفًا للغاية ولا يعقل عند عرضه على المشتري.

“الراغبون كثير. ولكن لا أحد يتجرأ على الشراء لأن السعر في غالي فمعظم الناس الآن يكتفون بالاوقيات، في حين إذا كان رخيصا تكثر الطلبات،” قالت نينتي.

وقال عدد من التجار، إن ارتفاع السعر بسبب صعوبة الحصول على إمدادات جينكول من المزارعين. من ناحية أن موسم الحصاد لم يأت بعد .فضلا  عن الجفاف الذي يحدث اليوم.

وأكدت نينتي: “بالطبع، إذا كان في الأسواق العادية مثل هذا وإذا كان الحصول على البضاعة أكثر صعوبة، سيكون الثمن أغلى، والآن، وجد المزارعون صعوبة لأن الموسم لم يأت بعد.”

ولقد قال هذا غير واحد من التجار للسوق التقليدية في سيكامبيك، أن ارتفاع سعر جينكول  ليس مقصورة على هذهالمرة فحسب، و حدث هذا الارتفاع في الأوقات الماضية. وقد يغلب سعر جينكول لحوم البقر.

“من قبل قل من يحب جينكول، ولكن اليوم كل واحد من الناس يحب جينكول، فلربما كانوا يتهيبون من تناوله، فإذا بهم يجدونهلذيذ  للغاية

المترجم: أحمد شكري | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Harga jengkol di pasar tradisional di Karawang, Jawa Barat terus meroket. Seperti di pasar tradisional Cikampek misalnya, harga jengkol kini menembus Rp 80.000 per kilogram (kg).

Salah satu pedagang sayuran, Nenti mengatakan kenaikan mulai dirasakan pada pertengahan bulan Juni lalu yang naik dua kali lipat, yaitu di kisaran Rp 50 ribu dari harga normal sebesar Rp 20 ribu per kilogramnya.

“Sekarang sudah Rp 80 ribu per kilo. Harga normalnya hanya Rp 20 ribu. Memang sangat mahal karena barangnya susah didapat. semakin langka,” kata Nenti salah satu pedagang di Pasar Cikampek, Minggu (15/7).

Menurutnya, meroketnya harga jengkol membuat penjualan berkurang setiap harinya. Biasanya dia dan pedagang lainnya bisa menjual puluhan kilogram. Namun saat ini perhari hanya menjual lima kilogram saja itupun sulit karena dianggap terlalu mahal dan tidak masuk akal ketika ditawarkan pada pembeli.

“Peminatnya banyak. Sekarang tidak ada yang berani beli karena mahal. Orang-orang kebanyakan cuma beli satu ons. Padahal Kalau pas murah selalu laris,” ujar Nenti.

Sejumlah pedagang mengaku, meroketnya harga jengkol terjadi karena pasokan jengkol dari tingkat petani sulit didapat. Seiring belum tibanya musim panen ditambah kemarau yang terjadi saat ini.

“Ya kalau di pasar biasa seperti ini, kalau barang lagi sulit pasti harga mahal. Sekarang dari petaninya juga susah belum musim,” tutur Neti.

Dikatakan Neti dan pedagang lain di pasar tradisional Cikampek, mahalnya harga jengkol bukan kali ini saja mengingat beberapa waktu lalu hal serupa pernah terjadi. Bahkan harga jengkol bisa mengalahkan harga daging sapi.

“Kalau dulu jarang orang yang suka jengkol. Tapi sekarang siapapun senang makan jengkol. Kalau dulu mungkin gengsi ya, tahunya jengkol itu enak,” tandasnya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Merdeka

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.