إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

3 أدوات تكنولوجية التي يمكن استخدامها للعثور على طائرة ليون اير JT-610

Tiga Teknologi yang Bisa Dipakai untuk Cari Badan Pesawat Lion Air JT-610

- الإعلانات -

0 215

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – محاولات العثور على الحطام والصندوق الاسود لطائرة ليون اير JT-610 التي تحطمت في تانجونج كاراوانغ بغرب جاوى لا تزال تجري. واحد منهم هو استخدام السونار التي سيتم تشغيلها من قبل ميكانيكيين من جاكرتا وسنغافورة.

من مراقبة كومباران في الموقع، هناك وحدتان من المعدات الشمسية المستخدمة. يبلغ طول الوحدة حوالي 1.5 متر مكتوب عليها ثنائية الأبعاد ويطلق على الأخرى وحدة PRS 275 على شكل ضوء كشاف.

قال ياسين كوسّاسيه من (مرفق الصيانة والإصلاح) Polairud، تانجونج بريوك، شمال جاكرتا، الثلاثاء ( 30/10)،”هذه الأداة تسمى PRS-275. لقد قمنا بتعظيم جميع المعدات في Polairud، من البحرية الإندونيسية والجيش الوطني والوكالة الوطنية للبحث والإنقاذ، ولكننا لم نتمكن من العثور على حطام الطائرة “.

كما أوضح ياسين أن هذه الأداة يمكنها الكشف عن الأجسام حتى عمق 200-300 متر. في حين يقدر أن الطائرة ليون اير JT-610 سقطت في عمق 30-35 متر.

في الواقع إلى جانب السونار، هل هناك تقنيات أخرى يمكن استخدامها للبحث عن جسم الطائرة في قاع البحر؟

إذا نظرنا إلى محاولات البحث على طائرة الخطوط الجوية الماليزية MH370، التي فقدت في المحيط الهندي ولم يتم اكتشافها حتى الآن، فهناك العديد من التقنيات التي يمكن أن تساعد فريق البحث في العثور على جسم الطائرة.

كما نقلت CNN، فيما يلي بعض التقنيات التي يمكن أن تساعد فرق الإنقاذ في البحث عن جسم الطائرة والصندوق الأسود JT-610.

  1. أداة جهاز يبعث النبضات الصوتية وسحبها لتحديد المواقع | (Towed Pinger Locator (TPL

تُستخدم هذه الأداة عادةً للكشف عن أصوات سونار “ping” المنبعثة من مسجلات بيانات الرحلة والأصوات الموجودة في مقصورة القيادة. يمكن التقاط هذا الصوت من مسافة 2 ميل بحري أو حوالي 3.7 كيلومتر.

وقال بول نيلسون، مدير فينكس العالمية: “تخيل حلقة هاتفك الخلوي. إذا فقدت هاتفك المحمول، يمكنك الاتصال به ويمكنك سماع صوت الرنين، بحيث يمكنك تضييق موقع البحث الخاص بك”.

فينيكس العالمية هي شركة مقرها الولايات المتحدة التي لديها نظام TPL-25، والتي لديها القدرة على أن تنخفض إلى عمق ستة كيلومترات.

في عام 2009، شاركت شركة TPL-25، إلى جانب التكنولوجيا من معهد وودز هول لعلوم المحيطات، في البحث عن طائرة فرانس إير 447 التي تحطمت على بعد مئات الكيلومترات من ساحل البرازيل.

2. المركب المستقل تحت الماء | (Autonomous Underwater Vehicles (AUV

المركب المستقل تحت الماء
التوضيح من المركبات المستقلة تحت الماء (AUV). (الصورة: البحرية الأمريكية عبر مشاعات ويكيميديا.)

تستخدم عادة المركبات المستقلة تحت الماء (AUV) من قبل خبراء في صناعة النفط والغاز لإجراء مسوحات تحت الماء. ولكن عندما يموت جهاز الإشارة على الطائرة، يمكن أيضًا استخدام AUV للمساعدة في متابعة البحث عن موقع التحطم عن طريق رسم خريطة لقاع البحر.

وقال ديفيد سوسي، المحلل وخبير التحقيق الأمني والحوادث: “يمكن لـ AUV ذوالحجم الصغيرعادة الغوص على عمق 1.5 كيلومتر. وعادة ما تكون أنواع أخرى أكثر تكلفة في الاستخدام. الحجم الكبير يجعل هذه الأداة ذات بطارية أكبر وقدرة هيدروليكية”.

في البحث عن MH370، هناك استخدم  AUV التابع لشركة فينيكس العالمية. يمكنه الغوص على عمق 1.5 كيلومتر والانتقال إلى حوالي 7.41 كيلومتر في الساعة لمدة 20 ساعة.

تستخدم AUV محدد سونار لتعيين خريطة لقاع المحيط وهي مجهزة أيضًا بكاميرا.

وأوضح جامي سيرامي، وهو خبير في نظام AUV “لديهم نظام تحكم خاص بهم، لذلك يتم التواصل مع AUV مع مودم صوتي”.

وقال سيرامي إن AUV هي مركبة غير مأهولة يمكن برمجة حركاتها. في هذه الأثناء، لعمل صورة لقاع البحر باستخدام نمط على شكل شبكة. ثم هناك أجهزة استشعار حول الجسم تساعده على تجنب الغواصين.

هذه الأداة لها دور مهم في العثور على حطام طائرة الخطوط الجوية الفرنسية 447 التي تحطمت في عام 2009 وعلى العديد من حطام السفن والطائرات الأخرى.

3. سيارة تعمل عن بعد | (Remotely Operated Vehicle (ROV

شكل توضيحي لمركبة تعمل عن بعد (ROV). (الصورة: البحرية الأمريكية عبر مشاعات ويكيميديا.)
شكل توضيحي لمركبة تعمل عن بعد (ROV). (الصورة: البحرية الأمريكية عبر مشاعات ويكيميديا.)

بعد العثور بنجاح على موقع جسم الطائرة، عادة يبحث الخبراء على مسجل البيانات.

يتم ذلك عن طريق استخدام سيارة تعمل عن بعد. مقتبسة من Marine Insight، يتم استخدام ROV لتسجيل الصور البانورامية في البحر ودراسة جيولوجيا البحر وحياته.

ROV نفسه هو جهاز يعلق على السفينة ويتم تنزيله في الماء باستخدام جهاز تحكم عن بعد. في السابق، تم استخدام معدات ROV لالتقاط قطع من حطام سفينة تايتانيك الشهيرة.

عادة ما تكون ROV مزودة بكاميرا، وقبضة يد يمكن التحكم بها من السفينة. يمكن لهذه الأدوات الداعمة مساعدة ROV في أخذ أجزاء الطائرة وإحضارها إلى السطح لدراستها.

المترجمة: فتحية غزالي | المصدر: كوميارانج


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Usaha untuk menemukan badan dan kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, masih terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan sonar yang akan dioperasikan oleh dua mekanik dari Jakarta dan Singapura.

Dari pantauan kumparan di lokasi, ada dua unit alat solar yang digunakan. Satu unit dengan bertuliskan 2D sonar memiliki panjang sekitar 1,5 meter dan satunya lagi bernama PRS 275 dengan berbentuk seperti lampu sorot.
“Alat ini bernama PRS-275. Semua peralatan yang ada di Polairud, TNI AL, dan Basarnas sudah kami maksimalkan tapi belum bisa menemukan badan dari pesawat,” ucap Kasubdit Fasharkan (Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan) Polairud, Kombespol Yassin Kossasih, di Makopolair, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/10).

Yassin juga menjelaskan bahwa alat ini bisa mendeteksi benda hingga kedalaman 200-300 meter. Sementara pesawat Lion Air JT-610 diperkirakan jatuh di kedalaman 30-35 meter.

Sebenarnya selain sonar, apakah ada teknologi lain yang bisa digunakan untuk mencari badan pesawat di dasar laut?
Jika kita melihat pada usaha pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370, yang hilang di Samudra Hindia dan belum ditemukan hingga sekarang, ada beberapa teknologi yang bisa membantu tim pencari menemukan badan pesawat.

Berikut beberapa teknologi yang bisa membantu tim penyelamat mencari badan dan kotak hitam pesawat Lion Air JT-610, sebagaimana dikutip dari CNN.

1. Towed Pinger Locator (TPL)

Ilustrasi Towed Pinger Locator (TPL). (Foto: Angkatan Laut AS via wikimedia commons.)
Alat ini biasanya digunakan untuk mendeteksi suara “ping” sonar yang dipancarkan alat perekam data penerbangan dan suara di kokpit. Suara ini bisa ditangkap dari jarak 2 mil laut atau sekitar 3,7 kilometer.

“Bayangkan dering ponsel Anda. Jika Anda kehilangan ponsel, Anda bisa menelponnya dan Anda bisa mendengar suara deringnya, jadi Anda bisa mempersempit lokasi pencarian Anda,” kata Paul Nelson, manajer Phoenix International.

Phoenix International adalah perusahaan asal AS yang memiliki sistem TPL-25, yang memiliki kemampuan untuk diturunkan hingga kedalaman enam kilometer.

Pada 2009, TPL-25 milik perusahaan tersebut, bersama dengan teknologi dari Woods Hole Oceanographic Institute, terlibat usaha pencarian pesawat Air France Flight 447 yang mengalami kecelakaan ratusan kilometer dari pantai Brasil.

2. Autonomous Underwater Vehicles (AUV)

Kendaraan otonom bawah air atau autonomous underwater vehicles (AUV) biasanya digunakan para ahli di industri minyak dan gas bumi untuk melakukan survei bawah laut. Namun ketika alat pemberi sinyal di pesawat mati, AUV juga bisa digunakan untuk membantu melanjutkan pencarian di lokasi jatuhnya pesawat dengan melakukan pemetaan dasar laut.

“AUV ukuran kecil biasanya bisa menyelam ke kedalaman 1,5 kilometer.

Jenis lainnya biasanya memiliki biaya yang lebih mahal untuk digunakan. Ukuran besarnya membuat alat ini memiliki kapasitas baterai dan juga hidrolik yang lebih besar,” kata David Soucie, analis dan ahli investigasi keamanan serta kecelakaan.

Pada usaha pencarian MH370, ada AUV milik Phoenix International yang digunakan. Dia bisa menyelam hingga kedalaman 1,5 kilometer dan bergerak hingga sekitar 7,41 kilometer per jam selama 20 jam.

AUV ini menggunakan pemindai sonar untuk memetakan dasar lautan dan juga dilengkapi dengan kamera.

“Mereka memiliki sistem kontrol sendiri, jadi komunikasi dengan AUV dilakukan dengan modem akustik,” jelas Jami Cheramie ahli sistem AUV.

Cheramie mengatakan bahwa AUV merupakan kendaraan tak berawak yang pergerakannya bisa diprogram. Sementara untuk membuat gambar dasar laut mereka menggunakan pola berbentuk kisi-kisi. Lalu ada juga sensor di sekitar tubuh alat yang membantunya menghindari penyelam.

Alat ini memiliki peran penting dalam menemukan bangkai pesawat Air France Flight 447 yang mengalami kecelakaan pada 2009 dan juga beberapa bangkai kapal serta pesawat lainnya.

3. Remotely Operated Vehicle (ROV)

Setelah berhasil menemukan lokasi badan pesawat, biasanya yang dilakukan para ahli adalah mencari alat perekam data.

Hal ini dilakukan dengan menggunakan alat remotely operated vehicle. Dikutip dari Marine Insight, sebenarnya ROV digunakan untuk merekam panorama dalam laut dan mempelajari geologi laut serta kehidupannya.

ROV sendiri adalah alat yang menempel pada kapal dan diturunkan ke dalam air dengan menggunakan kendali jarak jauh. Sebelumnya alat ROV pernah digunakan untuk mengambil potongan bangkai kapal ternama Titanic.

Biasanya ROV dilengkapi dengan kamera, tangan, dan cengkeraman yang bisa dikontrol dari kapal. Alat-alat penunjang ini bisa membantu ROV mengambil bagian pesawat dan membawanya ke permukaan untuk dipelajari.

(19)

تعليقات
Loading...
Click Me