إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الحد من النفايات البلاستيكية

Kurangi sampah plastik, Menteri Susi minta masyarakat tak beli minuman botol

- الإعلانات -

0 211

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – ناشدت وزيرة الشؤون البحرية والسمكية سوسي بودجياستوتي المواطنين المساعدة في تقليل النفايات من خلال بأن لا يشتروا المشروبات في الزجاجات البلاستيكية، واستبدالها  المنتجات  الورقيةوذلك بسبب كمية النفايات البلاستيكية مثل المياه المعبأة في زجاجات في البحر.

“من اليوم لا يجوز شراء مشروبات في زجاجات بلاستيكية. هل توافقون؟ ” قالت ذلك سوسي موجهة كلامها للمواطنين لذين حضروا افتتاح باندو لاوت نوسانتارا، في سي إف دي الدوار  ها إي، جاكرتا المركزية، يوم الأحد (15/7).

بالإضافة إلى ذلك، فإنها دعت الناس إلى عدم استخدام القش والأكياس البلاستيكية من  الورق بدلا من ذلك، تدعو الناس إلى استخدام العناصر القابلة لإعادة التدوير.

وقالت سوسي: “بدءا من أنفسنا، الجميع لابد أن يستخدموا المواد يمكن إعادة التدوير فيها، لأن إندونيسيا هي الآن أكبر مساهم في العالم في مجال النفايات البلاستيكية رقم 2، أي النفايات البلاستيكية إلى البحر”.

كما دعت سوسي المجتمع لتنظيف القمامة على الشاطئ في 18 أغسطس 2018 بعد عيد الاستقلال. وقالت سوسي: “في 18 أغسطس بعد حفل الاستقلال نجلس جميعا على طول الشاطئ في كل منطقة ننظف فيها القمامة من سابانج إلى ميراوكي في الساعة الرابعة مساء.”

بالإضافة إلى مسألة تنظيف القمامة  من البحر، لم تنس سوسي أيضًا دعوة المواطنين لتناول السمك. بالنظر إلى العديد من محتوى الأوميغا في الكائنات الحية البحرية. ذكرت مازحة أن أولئك الذين لا يأكلون السمك سيغرقون.

واردفت “نظفوا القمامة في البحر وكلوا السمك  لتصبحوا اذكياء وأصحاب قاعات فارغة وأن تكونوا مجتمعًا إندونيسيًا صحيًا. إذا كان البحر نظيفا فالمجتمع يتكون من أصحاء. والذين لا يأكلون السمك  سيعرفون.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengimbau agar masyarakat tak lagi membeli minuman mineral dalam botol plastik, dan menggantinya dengan tumblr. Ini dilakukan karena banyaknya sampah plastik seperti minuman botol ke laut.

“Mulai hari ini tidak boleh lagi beli aqua atau minuman mineral dalam botol plastik. Setuju tidak?” kata Susi seraya bertanya kepada para masyarakat yang hadir ketika meresmikan Pandu Laut Nusantara, di CFD Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (15/7).

Selain itu, dia juga menyerukan masyarakat untuk tidak lagi menggunakan sedotan plastik dan kantong kresek. Sebagai gantinya, dia mengajak masyarakat untuk menggunakan barang-barang yang dapat didaur ulang.

“Berawal dari diri kita sendiri. Semua pakai bahan-bahan yang recycle karena Indonesia sekarang jadi penyumbang sampah plastik terbesar nomor 2 di dunia. Sampah plastik ke laut,” ujar Susi.

Susi pun mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah di pantai pada tanggal 18 Agustus 2018 setelah Hari Kemerdekaan. “18 Agustus setelah pesta kemerdekaan. Kita semua berdiri di sepanjang pantai di daerah masing-masing kita bersihkan sampah dari Sabang sampai Merauke jam 4 sore,” ujar Susi.

Selain soal membersihkan sampah di laut, Susi juga tak lupa menyerukan untuk memakan ikan. Mengingat banyak kandungan omega di dalam biota laut tersebut. Sambil bercanda, dia mengingatkan bagi yang tidak memakan ikan akan ditenggelamkan.

“Bersihkan sampah di laut dan makan ikan. Agar pintar, tinggi, dan jadi masyarakat Indonesia yang sehat. Laut sehat masyarakat sehat. Yang tidak makan ikan saya tenggelamkan,” tandasnya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Merdeka

(9)

تعليقات
Loading...
Click Me